5 Langkah Efektif Turunkan Kadar Gula Darah - Seratospersen

Breaking

5 Langkah Efektif Turunkan Kadar Gula Darah


SERATOSPERSEN - Kita ketahui bersama gula darah tinggi merupakan kondisi berbahaya bagi tubuh. Beragam penyakit sillent killer bisa di picu oleh gula darah tinggi sebut saja seperti serangan stroke, serangan jantung, gagal ginjal, hingga diabetes bisa menyerang Anda karena gula darah tinggi.

Nah kerena itu penting sekali menjaga gula darah menjadi stabil. Jika anda memiliki gula darah yang mudah naik maka anda tentu harus menghindari penyebabnya. Nah untuk itu Anda disarankan bisa menerapkan gaya hidup yang bisa membantu menjaga gula darah menjadi stabil.

Nah, berikut ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi:

1. Pilih Sumber Karbohidrat yang Tepat
Memilih sumber karbohidrat bagi penderita gula darah tinggi sangat penting. Pilihlah karbohidrat kompleks dimana karbohidrat ini memiliki banyak jenis gula didalamnya yang diolah di tubuh dengan waktu yang lama sehingga membuat gula darah lebih sulit naik. Karbohidrat kompleks diantaranya adalah nasi merah, ubi, dan gandum.

Nah selain itu hindari mengkonsumsi terlalu banyak sumber karbohidrat sederhana dimana jumlahna gulanya yang hanya satu, karbohidrat jenis ini mudah di cerna oleh tubuh dan memicu gula darah naik. Karbohidrat jenis ini biasanya adanya Pasta, mie, roti dan permen.

2. Kontrol porsi makan Anda
Jumlah makanan yang anda makan juga harus diperhatikan dengan berat badan Anda. Timbanglah dan sesuaikan dengan saran dokter agar gula darah tidak naik cepat. Tips buat anda makanlah dengan piring kecil agar asupan makanan anda terlihat besar.

3. Harus Rutin Olahraga
Olahraga adalah kegiatan penting untuk tubuh secara menyeluruh. Olahraga bisa membuat organ dalam berfungsi dengan baik, misalnya adalah membantu hati dan pankreas memproduksi insulin untuk mengontrol gula darah Anda.

4. Minum air Putih
Jika anda memiliki riwayat gula darah yang mudah naik sebaikna hindari kopi, soda, teh dan minuman yang mengandung gula. Alangkah baiknya anda memilih air putih saja karena air putih lebih sehat dan tidak memiliki efek samping sama sekali. Penelitian juga mengemukakan orang yang rutin minum lebih banyak air putih memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kenaikan gula darah. 

5. Hindari stres
Kamu tahu? stres juga diam-diam bisa menaikan tingkat gula dalam darah Anda. Stres bisa membuat tubuh memproduksi hormon glukagon dan kortisol menjadi tinggi dan ujungnya membuat jumlah gula dalam tubuh naik dengan cepat.

Pages