Jenis Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung - Seratospersen

Breaking

Jenis Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


SERATOSPERSEN - Jenis macam makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung memang perlu ditehaui dan dipahami dengan baik oleh kita semuanya. Mengingat penyakit jantung semakin banyak prosentase kenaikannya tahun demi tahun.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang penting. Karena tanda fungsi dan manfaat dari jantung itu sendiri maka sirkulasi darah di dalam tubuh tidak akan berjalan dengan baik. 

Berbagai macam sistem tubuh yang vital pun berhubungan dengan jantung. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangatlah penting.

Tips kiat menjaga untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Namun jika tidak diimbangi dengan Pola Makan Yang Sehat, maka hal ini sama saja seperti melakukan ikhtiar tanpa doa.

Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Berikut ini beberapa kategori dan macam makanan buah sayuran yang sehat untuk jantung seperti informasi yang dilansir dan dikutip dari metronews.com antara lain adalah sebagai berikut :

Buah Berri
Buah berri terutama blueberry dan stroberi mengandung banyak flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Stroberi dan blueberry juga mengandung senyawa yang dapat membantu memperluas arteri dan mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah.

Oatmeal
Oatmeal mungkin bukan makanan yang membuat Anda berselera untuk sarapan pagi, tapi makanan ini baik untuk Anda. Oatmeal dapat Anda konsumsi dengan menambahkan buah-buahan segar atau buah-buahan kering dan tambahkan madu dan susu untuk rasa manis.

Setengah cangkir oatmeal mengandung sekitar 130 kalori yang dapat membuat jantung sehat dan memiliki cukup serat yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan.

Sayur Bayam
Bayam merupakan sumber asam lemak omega-3 dan kaya akan folat yang membantu mengurangi kadar homosistein asam amino, zat yang dapat membahayakan seseorang karena meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. 

Selain itu, bayam mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu melindungi kita dari berbagai jenis macam penyakit jantung.

Minyak Zaitun
Daripada menggunakan minyak kelapa sawit yang kurang sehat, lebih baik kita mulai mulai beralih dan membiasakan untuk menggunakan minyak zaitun untuk memasak. 

Minyak zaitun mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan dikenal mampu menurunkan kolesterol jahat.

Brokoli
Brokoli memang dikenal mampu menurunkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular. Para peneliti mengatakan bahwa indole 3 karbinol, komponen yang terdapat dalam brokoli, sangat potensial untuk menjaga kesehatan jantung. 

Cara kerjanya adalah dengan mengantisipasi aspek-aspek yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Salmon
Ikan berlemak seperti salmon juga mengandung omega-3 yang diyakini mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dengan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, lemak darah yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes. 

Asam lemak Omega-3 juga mencegah pembekuan darah dengan membuat trombosit cenderung untuk mengumpul dan menempel pada dinding pembuluh darah arteri jantung.

Vitamin D pada salmon lebih tinggi dari ikan manapun. Ia membantu pencernaan kalsium, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta sering dikaitkan dengan upaya penurunan berat badan juga meningkatkan fungsi otak. 

Kekurangan vitamin D pada orang dewasa juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kematian prematur. Sementara, omega 3 adalah anti-oksidan yang ampuh. Itu sebabnya salmon baik bagi jantung.

Konsumsilah ikan setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Sebab kandungan zat omega 3 di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki denyut jantung.

Asparagus
Asparagus rupanya memuat banyak nutrisi ampuh untuk melawan penyakit jantung, seperti folat, vitamin A, C, dan K, juga omega 3. Bahan-bahan dalam asparagus berfungsi sebagai alat detoksifikasi yang dapat membuang bahan-bahan yang beracun bagi tubuh. 

Dengan demikian, ia melindungi kesehatan dan struktur sistem kardiovaskular.

Pages