Makan Bayam Bisa Tingkatkan Kadar Asam Urat Benarkah? - Seratospersen

Breaking

Makan Bayam Bisa Tingkatkan Kadar Asam Urat Benarkah?


SERATOSPERSEN - Sebagian besar masyarakat, berasumsi bahwa bayam tak boleh dimakan oleh penderita asam urat. Tapi, banyak juga yang menyatakan bahwa, penderita asam urat harus banyak makan bayam lantaran bayam termasuk jenis sayuran hijau. Lalu, manakah yang benar?

Bayam adalah sumber makanan yang memiliki kandungan purin tinggi yang sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit asam urat. Diketahui bayam mengandung 57 gram purin untuk 100 gram bayam.

Kadar purin tersebut memang tidak setinggi kadar purin yang ada di dalam jeroan. Namun akan jauh lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi bayam karena alasan tersebut. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi akan semakin memperparah penyakit asam urat. Rasa nyeri dan juga ngilu yang berlebihan akan sering dirasakan oleh penderita asam urat.

Asam urat yang sudah mencapai stadium akut bahkan bisa menyebabkan komplikasi seperti terjadinya penyakit asam urat dengan gagal ginjal, penyakit asam urat dengan diabetes mellitus dan bahkan penyakit asam urat dengan penyakit jantung.

Penderita Asam Urat, Bolehkan Makan Bayam?
Memang ada sebuah riset yang menyatakan bahwa penderita asam urat yang makan bayam secara terbatas tidak sebabkan kadar asam uratnya menurun. Karena itulah, dengan Anda tidak makan bayam adalah hal yang baik lantaran tidak akan menyebabkan kadar asam urat Anda semakin bertambah naik.

Nah dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah mengetahui bukan apakah penderita asam urat boleh makan bayam atau tidak. Untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :
  • Hindari konsumsi aspirin. Karena cara kerja aspirin dalam menghentikan nyeri berlawanan dengan konsep obat asam urat. Aspirin dapat menghambat keluarnya asam urat lewat urin. Sementara obat medis untuk asam urat biasanya mengindikasikan keluarnya asam urat lewat urin.
  • Banyak minum air putih. Setidaknya Anda harus minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari. Hal tersebut dapat memperlancar proses metabolimse di dalam tubuh termasuk proses eksresi asam urat melalui urinisasi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah nanas dan jeruk.

Pages