Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja Atau Belajar - Seratospersen

Breaking

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja Atau Belajar


SERATOSPERSEN - Pekerjaan yang menumpuk apalagi hingga harus dibawa kerumah biasanya akan menyita waktu tidur anda dan mengharuskan anda untuk begadang. Akibatnya anda sering merasa kelelahan dan akan merasa ngantuk yang berlebihan ketika anda bekerja / berguru di keesokan harinya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? ingin tahu tips usir rasa kantuk dikala bekerja? yuk kita lanjut baca!

Cara Ampuh Usir Ngantuk Saat Bekerja
Bagi sahabat yang sering merasa ngantuk entah itu dikala bekerja atau belajar, kali ini saya akan menyebarkan tips menarik untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebih. Tapi sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu hal-hal yang mampu menjadi penyebab ngangtuk!

Penyebab Ngantuk?
sebelum kita bahasa tips untuk menghilangkan ngantuk, sekarang kita akan mencari tahu terlebih dahulu, mengenai hal-hal yang mampu menjadi penyebab mengapa anda mampu ngantuk. 

Kurang Olahraga
Jika anda gampang mengantuk, mungkin karena anda kurang berolahraga. Menurut dr. Michael Triangto SpKO, seorang hebat kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh menyerupai kurang berenergi mampu disebabkan karena kurang berolahraga. ”Olahraga yang sempurna intensitasnya yaitu yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, ia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah tanggapan olahraga berlebihan,” kata dr. Michael. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin!

Gejala Anemia
Gampang mengantuk, juga dapat disebabkan oleh gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen yaitu salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melaksanakan pemeriksaan darah. Jika jadinya oke, mampu jadi Anda mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk

Gejala Prediabetes
Menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, mampu jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, menyerupai mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes mampu menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah ke dokter.

Cara Usir Rasa Kantuk Saat Bekerja
Setelah kita mengetahui apa saja hal yang mampu menjadi penyabab ngantuk, sekarang saatnya saya menyebarkan tips bagaimana cara mengusir rasa ngantuk supaya anda mampu melek hehe. Ok tanpa basa-basi, silahkan simak beberapa tips jitu mengatasi ngantuk berikut ini :

Jalan-jalan ke luar
Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) mampu membuat Anda cepat merasa ngantuk. Untuk itu, anda mampu berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan gres di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

Berolahraga Ringan
Kebanyakan orang apalagi karyawan sering meremehkan pentingnya olahraga dengan banyak sekali alasan menyerupai terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melaksanakan olahraga yang jelas-jelas sangat penting. Walaupun anda sedang berada dilingkungan kantor, bergotong-royong anda tetap mampu melaksanakan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan menunjukkan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Anda dapat melaksanakan olahraga ringan menyerupai jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga mampu lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan hingga Anda berkeringat biar anda tidak ngantuk lagi

Olah otak / Paksa otak anda bekerja
Jika anda selalu merasa cepat ngantuk dikala bekerja, mungkin itu terjadi karena otak anda dalam keadaan yang terlalu rilek. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin mampu menjadi pilihan yang sempurna untuk mengolah otak anda. Selain itu, Anda juga mampu sabung cepat bekerja dengan karyawan lain. Sehingga otak anda akan dipaksa bekerja dan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat

Dinginkan kepala Anda
Selain ketiga tips diatas anda juga dapat meminum air cuek (ES) yang ditambahkan lemon tanpa memakai gula sedikitpun. Coba deh bayangin, udah dingin, asem lagi, jikalau anda meminumnya saya yakin anda tidak akan ngantuk lagi. Kemudian anda juga mampu mencipratkan sedikit airnya ke wajah Anda. Cara lainnya, cobalah letakan cuilan es di pergelangan tangan, dahi atau dipundak Anda.

Ngemil Saat Kerja? Why not?
Anda juga mampu menjaga kondiri tubuh anda biar tidak cepat ngantuk dengan ngemil. Tapi ingat hindari makanan berat atau cemilan yang rasanya terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga mampu bikin Anda melek atau mampu juga makan buah-buahan yang rasanya super asem.

Pompa adrenalin
Masih ngantuk juga? mungkin anda mampu mencoba tips selanjutnya. tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, saya yakin Anda sudah tak mengantuk lagi. 

Cobalah Ganti posisi tubuh Anda
Jika anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga mampu jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisamencba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk bangun sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda mampu berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar basuh muka.

Gunakan Wangi-wangian
Anda juga mampu mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jikalau anda ngantuk anda mampu menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan anda atau di awah hidung anda Hindari bau lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya. simple kan?

Menari
Jika ngantuknya gak mau ilang juga, anda mampu melaksanakan hal konyol ini. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa aib itu justru akan membantu mata Anda melek lagi. Hayo berani coba gak?

Bercanda
Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa mampu membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak mampu bercanda, buka situs youtube tonton video lucu dan tertawalah dan anda tidak akan ngantuk lagi!

Belanja online
Bagi anda yang hobi otomotif, mungkin anda mampu lihat-lihat produk otomotif terbaru atau Pikirkan soal membeli hadiah untuk orang yang Anda sukai. Mencari hadiah lewat situs-situs belanja online akan membantu menyegarkan mata dan Anda tak mengantuk lagi. selamat mencoba!

Telepon ibu
Cara terakhit yang mungkin mampu anda lakukan yaitumelakukan percakapan dengan ibu Anda, karena akan membuat Anda terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara Anda dan ibu. Lagipula, baik juga bagi Anda untuk sering menghubungi orang tua. Anda mampu menceritakan hal-hal unik dikantor pada ibu anda.

Itulah beberapa tips bagaimana Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja Atau Belajar yang mungkin mampu menjadi solusi bagi anda yang selalu ngantuk dikala bekerja atau belajar. Semoga tips ini mampu bermanfaat. Terimakasih

Pages