3 Jenis Asam Urat Kronis Yang Mungkin Anda Alami - Seratospersen

Breaking

3 Jenis Asam Urat Kronis Yang Mungkin Anda Alami


SERATOSPERSEN - Penyakit asam urat memang saat ini telah menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Penyakit yang kerap muncul dengan berbagai macam gejala-gejala yang menyakitkan. Asam urat pun dapat digolongkan ke dalam masalah serius karena keteledoran penanganannya.

Asam urat pun dapat begitu cepat meningkat oleh beberapa hal, seperti faktor lingkungan dan keturunan. Namun, banyak yang menduga, jika penumpukan purin tersebut dihasilkan oleh beberapa jenis makanan dengan kadar purin tinggi. Dan naiknya kadar purin tersebut merupakan penyebab utama dari timbulnya penyakit asam urat tersebut.

Penyakit asam urat atau yang lebih dikenal orang awam dengan sebutan encok ini. Merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin di dalam tubuh. Purin sejatinya memang terdapat dalam tubuh, namun apabila kadar purin tersebut terlalu berlebihan juga tidak baik. Karena akan berakibat pada penumpukan di area bagian persendian hingga menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Selain menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan dan kemerahan pada setiap sekitar persendian. Pada bagian asam urat yang sudah akut pun akan memunculkan benjolan topfi yang merupakan kristal hasil dari penumpukan kadar purin yang cukup tinggi tadi. Lalu bagaimana jenis asam urat yang sudah kronis, namun tentunya akan lebih parah dari asam urat akut.

Adapun 3 jenis asam urat kronis, diantaranya seperti di bawah ini :

1. Asam Urat Asthritis Akut
Asam urat jenis ini dapat berupa timbulnya peradangan, kemerahan, rasa panas dan nyeri pada bagian persendian. Sensasi rasa yang ditimbulkan pun tak terduga, bisa pada malam hari dan akan sembuh kembali dalam waktu yang singkat. Akibatnya, penderita pun tak dapat berjalan, merasa lelah, menggil hingga demam. Dan bila tidak segera diobati, gejala tidak sembuh dengan serangan lebih dari beberapa minggu.

2. Asam Urat Interkritikal
Di tahap ini berbeda dengan sebelumnya. Penderita di tahap ini jarang sekali merasakan sakit atau nyeri pada persendian. Namun akan ditemui adanya benjolan yang timbul hasil pengkristalan asam urat yang disebut dengan benjolan tofi. Biasanya, benjolan ini dapat ditemui terutama pada lutut dan siku, ataupun di helik daun telinga. Dan jika tidak segera ditangani akan menimbulkan peradangan yang berlanjut.

3. Asam Urat Kronis
Pada jenis asam kronis, akan muncul apabila penderita jarang mengontrol kadar asam urat di dalam tubuhnya. Atau karena penderita tidak melakukan pengobatan secara teratur. Selain menimbulkan gejala berupa benjolan tofi dan tidak terasa nyeri. Namun asam urat jenis ini dapat menghambat pergeraakan sendi hingga menyebabkan deformitas atau kelainan pada kaki dan tangan.

Oleh sebab itu, jika Anda telah mengalami beberapa jenis asam urat kronis seperti di atas. Segeralah lakukan penanganan sebelum lebih memperburuk keadaan asam urat tersebut. Jika dirasa menggunakan produk obat berbahan kimia tidak cukup meyakinkan, Anda dapat mencoba pengobatan menggunakan obat herbal dengan khasiat yang mumpuni dari masalah Anda saat ini.

Pages