Daftar 5 Teknologi Terbaru 2018 - Seratospersen

Breaking

Daftar 5 Teknologi Terbaru 2018


SERATOSPERSEN - Begitu pesatnya inovasi terbaru yang ada di dunia teknologi tentu tujuan utamanya membuat manusia lebih mudah dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Dari yang dulunya kita perlu berhari heri mengirimkan kabar ke seberang pulau melalui surat, kini kita hanya butuh handphone untuk berkomunikasi jarak jauh, bahkan konon suatu saat kita bisa berkunjung ke masa yang akan datang atau masa lalu dengan sebuah mesin waktu. Hal tersebut memungkinkan terjadi dimana manusia sudah semakin cerdas dan sangat antusias terhadap perubahan.

Nah, di tahun 2018 ada beberapa teknologi baru yang akan dirilis dan diprediksi bakalan menjadi tren di masyarakat, lalu apa saja teknologi canggih di tahun 2018 yang digadang-gadang akan lebih memanjakan manusia? Tentunya anda sudah tak sabar apa saja teknologi tersebut, berikut ini adalah daftar 5 teknologi modern di tahun 2018.

1. AI dan Advanced Machine Learning

Teknologi canggih di tahun 2017 yang pertama ialah AI dan advanced machine learning, teknologi ini sebenarnya bukan penemuan terbaru, melainkan pengembangan dari teknologi yang sebelumnya. Teknologi yang bisa diterapkan di kendaraan mandiri, robot, elektronik untuk konsumen Visual Personal assistant serta Smart Advisors
Adapun teknologi ini merupakan pengembangan dari perangkat sebelumnya yaitu AI (Artifficial Intelligent), yang kemudian bernama machine learning. Teknologi ini akan membuat perangkat dan program teknologi lebih canggih, seperti bisa mampu mempelajari, memahami, beradaptasi dan disinyalir bisa beroperasi secara mandiri. Penemuan ini tentu sangat berarti, khususnya di dunia robotic, dan tidak menutup kemungkinan ini  machine learning merupakan benih dari robot yang bisa berkomunikasi dan hidup berdampingan dengan manusia seperti di film-film yang sudah ada.

2. Digital Twin

Digital twin merupakan penemuan terbaru dibidang teknologi digital, dengan digital twin Software akan terlihat lebih dinamis dalam hal fisik dan sistemnya. Sistem kerja teknologi terbaru digital twin ialah mengandalkan data yang disediakan sensor untuk merespon sebuah perubahan, memahami keadaan, dan meningkatkan kinerja. Sistem ini disinyalir bakalan menggantikan ketrampilan sumber daya manusia dan monitoring tradisional dalam hal perencanaan jasa, dan memperbaiki peralatan operasi pabrik.

3. Intelligent Things

Intelligent things merupakan teknologi terbaru yang akan membantu manusia dalam melakukan beberapa hal, khususnya dalam hal berkendara, sebab teknologi ini bisa memperpediksi jika jarak kendaranmu dengan benda di sekitarnya terlalu dekat. Intelligent things menggunakan AI dan Machine Learning dalam memprediksi terhadap objek lain, Intelligent things juga bisa dipasang di drone dan smart appliances.

4. Teknologi VR dan AR

Teknologi yang bakalan mengalami pembaruan dan bakalan lebih populer ialah Virtual Reality dan Augmented Reality Sebenarnya kedua teknologi ini sudah ada di beberapa tahun terakhir, namun sampai saat ini kedua teknologi ini masih dalam proses penggembangan, di tahun 2017 ini keduanya mengalami beberapa perbaikan. Menurut gartner, perkembangan dua teknologi ini akan terus mangalami perbaikan hingga sampai pada tahap penyempurnaan, yang diprediksi terjadi pada tahun 2021.

5. Mobil Otonom atau Mobil Tanpa Pengemudi

Mobil tanpa supir sebelumnya sudah diproduksi pada tahun 2016, namun itu masih dalam tahap percobaan dan diproduksi dalam jumlah terbatas. Menurut Boston Consuling Group, teknologi mobil otonom atau tanpa pengemudi, akan mulai menjamur di tahun 2017 dan akan memenuhi perjalanan seluruh kota pada tahun 2040.

Itulah 5 teknologi canggih di tahun 2018 yang akan membuat pekerjaan manusia semakin terbantu dan semakin ringan. Karena hakikat dari ilmu pengetahuan dan teknologi ialah untuk mempermudah kehidupan manusia dan bermanfaat untuk manusia. Bukan untuk merusak tatanan dunia dan bukan juga dijadikan sebagai pembunuh manusia.

Pages