Manfaat Daun Dan Buah Mengkudu - Seratospersen

Breaking

Manfaat Daun Dan Buah Mengkudu


SERATOSPERSEN - Buah mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang paling banyak dicari dan diminati. Di Indonesia, mengkudu memiliki berbagai macam nama lokal seperti lengkudu, bangkudu, mangkudu, pamarai, cengkudu, pace, baja, noni, dan masih banyak nama lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian, hampir seluruh bagian tanaman mengkudu berguna untuk pengobatan dan kesehatan manusia.

Tidak hanya itu, Anda juga mungkin mengetahui bahwa akar dari pohon ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami. Selain itu, buah mengkudu ini berfungsi sebagai antibakteri, antikanker, dan meningkatkan sistem imun.

Nah, ternyata, masyarakat sudah mengonsumsi buah ini sejak dulu. Bahkan, ada yang menyatakan bahwa pada 100 tahun Sebelum Masehi (SM), penduduk Asia Tenggara telah memanfaatkan tanaman mengkudu sebagai obat di negara Tiongkok. Sementara di Kepulauan Hawai, mengkudu dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam buah mengkudu membuatnya dipercaya dapat memberikan ragam jenis manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaatnya seperti yang di rilis di dokterbabe.com.
  • Manfaat Buah Mengkudu

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
Kolesterol dalam tubuh kita pada dasarnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Apabila kadar LDL lebih tinggi dari HDL, maka Anda akan mudah terserang penyakit berbahaya. Mulai dari Darah tinggi, stroke sampai dengan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jus mengkudu dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Meredakan rasa sakit pada penderita kanker
Meski tidak dapat menurunkan ukuran tumor, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 8 gram mengkudu dapat membantu meredakan sakit pada penderita kanker, mengatasi rasa lelah, dan memperbaiki fungsi fisik.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi
Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi jus buah mengkudu. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa ternyata mengonsumsi 118 ml jus buah mengkudu setiap harinya selama sebulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi menjadi tekanan darah yang normal kembali.

4. Mengatasi mual pasca operasi
Meski tidak dapat mengatasi muntah, mengonsumsi buah mengkudu dapat mengatasi mual pada pasien pasca operasi.

  • Manfaat Daun Mengkudu

1. Mengatasi Jerawat
Daun mengkudu bersifat anti bakteri dan dapat membunuh kuman pada kulit, sehingga daun mengkudu dapat mengatasi jerawat.

2. Mengatasi Peradangan Pada kulit
Daun mengkudu bersifat anti inflamasi yang bermanfaat mencegah dan mengatasi peradangan pada kulit.

3. Mencegah Kanker
Daun mengkudu bersifat untuk mencegah kanker dan tumor yang menjalar di dalam tubuh.

4. Mengatasi Alergi
Daun mengkudu dipercaya dapat mengatasi alergi,seperti ruam merah pada kulit dan gatal-gatal pada kulit

5. Menangkal Radikal Bebas
Daun mengkudu dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh.

6. Mengatasi Diare
Daun mengkudu di percaya dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi diare seperti buang air besar yang encer.

7. Mengeluarkan Cacing
Daun mengkudu dapat mengeluarkan cacing pada tubuh, sehingga cocok untuk anak yang mengalami cacingan dalam masa pertumbuhannya.

8. Mengatasi Mual Dan Perut Kembung
Daun mengkudu bermanfaat untuk mengatasi rasa mual dan perut kembung karena daun mengkudu yang mempunyai sifat menghangatkan.

9. Mengeluarkan Racun Pada Tubuh
Daun mengkudu bmempunyai khasiat untuk menjaga ginjal tetap sehat sehingga proses pencernaan sari-sari makanan tetap lancar.

10. Mencegah Osteoporosis
Daun mengkudu dipercaya bisa menjaga tulang dan gigi tetap sehat.

11. Melancarkan Menstruasi
Daun mengkudu dapat melancarkan menstruasi yang tidak teratur.

12. Mengatasi Hipertensi
Daun mengkudu dapat mengempalikan sirkulasi darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh.

Untuk membuat ramuan daun mengkudu sangat mudah. Anda cukup meminum air rebusan daun mengkudu yang muda, atau bisa juga anda memakannya langsung sebagai lalab.

Efek Samping Mengkudu

Pada dasarnya, mengkudu cenderung aman dikonsumsi sebagai buah. Namun, jika dikonsumsi oleh seseorang dengan kondisi tertentu, jus buah mengkudu dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan hati.

Selain itu, buah mengkudu juga tidak disarankan dikonsumsi pada ibu hamil, menyusui, penderita penyakit liver, dan penyakit ginjal. Pasalnya terdapat beberapa senyawa yang justru dapat mengancam kesehatan seseorang dengan kondisi tersebut.

Bahkan konsumsi mengkudu pada ibu hamil dipercaya dapat membahayakan janin. Meski belum diketahui dengan jelas penyebabnya, tentu ada baiknya untuk menghindarinya selama masa kehamilan dan menyusui.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, dan deretan manfaat buah mengkudu di atas mungkin membuatmu tertarik. Tapi sayangnya, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pages