Cara Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Puasa - Seratospersen

Breaking

Cara Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Puasa


SERATOSPERSEN - Puasa bikin tambah hemat atau boros? Harusnya pengeluaran bisa berkurang saat bulan puasa, karena selama seharian penuh kita tidak makan dan tidak minum. Namun, pada kenyataannya justru sebaliknya. Saat bulan puasa banyak yang mengeluhkan pengeluaran rumah tangga jadi semakin membengkak.

Kira-kira, apa penyebabnya ya? Ternyata, ada banyak alasan yang membuat pengeluaran rumah tangga menjadi membengkak selama bulan puasa. Yang pertama, mulai dari harga barang yang naik drastis selama Ramadan, lapar mata sehingga semua ingin dibeli, malas masak sehingga harus membeli makanan matang, dan lainnya.

Alasan itulah yang membuat Anda harus lebih cerdas dalam menghemat pengeluaran saat bulan puasa. 

Nah, disini kita akan membagikan beberapa tips yang membuat Anda lebih mudah menghemat pengeluaran saat bulan puasa, diantaranya adalah :

1. Atur biaya sehari-hari
Agar pengeluaran lebih terarah dan tidak sampai kehabisan, pastikan atur biaya sehari-hari Anda, misalnya : untuk biaya makan berapa, biaya transport, sedekah, dan biaya lain-lain. Jika sudah diatur begitu, Anda harus konsisten menaatinya. Jangan karena alasan kurang atau apa, lantas Anda mengubah apa yang sudah terencana. 10 kreasi minuman segar untuk buka puasa

2. Masak sendiri
Dibandingkan membeli, masak sendiri tentu jauh lebih hemat dan sehat. Anda bisa memasak untuk sekali makan atau bisa juga makan dalam jumlah banyak untuk sahur dan berbuka. Menu enak untuk makan sahur di bulan puasa

3. Buat stock lauk praktis siap santap
Malas masak membuat seseorang jadi memutuskan membeli, padahal kita tahu makanan diluar pasti tidka murah khan? Untuk itu, siapkan juga alternative stock makanan buat jaga-jaga pas malas masak, seperti : lauk kering, frozen food, makanan kalengan, mie instan dan lainnya. Jadi ketika malas datang, Anda tinggal lirik stock makanan.

4. Buat stock bumbu masak
Ingin acara masakmu lebih cepat dan tidak ribet saat bulan puasa, cukup sediakan aneka bumbu favorit. Anda bisa membeli bumbu instan atau membuat sendiri bumbu untuk masakan. Jadi ketika ingin masak, Anda tidak perlu ribet lagi, cukup sreng-sreng, jadi dech…

5. Buat cemilan dan minuman sendiri
Minuman dan cemilan adalah sesuatu yang wajib saat berbuka puasa, bahkan untuk hal ini kadang bikin kantong bolong. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat sendiri cemilan dan minuman sederhana untuk berbuka. Anda bisa memilih cemilan dan minuman dari bahan-bahan yang menyehatkan.

Ternyata tidak terlalu sulit untuk menghemat pengeluaran saat bulan puasa. Semoga ibadah Anda lancar dan dimudahkan berhemat selama sebulan penuh sehingga uangnya bisa ditabung buat bekal mudik lebaran.

Pages