Ciri-Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Pada Wanita - Seratospersen

Breaking

Ciri-Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal Pada Wanita


SERATOSPERSEN - Seperti yang di jelaskan pada situs bidanku.com. Keputihan adalah dimana salah satu kondisi keluarnya cairan berupa lendir di dalam tubuh yang pada umumnya dialami oleh semua wanita. Keluarnya cairan keputihan pada wanita merupakan suatu hal yang normal dan wajar dan keputihan juga bisa keluar kapan saja, jika kondisi sedang mengalami banyak stres, aktivitas seksual dan juga kehamilan, itu bisa memicu keluarnya keputihan. Namun, pada dasarnya keputihan dibagi menjadi 2 yaitu keputihan normal dan tidak normal. Untuk dapat membedakan keputihan tersebut normal atau tidak normal tentunya dapat anda lihat dari konsistensi, volume, warna dan juga bau.

Berikut Ciri-Ciri Keputihan Normal Dan Keputihan Tidak Normal

Ciri Keputihan Normal

Keputihan yang normal adalah keputihan yang memiliki warna putih bening, tidak berbau, mengandung banyak lendir dan juga tidak terlalu banyak keluar dan terbilang cukup wajar. Keputihan yang normal biasanya di alami oleh setiap wanita ketika menjelang ataupun sesudah haid. Penyebab utama dari keluarnya keputihan ini dikarenakan hormon estrogen yang berlebihan dan juga bisa karena stres.

1. Tidak Lengket
Ciri keputihan yang normal yakni memiliki tekstur yang tidak lengket saat menempel maupun jika anda memegangnya. Jika keputihan Anda tidak lengket, dipastikan kondisi pada area tersebut juga normal. Untuk itu, menjaga kebersihan pada area kewanitaan dan disertai dengan olahraga yang teratur tentunya dapat menjaga suatu kebersihan.

2. Tidak Berbau
Bau pada keputihan tidak tercium aroma apapun dan bersifat tawar. Jika Anda mengalami aroma keputihan yang memiliki bau busuk atau menyengat, itu menjadi satu kondisi yang perlu Anda waspadai.

3. Tidak berair
Keputihan yang normal bisa kita lihat dari tekstur ataupun wujudnya. Ciri keputihan yang normal tidak memiliki tekstur yang berair, keputihan normal lebih cenderung memiliki banyaknya tekstur lendir.

4. Tidak Berwarna Hijau, Kuning Maupun Coklat
Ciri selanjutnya bahwakeputihan yang normal yaitu tidak memiliki warna coklat, kuning bahkan hijau. Keputihan yang normal memiliki warna putih dan bening.

Jika anda mengalami keputihan seperti warna yang di sebutkan di atas, anda perlu waspada tentang masalah keputihan tersebut.

5. Tidak Ada Gumpalan
Pada umumnya, keputihan yang normal tidak memiliki tekstur yang menggumpal. Tentunya, Jika anda mengalami keputihan yang lengket dan menggumpal, itu merupakan keputihan yang tidak normal.

6. Jumlah Cairan Tidak Berlebih
Cairan keputihan yang normal memiliki volume dan jumlah cairan yang sewajarnya. Jika anda mengalami keputihan dalam volume yang banyak tentu itu menjadi suatu masalah bahwa keputihan anda tidak normal dan perlu di waspadai.

Keputihan Yang Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal tentunya mempunyai sifat sebaliknya dari keputihan normal seperti yang tertulis di atas. Pada umumnya keputihan yang tidak normal seringkali disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor karena infeksi dan non-infeksi. Terjadinya keputihan karena faktor infeksi, yakni karena adanya kuman, bakteri, jamur dan juga parasit. Sedangkan keputihan karena non-infeksi disebabkan oleh adanya zat asing yang masuk ke dalam vagina ataupun adanya gejala penyakit lain seperti kanker serviks. Penyebab keputihan pada umumnya yaitu karena faktor non-infeksi, karena ini menyangkut suatu kebersihan dan cara bagaimana kita menjaga area tersebut agar tetap sehat.

1. Berbau
Keputihan yang memiliki bau tidak sedap tentunya menjadi salah satu ciri utama bahwa keputihan Anda tidak normal. Keputihan yang tidak normal memiliki bau busuk dan juga menyengat.

2. Lengket
Bila anda mengalami keputihan yang lengket bila di sentuh dan lengket tidak nyaman, itu menjadi suatu ciri keputihan yang tidak normal. Namun jika Anda mengalami keputihan yang lengket hanya beberapa kali dan dapat dihitung, tentunya ini masih dalam batasan yang cukup normal.

3. Adanya Gumpalan
Jika keputihan memiliki tekstur yang menggumpal, ini menjadi salah satu ciri dari keputihan yang tidak normal. Penggumpalan ini juga dapat disebabkan oleh kondisi keputihan seperti adanya gumpalan daging. Biasanya, keputihan yang menggumpal menjadi ciri adanya gangguan yang  berbahaya pada bagian sistem reproduksi.

4. Jumlah Cairan Yang Banyak
Keputihan yang mempunyai volume dan keluar dengan jumlah banyak, ini merupakan ciri keputihan yang tidak normal. Kondisi keputihan seperti ini menimbulkan kebecekan pada area wanita sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada Anda.

Itulah beberapa ciri-ciri keputihan yang normal dan tidak normal seperti yang di tulis bidanku.com. Semoga bermanfaat.

Pages