Cara Mencuci Sayuran Buah Yang Baik Dan Benar - Seratospersen

Breaking

Cara Mencuci Sayuran Buah Yang Baik Dan Benar


SERATOSPERSEN - Tips cara mencuci sayuran dan buah agar tetap sehat terbebas dari pestisida yang benar dan tepat perlu diketahui oleh kita karena memang sayuran dan buah tidak lepas dari konsumsi kita dalam pemenuhan kebutuhan vitamin dan gizi sehari-hari.

Karena memang cara mencuci sayuran buah-buahan agar vitamin tidak rusak dan larut akan bisa memaksimalkan penggunaan dan juga manfaat vitamin dan mineral serta zat gizi yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan tersebut bisa kita dapatkan dengan benar pula.

Tips Cara Membersihkan Sayur Dan Buah
Sayur dan buah memang memiliki banyak gizi dan vitaminnya, namun di sisi lain mengkonsumsi sayur dan buah akan menyebabkan timbulnya penyakit jika kita mengkonsumsinya dalam keadaan tidak higenis. 

Untuk memastikan apakah sayur dan buah yang hendak kita konsumsi higenis, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu.

Makanan yang masuk ke tubuh kita adalah makanan yang sehat. Termasuk di dalamnya adalah beraneka ragam jenis sayuran dan buah-buahan. Salah satunya adalah yang bebas pestisida.

Karena memang bahaya pestisida yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan akan bisa mempengaruhi keadaan kesehatan tubuh seseorang apalagi bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama pula.

Sebaliknya, tidak bisa dipungkiri pestisida atau obat pengusir hama menjadi bagian dari sayuran atau buah-buahan yang sehari-hari kita konsumsi, karena ini mencegah mereka dimakan ulat saat ditanam. Tinggal bagaimana kita menanganinya sesaat sebelum diolah. Salah satunya lewat proses pencucian yang baik.

Dalam mencuci buah dan sayuran yang kita curigai mengandung pestisida, maka kita harus melakukannya dengan maksimal. Berbagai cara dan bahan-bahan yang aman dan sehat digunakan untuk mencuci buah dan sayuran.

Berikut beberapa cara kiat tips mencuci buah-buahan dan sayuran dan juga beberapa tips efektif mencuci sayur dan buah agar terbebas dari kuman antara lain adalah sebagai berikut :

Direndam
Direndam dalam wastafel bersih atau baskom kecil memungkinkan seluruh buah dan sayuran kena air. Sambil direndam kita juga bisa membersihkan buah dan sayuran. Jika perlu menggunakan sikat kecil untuk membersihkan permukaan buah dan sayuran.

Rendam Di Dalam Larutan Cuka
Selain cara di atas maka kita juga bisa melakukan cara ini ketika mencuci sayuran atau buah karena ketika kita akan membersihkan sayur dan buah yang memiliki tekstur cukup keras, maka membersihkan dengan disemprotkan cairan cuka saja dirasa tidak cukup.

Oleh sebab itulah, kita harus merendamnya di dalam campuran cuka dan juga air selama beberapa saat lagi.

Sayuran seperti misalkan kembang kol dan juga brokoli merupakan salah satu contoh sayuran yang perlu dibersihkan dengan cara ini. Kita juga bisa merendam sayuran ini selama kurang lebih setengah jam, lalu setelah itu baru membilasnya dengan menggunakan air dingin. Cara ini terbukti ampuh menghilangkan bakteri dan kuman yang ada dalam sayuran tersebut.

Cuci Dengan Air Mengalir
Selain direndam, maksimalkan pencucian buah dan sayuran di bawah kucuran air. Biasanya ini untuk membilas buah dan sayuran yang sudah dibersihkan di rendaman.

Cara ini dapat mengurangi 20%-70% residu pestisida yang menempel, tergantung jenis pestisidanya. Cuci bagian-bagian tanaman dengan detil, misalnya pada lipatan halus, tangkai bayam, serta gumpalan kuntum bunga kol dan brokoli.

Ketika mencuci buah, gunakan air yang mengalir dari keran, bukan dengan air yang sudah ditampung sebelumnya. Cuci buah selama 30 hingga 60 detik. Untuk buah dan sayur yang kulitnya dimakan, cuci dengan gerakan memijit lembut agar kotoran yang menempel pada permukaannya hilang.

Gunakan tangan untuk menggosok kulit buah agar kuman dan bakteri gampang dihilangkan. Tetapi jangan menggosok terlalu keras.

Mencuci Dengan Air Hangat Atau Air Matang
Mencuci buah dan sayuran dengan air hangat juga sangat membantu untuk menghilangkan pestisida yang mungkin masih menempel pada kulit. Air hangat juga cocok dipakai jika buah dan sayuran yang kita cuci akan langsung dimakan tanpa proses pemasakan terlebih dahulu.

Cara ini efektif menurunkan residu 38%-97%, karena terjadi pelepasan dan penguraian pestisida ke dalam air dan uap air.

Cuci Dengan Sabun Khusus Food Grade
Dan juga gunakan sabun khusus pembersih buah dan sayuran contohnya Pigeon Liquid cleanser, Mama Lemon, Morning Fresh dan Sleek. Cara ini dapat mengurangi residu yang menempel, terutama jika pada kulit masih terdapat lilin (parafin) atau minyak yang menyerap partikel pestisida. 

Lapisan parafin yang tampak mengkilat ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan sehingga buah tidak cepat keriput. Setelah dicuci dengan sabun, sayur dan buah harus dibilas dengan baik agar tidak ada sisa sabun yang tertinggal. 

Demikian beberapa panduan mencuci dan membersihkan buah-buahan dan sayuran agar bebas pestisida dan tentunya agar sayur dan buah tetap segar sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Pages