Manfaat Gizi Terhadap Kesehatan Dan Kecerdasan - Seratospersen

Breaking

Manfaat Gizi Terhadap Kesehatan Dan Kecerdasan


SERATOSPERSEN - Anak Pemenuhan kebutuhan gizi anak memang harus dapat dijalankan oleh para orang tua dan hal ni akan bermanfaat bagi anak-anak dalam hal peningkatan keehatan serta juga kecerdasan. Gizi telah diketahui adalah sebagai salah satu faktor yang mendasari derajat kesehatan. Pengaruh gizi kepada kesehatan dalam tiap tahap dalam daur hidup manusia adalah besar. Yaitu sejak dimulai dari janin, bayi, anak balita, remaja, dewasa, ibu mengandung dan ibu menyusui, anak dan seterusnya. 

Untuk itu pemenuhan gizi ibu hamil mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat serta juga cerdas. Dan juga merupakan tahapan dan pondasi awal terkait dengan hal ini.

Kesehatan anak dan gizi anak merupakan aspek yang sangat penting dalam tumbuh kembangnya, asupan nutrisi harus lengkap dan seimbang agar kesehatan anak terjaga dengan baik dan pertumbuhannya pun akan optimal. Gizi semakin dipandang sebagai faktor penentu yang penting dalam upaya mempertahankan kesehatan dan mencegah penyakit. 

Anak usia di bawah lima tahun merupakan masa terbentuknya dasar-dasar kepribadian manusia, kemampuan pengindraan, kemampuan berpikir, keterampilan berbahasa dan berbicara bertingkah laku sosial dan lainnya.

Gizi yang diperoleh seorang anak melalui konsumsi makanan setiap hari berperan untuk kehidupan anak, kecukupan zat gizi ini berpengaruh pada kesehatan dan kecerdasan anak terutama pada anak usia balita maka selain pengetahuan diperlukan juga kemampuan dalam mengelola makanan sehat untuk anak yang merupakan suatu hal yang sangat penting.

Untuk mewujudkan Indonesia sehat yang sasaran utamanya adalah anak-anak, mka anak-anak pulalah yang harus diperhatakan secara intensif terutama dalam hal kecukupan gizi. Dalam hal ini peran keluarga khususnya orang tua sangatlah diperlukan. Di mana peran orang tua adalah untuk membentuk perilakau makan yang sehat. 

Seorang ibu harus mengetahui, mau,dan mampu menerapkan makan yang seimbang / sehat serta juga mengenai bagaimana cara dan tips pola makan sehat dalam keluarga karena anak meniru perilaku makan orang tua dan orang-orang disekelilingnya dalam keluarga.

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi. Inilah yang dimaksud dengan pengertian definisi zat gizi.

Gizi dan nutrisi merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Kecukupan gizi sangat diperlukan oleh setiap individu, sejak dalam kandungan, bayi, anak-anak, masa remaja, hingga usia lanjut. Zat besi merupakan salah satu komponen gizi mikro yang memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang khususnya pada anak.

Gizi menjadi bagian sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Gizi didalamnya memiliki keterkaitan yang erat dengan kesehatan dan kecerdasan. Oleh sebab itu, gizi menjadi salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Status gizi yang baik pada balita dan anak-anak perlu mendapatkan perhatian lebih karena ketika status gizi balita buruk dapat menghambat pertumbuhan fisik, mental maupun kemampuan berfikir dan tentu saja akan menurunkan produktivitas kerja. 

Jenis makanan dan cara pemberiannya pun perlu sesuai dengan keadaaan pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasanya. Sehingga, akan diperoleh gizi yang seimbang untuk balita. Pada dasarnya, kebutuhan kalori manusia bervariasi sesuai usia, jenis kelamin, aktivitas, berat badan, tinggi badan.

Kebutuhan Gizi Bayi Balita

Kebutuhan gizi pada masa balita membutuhkan lebih banyak nutrisi karena masa balita (usia 1—5 tahun) adalah periode keemasan. Periode kehidupan yang sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental, pada masa ini pula balita mulai banyak melakukan dan menemukan hal-hal baru. Dalam hal ini, nutrisi yang baik memegang peranan penting. 

Jika seorang balita sering diberi asupan makanan yang mengandung zat-zat yang tidak baik, seperti jenis makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan, pelezat makanan dan yang sejenisnya, hal itu akan terlihat efeknya bagi kesehatan tubuh. 

Maka, pemberian makanan dengan pemenuhan gizi yang seimbang adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang balita. Jadi, perhatikan dengan baik pola makan untuk balita. 

Jenis Nutrisi Penting Bagi Kesehatan Kecerdasan

Karbohidrat.
merupakan sumber energi yang tersedia dengan mudah di setiap makanan dan harus tersedia dalam jumlah yang cukup karena kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan terjadi kelaparan dan berat badan menurun, apabila jumlah karbohidrat dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan terjadi peningkatan BB atau obesitas. Jumlah karbohidrat yang cukup dapat diperoleh dari susu, padi-padian, buah-buahan, tepung, umbi, gandum dan lain-lain.

Protein 
Protein ini harus dikonsumsi secara seimbang karena protein dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein digunakan setelah karbohidrat dan lemak tidak mencukupi pasokannya di dalam tubuh. Sumber protein dapat diperoleh dari ayam, kacang-kacangan, susu, yoghurt, roti dan lain-lain. 

Lemak 
Dalam hal ini lemak adalah merupakan sumber energi utama untuk pertumbuhan dan aktifitas fisik bagi balita. Lemak member cita rasa yang gurih, rasa kenyang, dan kelezatan makanan. Sumber makanan yang berasal dari lemak seperti daging, mentega, mayones, keju, susu. 

Vitamin dan Mineral 
Disarankan untuk selalu dihidangkan dalam menu makanan sehari-hari karena vitamin tidak dihasilkan tubuh dalam jumlah banyak. Vitamin sangat membantu dalam melawan radikal bebas.

Tahap pertumbuhan dan perkembangan pada masa balita merupakan tahap yang paling penting untuk diperhatikan asupan nutrisinya, karena fase balita (usia 1—5 tahun) merupakan fase keemasan. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua serta pihak-pihak yang terlibat sangat perlu memberikan kasih sayangnya untuk si kecil supaya pertumbuhan dan perkembangannya baik.

Dan masing-masing peranan nutrisi gizi tersebut mempunyai manfaat gizi dan nutrisi bagi kesehatan yang tidak bisa digantikan satu dengan yang lainnya. Karena masing-masing mempunyai peranan fungsi dan manfaat sendiri-sendiri untuk kesehatan kita.

Pages