Cara Cepat Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah - Seratospersen

Breaking

Cara Cepat Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-pecah


SERATOSPERSEN - Bibir pecah-pecah dan kering mungkin pernah dirasakan oleh sebagian dari kita, kadang disertai mengelupasnya kulit bibir dan rasa perih, kondisi ini seringkali membuat kita kurang nyaman dan tidak percaya diri. Ada beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering, namun sebaiknya kita kenali dulu penyebabnya.

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada bagian kulit lainya, karena itu bibir sangat mudah mengering jika terkena paparan sinar matahari saat musim kemarau atau udara kering saat musim hujan, dehidrasi dan kurangnya asupan vitamin C juga menjadi penyebab bibir menjadi kering. Selain itu, bibir pecah-pecah dan kering bisa juga merupakan gejala dari penyakit yang serius.

Meskipun bibir kering dan pecah-pecah bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika tidak segera diatasi bisa juga menjadi lebih buruk, seperti bengkak bahkan peradangan pada permukaan bibir atau biasa disebut cheilitis.

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Dengan Bahan Alami
Bibir pecah-pecah dan kering dapat diatasi dengan beberapa bahan alami yang bisa kita temukan disekitar kita. Berikut cara alami mengatasi bibir pecah-pecah dan kering.

1. Air Putih
Dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit dan menghindari dehidrasi pada tubuh.

2. Madu 
Kandungan vitamin dan mineral di dalam madu sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk sangat efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.
Ambil setetes madu lalu oleskan pada bibir yang kering dan pecah-pecah, madu akan memberikan kelembapan alami dan melindungi bibir dari bakteri penyebab infeksi.

3. Ekstrak Lidah Buaya
Ekstrak lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, caranya dengan mengoleskan ekstrak lidah buaya pada bibir kering, kandungan ekstrak lidah buaya akan melembapkan bibir.

4. Wortel
Wortel salah satu sayuran yang bisa juga digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Parutlah wortel dan oleskan pada bibir yang kering, selain dioles bisa juga dengan membuat jus wortel dan meminumnya.

5. Irisan Mentimun
Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi, mentimun juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk bibir. Irislah mentimun dan oleskan pada bibir yang kering dan pecah-pecah.

Mencegah Bibir Kering dan Pecah Semakin Parah 
Pada proses penyembuhan bibir pecah-pecah dan kering, kita juga harus menghindari beberapa hal untuk mencegah terjadinya pembengkakkan atau luka yang lebih serius pada bibir.

1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Menjilat bibir sering kita lakukan dengan maksud membasahi bibir agar menjadi lembab, namun hal itu jusru akan membuat bibir semakin kering, karena air liur sangat cepat menguap.

2. Hindari penyebab alergi dan obat-obatan tertentu
Alergi terhadap bahan kosemetik dan obat-obatan tertentu sering juga menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah, untuk mencegah bibir kering semakin marah, sebaiknya hindari bahan-bahan kosmetik yang menyebabkan alergi. Selai itu obat-obatan tertentu juga sering menyebabkan efek samping bibir kering dan pecah, jika kita sedang mengkonsumsi obat tersebut sebaiknya konsultasikan ke dokter.

3. Kurangi makanan pedas dan asam
Makanan pedas dan asam bisa menimbulkan rasa perih di bibir, cobalah hindari makan pedas dan asam sampai bibir sembuh.

Bibir kering dan pecah-pecah yang tidak kunjung sembuh meski sudah di atasi dengan cara pengobatan rumahan, bisa juga merupakan gejala dari beberapa penyakit, seperti Pellagra, Angular cheilitis, syndrom iritasi usus, untuk itu sebaiknya secepatnya konsultasikan kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Pages