10 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Mood Anda - Seratospersen

Breaking

10 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Mood Anda


SERATOSPERSEN - Mood itu sangat penting untuk menghadapi hari-hari. Mood down, seharian yang ada bawannya berasa kesal saja. Tentu saja, hal ini sangat tidak baik, orang yang tidak tahu apa-apa bisa jadi kena kekesalan kita. Untungnya, ada banyak makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan mood yang sedang buruk.

Jika mood sedang rusak, tak ada makanan terbaik yang bisa mengembalikan mood selain cokelat. Lagipula, siapa sih yang tak suka dengan cokelat? Makan sepotong cokelat ditengarai bisa mengembalikan mood yang rusak. Meski tingkat gula yang terkandung dalam cokelat cukup tinggi, tapi sepertinya orang tidak begitu peduli.

1. Kopi
Bagi sebagian besar orang, pagi belum lengkap tanpa menyeruput segelas kopi. Kopi dianggap sebagai minuman tepat untuk mengawali hari, tak sedikit pula yang menikmati kopi, terutama kopi pahit di malam hari. Ini berguna untuk menjaga tubuh tetap terjaga agar tetap bisa beraktivitas. Begadang di kantor atau menonton pertandingan bola misalnya.

Segelas kopi berkafein bisa memberikan tambahan tenaga dan juga mood. Dorongan tersebut tergantung dari tiap orang, ada yang bisa bertahan dalam jangka waktu pendek, ada juga yang panjang. Dari jurnal berjudul Molecular Nutrituin & Food Research, minum 2 cup kopi atau sekitar 400 ml kopi per hari, bagus untuk memproteksi tubuh dari stres.

2. Daging Merah
Katanya, perempuan adalah makhluk yang paling mudah mengalami stres dan mood swing ketimbang pria. Hal ini menyebabkan wanita jadi mudah uring-uringan. Bila terus dibiarkan, orang di sekitar yang tak tahu apa-apa bisa terkena akibatnya juga. Untuk itu, wanita butuh makanan yang bisa membantu memperbaiki mood mereka.

Salah satu penyebab kenapa wanita bisa cepat merasa lelah dan stres adalah karena rendahnya kandungan zat besi dalam tubuh. Hal ini biasa dialami oleh perempuan dengan rentan usia antara 24 sampai 35 tahun. Untuk mengatasinya cukup mudah, perbanyak konsumsi daging merah. Daging merah sangat kaya akan zat besi. Makan daging merah dalam jumlah sedikit, 3 sampai 4 kali seminggu.

3. Air Putih
Tak ada minuman yang lebih bagus, aman, dan sehat untuk menghilangkan stres dan meningkatkan mood selain air putih. Lagipula, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, kurang pasokan air bisa mengakibatkan dehidrasi dan menurunnya fungsi tubuh. Jadi, pastikan kalian cukupi kebutuhan air per hari kalian.

Ketika seseorang mulai merasa dehidrasi, ini bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak air yang harus diminum per hari. Ini sebenarnya tergantung dari seberapa berat aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Normalnya, 1 sampai 2 liter per hari. Pastikan saja kalian selalu ingat untuk minum. Jangan minum ketika merasa haus saja.

4. Telur
Telur, makanan satu ini adalah makanan favorit para fitness mania. Alasannya simple, karena telur mengandung protein tinggi yang bagus untuk memperbaiki sel otot yang rusak setelah berolahraga. Selain itu, telur juga bagus diselipkan dalam menu diet untuk membantu menurunkan berat badan. Mood kalian yang sedang down juga bisa diperbaiki dengan telur.

Mengkonsumsi telur tidak akan pernah salah asal masih dalam batas normal. Dalam sebuah telur, terkandung banyak manfaat seperti kalsium, zat besi, zinc, selenium, fosfor, vitamin A, D, E, dan K. Hebat bukan, semua zat tersebut terkandung dalam sebutir telur yang kalorinya paling hanya sekitar 80 kalori. Menjadikan telur sebagai salah satu makanan bergizi yang ada.

5. Oatmeal
Banyak ahli mengatakan bahwa gandum adalah salah satu makanan super yang dapat memberikan segudang manfaat. Salah satunya adalah dengan membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi oatmeal atau gandum saat sarapan, bisa membantu memberikan energi tambahan untuk beraktivitas.

Memasak oatmeal pun terbilang sangat mudah dan cepat. Bagi yang belum pernah mencoba makan oatmeal, pasti akan merasa oatmeal itu hambar. Hal ini bisa diatasi dengan menambahkan sejumlah bahan lain seperti buah, kacang-kacangan, telur, dan lain sebagainya. Tingkat gula yang tinggi membuat kalian tenang ketika memakannya.

6. Kelapa
Tahukah kalian, bahwa kelapa bisa digunakan untuk membantu membangun mood yang sedang buruk? Ini tentu merupakan kabar baik, mengingat kelapa sangat tinggi lemak. Lemak disini adalah lemak baik yang mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara menggunakan kelapa untuk meningkatkan mood?

Bila kalian merasa stres, hiruplah aroma natural dari kelapa. Aroma kelapa ini dapat menormalkan detak jantung. Dari hasil studi yang dilakukan di Universitas Kolombia, orang-orang yang menghirup aroma kelapa mengalami penurunan tekanan darah. Peneliti berspekulasi bahwa menghirup aroma yang alami dapat mempengaruhi stres.

7. Ikan
Ikan mengandung lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya bagus untuk mencegah peradangan, omega-3 ternyata bisa juga membantu memperbaiki mood yang sedang buruk. Dan, makanan yang mengandung lemak omega-3 yang tinggi adalah ikan. Jadi, jika kalian disarankan untuk makan ikan, jangan malas.

Oleh ahli kesehatan, mereka sudah melakukan penelitian bagaimana dampak omega-3 terhadap stres. Omega-3 membantu meredakan neuron yang bisa menyebabkan stres. Mereka yang sedang mengalami depresi berat, disarankan untuk mengkonsumsi ikan. Tentu saja, masih ada resiko ikan yang terkandung mengandung zat berbahaya seperti merkuri.

8. Teh
Banyak manfaat yang diperoleh dari rajin minum teh. Beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan kulit, membuang racun dari tubuh, menurunkan berat badan, dan tentunya memperbaiki mood yang sedang turun. Ada banyak teh seperti teh hitam, teh hijau, dan teh chamomile. Mana yang kalian suka?

Teh hitam diketahui dapat membantu seseorang untuk mengurangi rasa stres dengan cepat. Setidaknya rahun minum teh tiap hari selama 6 minggu. Dari hasil riset, minum teh bisa membuat orang lebih tenang dan stres turun. Jenis lainnya, teh chamomile, teh jenis ini sudah lama digunakan untuk mengatasi rasa gugup dan menghilangkan stres juga.

9. Kacang-Kacangan
Salah satu sumber lemak baik yang bisa diperoleh adalah dari kacang-kacangan. Tentu, cara mengolah kacang-kacangan juga menentukan apakah kacang tersebut nantinya bisa bermanfaat bagi tubuh atau tidak. Namun, pada dasarnya, kacang-kacangan mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan HDL.

Sejumlah contoh dari kacang-kacangan yang bagus untuk dikonsumsi adalah almond, kacang mete, dan hazelnut. Ketiga jenis kacang ini mengandung zat magnesium yang tinggi. Magnesium memiliki peran untuk mengubah gula menjadi tenaga, juga mengandung serat untuk menjaga gula dalam darah. Dipercaya bahwa kacang-kacangan mampu memberikan energi booster lebih dari segelas kopi.

10. Coklat
ika mood sedang rusak, tak ada makanan terbaik yang bisa mengembalikan mood selain coklat. Lagipula, siapa sih yang tak suka dengan coklat? Makan sepotong coklat ditengarai bisa mengembalikan mood yang rusak. Meski tingkat gula yang terkandung dalam coklat cukup tinggi, tapi sepertinya orang tidak begitu perduli.

Jika kalian termasuk orang masih perduli dengan kesehatan, masih ada cara lain untuk bisa menikmati coklat tanpa harus takut dengan kadar gula meningkat. Cobalah makan dark coklat. Dark coklat memiliki tingkat gula yang lebih rendah daripada coklat biasa. Hanya saja, dark coklat tidak semanis coklat, rasanya agak pahit.

Pages