Betulkah Penyakit Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian? - Seratospersen

Breaking

Betulkah Penyakit Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?


SERATOSPERSEN - Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena zat purin dalam tubuh. Pada dasarnya, zat purin tidak terlalu berbahaya bila kadarnya dalam batas yang normal. Tapi, saat purin melebihi batas yang normal, tentu bisa mengakibatkan asam urat meningkat.

Purin yang melebihi kadar di atas normal seharusnya dapat dibuang oleh ginjal. Tapi dalam kondisi ini ginjal sudah mengalami penurunan fungsi akibat dari penumpukan purin yang terlalu tinggi. Tahun 2015 lalu, ada pemberitaan bahwa seseorang dinyatakan meninggal akibat asam urat.

Apakah betul penyakit asam urat bisa menyebabkan kematian? Ini tentunya sangatlah penting untuk dijawab, agar semua orang mengetahuinya terlebih bagi mereka yang mempunyai asam urat tinggi.

Berdasarkan penelitian medis yang sudah ada, nyatanya asam urat yang tinggi tidak menyebabkan kematian. Tapi secara tak langsung, komplikasi penyakit yang terjadi karena asam urat lah yang menyebabkan kematian. Berikut beberapa komplikasi penyakit yang dapat sebabkan kematian pada penderita asam urat.

1. Jantung Koroner
Jantung koroner merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan secara parsial pada aliran darah yang menuju jantung. Penderita asam urat memiliki peluang yang sangat tinggi untuk terkena jantung koroner dan risikonya 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang tidak menderita asam urat. Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?

Penumpukan asam urat pada pembuluh darah dapat berdampak pada susahnya jantung ketika memompa darah ke seluruh jaringan dan organ yang ada di dalam tubuh. Karena itu, jantung akan berdetak makin cepat dan makin keras lantaran melakukan aktifitas kerja yang sangat berat.

Bila kondisi ini terjadi dalam waktu yang lumayan lama, maka bisa akibatkan munculnya penyakit jantung koroner akibat arteri koronia jantung mengalami kelelahan. Arteri koronia jantung merupakan bagian yang membawa makanan untuk jantung.

Inilah yang menyebabkan kematian pada penderita penyakit asam urat. Untuk menangani penyakit jantung. Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, kurangi stres dan berhenti merokok. Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?

2. Gagal Ginjal
Komplikasi asam urat selanjutnya yang dapat menyebabkan kematian adalah gagal ginjal. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan memicu seseorang untuk mengalami masalah pada ginjalnya. Selain terbentuk batu ginjal, gagal ginjal juga bisa terjadi.

Hal ini terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat memicu kerusakan pada ginjal. Gagal ginjal akibat asam urat disebabkan karena penumpukan dan endapan asam urat pada ginjal. Sehingga, bila kondisi ini terus terjadi, maka bisa memengaruhi pada fungsi ginjal yang makin melemah.

Ginjal merupakan saluran pembuangan purin yang paling utama. Sehingga, bila mengalami kerusakan maka penyakit asam urat juga akan makin parah. Tentunya, hal ini picu terjadinya kematian.

Dapat disimpulkan jika muncul pertanyaan “Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?” Jawabannya adalah bisa. Tapi tidak secara langsung melainkan akibat komplikasi penyakit yang disebabkan asam urat. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat.

Pages