Macam-Macam Penyakit Paru-Paru Dan Penyebabnya - Seratospersen

Breaking

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru Dan Penyebabnya


SERATOSPERSEN - Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Paru-paru merupakan tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida di dalam darah. Paru-paru salah satu organ vital yang kerap sekali rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan paru-paru sangat penting bagi kelangsungan hidup kita di masa depan.

Macam-macam penyakit paru-paru dan penyebabnya

1. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar dibandingkan dengan penyakit yang lainnya. Gejala kangker paru-paru seperti berat badan menurun, sakit dada, batuk, sesak napas dan mudah sekali lelah. Untuk gejala dan tanda-tanda pada umumnya kanker paru-paru dapat terlihat jika kanker sudah mulai menyebar dan membesar.

Penyebab dari kanker paru-paru yang paling utama yaitu pada asap rokok. Hal ini bukan cuman berdampak pada perokok aktif saja melainkan pada perokok pasif, bahkan memiliki persentase yang lebih besar yang dapat terserang kanker paru-paru.

2. Pneumonia
Pneumonia merupakan jenis penyakit yang mudah menular, yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini yaitu bakteri Streptococus dan Mycoplasma pneumoniae yang dapat menyebabkan infeksi pada jaringan paru-paru atau parenkim. Sama halnya seperti kanker paru-paru, gejala pneumonia juga di tandai oleh sesak napas, demam serta batuk berdahak.

3. Tuberkulosis (TBC)
Tuberkulosis atau yang sering kita kenal TBC merupakan salah satu penyakit paru-paru. Penyebab penyakit TBC adalah bakteri Mycobacteri tuberculosis. Penyakit TBC juga dapat menular pada orang lain, gejalanya yaitu batuk berdahak lebih dari 3 minggu dan juga sering kali disertai dengan keluarnya dahak berupa campuran darah. Bila terjadi batuk berdahak dalam waktu yang lama, segeralah berkonsultasi pada dokter, karena seringkali sebagian orang menganggap bahwa batuk adalah penyakit yang biasa.

5. Emfisema
Hilangnya keelastisan alveolus yang menyebabkan penyakit yang satu ini. Alveolus adalah gelembung-gelembung yang terdapat di dalam paru-paru. Penyebab utama dari penyakit emfisema adalah kekurangan enzim alfa-1 dan juga disebabkan oleh asap rokok. Bagia orang yang positif menderita penyakit ini sebaiknya selalu menghindari asap rokok untuk dapat meringankan sesak napas.

6. Asma
Asma Bagian 1: Gambaran Umum Penyebab dan Tanda-Tanda Penyakit Asma

Gejala penyakit ini yaitu sulit bernapas serta disertai batuk dan suara mengi. Selain faktor genetik atau keturunan ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit ini, seperti perubahan suhu, debu, ketegangan emosi dan juga gerakan badan yang berlebihan. Untuk dapat menghindari penyakit ini, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan serangan asma.

Itulah Macam-macam penyakit paru-paru dan penyebabnya yang harus anda waspadai. Selalu jaga kesehatan dan sayangi tubuh kita. Terimakasih

Pages