Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin PD - Seratospersen

Breaking

Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin PD


SERATOSPERSEN - Qatar melarang produk yang berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Mesir dan Bahrain selama hampir satu tahun terakhir setelah negara-negara tersebut melakukan embargo dan menuduh Qatar sebagai negara yang mendukung terorisme.

"Untuk melindungi keamanan konsumen Qatar dan memerangi perdagangan barang yang tidak pantas, pemerintah mengeluarkan petunjuk untuk mencari pemasok baru dari berbagai barang yang terkena dampak," tulis pernyataan pemerintah Qatar yang dilansir Reuters.

Menurut surat kabar nasional Al Watan, mengutip surat edaran dari Kementerian Ekonomi dan Perdagangan, Qatar justru makin percaya diri alias pede dan sudah mengimbau kepada para pedagang dan toko untuk berhenti berurusan dengan produk yang diimpor dari empat negara tersebut. Pemerintah juga akan mengerahkan inspektorat untuk memantau kepatuhan atas kebijakan tersebut.

UEA, Arab Saudi, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar sejak bulan Juni tahun lalu. Qatar yang mengimpor banyak barang produk dari UEA dan menerima sebagian besar pasokan makanan segar dari perbatasan Saudi terus membantah tuduhan dukungan terhadap terorisme.

Impor Qatar anjlok hingga 40 persen dari tahun sebelumnya di minggu-minggu awal boikot. Namun sejak itu, sebagian besar sudah kembali normal ketika Qatar mulai menemukan sumber dari negara lain seperti Turki dan mengembangkan rute pelayaran baru melalui Oman.

Qatar juga telah meluncurkan dorongan untuk memproduksi lebih banyak barang secara lokal termasuk bahan makanan. Sejak Juni lalu, beberapa makanan dan produk lain dari negara embargo juga disalurkan melalui jalur alternatif menuju Qatar yaitu melalui negara ketiga. 

Pages