14 Obat Sakit Gigi Dengan Bahan Alami Yang Ampuh - Seratospersen

Breaking

14 Obat Sakit Gigi Dengan Bahan Alami Yang Ampuh


SERATOSPERSEN - Sakit gigi menjadi salah satu keluhan di rongga mulut yang paling sering ditemui, rasa nyeri pada gigi yang bermasalah biasanya mengakibatkan rasa sakit pada leher, pundak, mata dan kepala. Hal itu karena saraf pada gigi terhubung dengan saraf di kepala, sehingga efek sakit gigi akan menjalar ke organ tubuh lain. 

Sakit gigi yang dibiarkan berkepanjangan, selain mengganggu aktivitas juga beresiko menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti peradangan, gangguan saraf, infeksi pembuluh darah, hingga terjadi komplikasi yang berujung kematian. Untuk mengobati sakit gigi, perlu mengetahui penyebab sakit gigi agar lebih mudah mencari obat sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi Yang Umum Terjadi

Penyebab sakit gigi karena beberapa faktor, selain karena kerusakan gigi yang sering terjadi, bisa juga karena gejala gejala penyakit lain seperti sinusitis, neuralgia trigeminal, hingga serangan jantung.

Berikut penyebab sakit gigi secara umum
  • Kerusakan gigi seperti gigi berlubang atau pembusukan gigi yang menyebabkan peradangan pada pulpa gigi atau lapisan terdalam dari struktur gigi.
  • Gigi sensitif yang disebabkan karena penipisan email gigi dan penipisan gusi, umumnya sakit gigi karena gigi sensitif terjadi karena adanya rangsangan dari luar seperti saat minum air dingin atau panas.
  • Tumbuh gigi bungsu yang umumnya terjadi pada usia 17 hingga 25 tahun, saat gigi bungsu tumbuh biasanya akan menabrak gigi didepannya yang mengakibatkan gusi bengkak.
  • Gigi retak bisa diesebakan karena kebiasaan mengunyah yang buruk, menggeretakan gigi amupun cidera gigi.
  • Sinusitas atau peradangan pada dinding sinus dapat menyebabkan sakit gigi, karena saraf gigi belakang bagian atas terhubung dengan rongga sinus.

15 Resep Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

Sakit akibat sakit gigi bisa terasa ringan hingga sangat berat yang dapat menggangu seluruh aktivitas, untuk meredakan rasa nyeri cobalah beberapa resep obat sakit gigi herbal atau alami yang umumnya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Cara pengobatan ini biasa dikenal dengan obat sakit gigi tradisional.

Berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai resep cara mengatasi sakit gigi dengan bahan alami:

1. Air Garam
Kandungan yodium yang melimpah pada garam sangat baik untuk kesehatan gigi, selain itu kandungan halogen dalam unsur natrium klorida yang terkandung dalam garam juga sangat ampuh membunuh bakteri dalam gigi.

Caranya: Larutkan garam asin secukupnya dalam air matang hangat, selanjutnya pakailah larutan garam tersebut untuk berkumur pada bagian gigi yang terasa sakit sekitar 2 sampai 3 menit. 

2. Daun Jambu
Daun jambu biji memiliki sifat anti inflamasi, analgesik dan anti microbial yang sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan gigi dan merawat kesehatan gigi dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut.

Caranya: Rebus 3-5 lembar daun jambu biji campur garam, kemudian pakai air rebusan tersebut untuk berkumur 2-3 kali sehari. Cara lainnya bisa langsung mengunyah 1-2 lembar daun jambu muda sampai hingga cairan dari jambu keluar dan menyebar ke gigi.

3. Es Batu
Es batu dapat digunakan untuk membantu menyempitkan pembuluh darah agar zat-zat perangsang inflamasi berkurang, sehingga rasa nyeri akibat sakit gigi dapat segera reda.

Cranya: Ambil es batu dan taruh pada kain bersih atau plastik, kemudia pakai es batu tersebut untuk mengompres pada bagian pipi yang terdapat sakit gigi selama 10-15 menit. Selain itu, bisa juga dengan melakukan teknik meletakan es batu sela-sela jari antara jari telunjuk dengan jempol atau biasa disebut titik tekanan L14.

4. Minyak Cengkeh
Didalam cengkeh terkandung bahan aktif eugenol yang bermafaat sebagai pereda nyeri alami, Penggunaan minyak cengkeh untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi terbukti ampuh. Minyak cengkeh dapat diperoleh ditoko-toko obat atau apotik, minyak cengkeh juga bisa dibuat sendiri.

Cara sederhana jika tidak mau repot membuat minyak cengkeh bisa dengan menumbuk beberapa biji cengkeh untuk diambil minyaknya.

Caranya: Ambil atau celupkan cotton bud dalam minyak cengkeh, lalu oleskan langsung pada bagian gigi atau gusi yang sakit, lakukan beberapa kali dalam sehari.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang merah maupun bawang putih memiliki khasiat sebagai antiseptik untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Caranya: Ambil satu potong bawang merah atau bawang putih, lalu kunyah secara langsung untuk mendapatkan efek pereda nyeri. Selain itu, juga bisa dengan meletakan potongan bawang merah ataupun bawang putih pada gigi yang terasa sakit.

6. Daun Inggu Kering 
Sifat analgesik didalam daun inggu bermanfaat dapat meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Caranya: Rebus daun inggu kering dalam air bersih, lalu saring dam ambil air rebusan tersebut untuk berkumur.

7. Daun Sirih
Daun sirih memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk merawat kesehatan gigi, kandungan zat anti bakteri didalam daun sirih mampu meredakan nyeri sakit gigi akibat gigi berlubang.

Caranya: Seduh daun sirih dengan air hangat, selanjutnya pakai air seduhan daun sih tersebut untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dapat langsung dikunyah dan dikumur-kumrkan dalam mulut.

8. Serai
Serai juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, kandungan zat anti bakteri pada serai efektif membunuh bakteri pada gigi yang rusak dan mencegah pembengkakan gusi.

Caranya: Rebus sekitar 40 gram serai dengan air bersih secukupnya, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sekitar 10-15 menit.

9. Jeruk Nipis
Sakit gigi karena gigi berlubang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis, kandungan minyak atsiri dan senyawa lainnya dapat menangkap bakteri dalam mulut.

Caranya: Teteskan air perasan jeruk nipis pada gigi yang sakit dan diamkan beberapa menit.

10. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pengobatan, salah satunya untuk mengobati sakit gigi.

Caranya: Tumbuk dan haluskan belimbing wuluh muda, kemudian tempelkan tumbukan belimbing wulh tersebut pada gigi yang sakit, diamkan selama 10 menit lalu bilas atau kumur dengan air hangat.

11. Getah Jarak
Getah jarak mengandung anti bakteri, anti septik dan antibiotik yang bermanfaat untuk meredakan sakit gigi.

Caranya: Ambil pohon jarak yang masih segar dan ambil getahnya, oleskan getah biji jarak tersebut dan diamkan selama 20 menit, lalu kumur dengan air hangat.

12. Biji Asam Jawa
Biji asam jawa juga bisa digunakan untuk mngobati sakit gigi, sudah sejak lama cara ini dipakai untuk meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Caranya: Cuci bersih dan keringkan beberapa biji asam jawa, sangrai biji asam jawa sampai kering, lalu tumbuk sampai halus, beri sedikit air garam dan aduk samapi membentuk pasta, selanjutnya oleskan pasta biji asam jawa tersebut pada bagian gigi yang sakit, diamkan selama 15 menit, lalu kumur dengan air hangat.

13. Biji Alpukat
Biji alpukat dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang dan memutihkan gigi.

Caranya: Bersihkan biji alpukat lalu tumbuk hinggamenjadi bubuk halus, tempelkan bubuk alpukat tersebut pada gigi yang sakit selama 15 menit, lalu kumur dengan air.

14. Jahe
Jahe dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi karena mengandung senyawa antibakteri yang mampu membersihkan bakteri dalam mulut dan gigi.

Caranya: Parut satu buah jahe dan peras airnya, gunakan air perasan jahe tersebut untuk berkumur.

Demikian 14 resep cara mengobati sakit gigi secara alami, metode pengibatan sakit gigi dengan cara alami dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi, jika dalam beberapa hari sakit gigi tidak segera mereda, segera konsultasikan ke dokter gigi.

Pages