10 Tanda Seseorang Telah Terkena Kanker - Seratospersen

Breaking

10 Tanda Seseorang Telah Terkena Kanker


SERATOSPERSEN - Para ahli medis telah mempersempit sepuluh gejala yang menjadi pertanda penyakit kanker. Hal tersebut sudah diakui secara internasional dan setiap orang patut mewaspadainya.

Lebih dari delapan juta orang meninggal karena penyakit kanker setiap tahun. Ketika terdeteksi pada tahap awal, penyakit tersebut masih dapat diobati, jadi semua gejala harus ditangani dengan serius.

Survei Cancer Research UK 2016 menunjukkan bahwa sekitar setengah orang yang memiliki gejala kanker, tidak mengonsultasikannya dengan dokter. Jadi, jika Anda tahu seseorang mengidap salah satu gejala ini, atau mungkin Anda sendiri mengalaminya, konsultasikanlah dengan dokter sesegera mungkin. Berikut adalah tanda-tandanya:

1.Batuk berkelanjutan - kanker paru-paru
Tidak ada banyak gejala yang dapat dilihat pada tahap awal kanker paru-paru tetapi ada tanda-tanda kecil yang sangat mudah dikenali. Jika Anda mengalami batuk yang tak kunjung membaik, bisa berarti Anda menderita kanker paru-paru. Hati-hati terhadap tanda-tanda lain seperti dada sakit, sesak napas dan tenggorokan yang serak.

2. Tahi lalat yang berubah - kanker kulit
Jenis kanker kulit yang paling berisiko adalah Melanoma dan dapat menyerang bagian tubuh manapun. Biasanya terlihat pada anggota badan seperti wajah dan punggung. Namun, selain itu tidak pernah memengaruhi bagian organ lain. Gejala melanoma yang paling terlihat adalah munculnya tahi lalat yang belum pernah Anda miliki atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada.

3. Pergeseran gerakan usus - kanker usus
Jenis kanker ini dapat dikenali dengan munculnya RBC dalam kotoran seseorang, perbedaan dalam pola atau cara buang air besar, diare dan sakit perut. Kebanyakan orang yang mengidap kanker jenis ini adalah mereka yang melewati usia enam puluh tahun.

4. Luka yang tetao terbuka - Mulut dan jenis kanker lainnya
Pusat Perawatan Kanker Amerika telah menyatakan bahwa luka yang hampir tidak bisa menutup adalah tanda-tanda yang paling menonjol dari kanker mulut. Gejala lain adalah rasa sakit yang terus menerus di mulut. Cancer Research UK menyarankan bahwa seseorang harus mengunjungi dokter jika lukanya tetap terbuka terlalu lama, bahkan jika sudah ada rasa tidak nyaman sama sekali.

5. Kesulitan menelan - kanker esofagus
Ada beberapa masalah medis yang menyebabkan kesulitan untuk menelan, tetapi jika terus berlanjut selama beberapa waktu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dikombinasikan dengan penurunan berat badan yang drastis, mungkin menunjukkan adanya kanker.

6. Benjolan aneh - payudara, testis dan jenis lain dari kanker
Jika Anda merasa terdapat benjolan terutama di payudara, testis, dan kelenjar getah bening, ini adalah tanda-tanda utama dari kanker. Jaringan yang menebal adalah tanda bahwa kanker telah menyebar. Anda harus sesegera mungkin pergi ke dokter.

7. Pendarahan yang tiba-tiba - berbagai bentuk kanker
Biasanya untuk usus, serviks atau vulva ini dapat menjadi indikator awal serta yang terakhir dari sebuah tahap kanker. Darah yang keluar ketika Anda batuk adalah gejala dari kanker paru-paru dan perdarahan selama buang air besar merupakan pertanda usus besar atau dubur terdapat kanker. Vagina juga berdarah ketika seseorang mengidap kanker serviks atau endometrium kanker. Jika Anda mengalami pendarahan saat kencing, itu juga bisa menjadi tanda kanker kandung kemih, ginjal atau prostat. Jika ada cairan aneh merembes keluar dari puting, mungkin menandakan adanya kanker payudara.

8. Penurunan berat tiba-tiba - berbagai jenis kanker
Penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society menunjukkan bahwa kehilangan berat badan tiba-tiba lebih dari 5 kg tanpa sebab mungkin adalah  gejala kanker. Ini biasanya gejala pankreas, perut, esofagus, dan kanker paru-paru.

9. Gerakan kandung kemih secara terus menerus - kandung kemih atau kanker prostat
Buang air kecil sangat sering, ketidak mampuan untuk buang air kecil bahkan ketika merasa seperti Anda perlu atau sakit ketika mencoba untuk buang air kecil dan terjadi pendarahan, semua gejala tersebut harus Anda konsultasikan pada ahli medis.

10. Nyeri yang tanpa sebab - tulang, testis dan jenis lain dari kanker
Merasakan sakit yang tiba-tiba juga bisa menjadi salah satu gejala umum berbagai jenis kanker, tetapi biasanya untuk kanker tulang dan testis. Sakit kepala mungkin mengindikasikan kanker otak dan sakit pada punggung bisa mengarah ke kanker usus besar, rektum atau ovarium. Biasanya ketika sakit dimulai, itu berarti kanker telah menyebar ke daerah lain di tubuh.

Pages