Manfaat Kangkung Untuk kesehatan - Seratospersen

Breaking

Manfaat Kangkung Untuk kesehatan


SERATOSPERSEN - Manfaat khasiat kandungan kangkung bagi kesehatan ternyata tidaklah sedikit. Beragam gizi nutrisi yang terdapat di sayur kangkung banyak memberikan manfaat faedah yang baik untuk kesehatan orang-orang yang mengkonsumsinya.

Di masyarakat Indonesia keberadaan sayur kangkung yang dimasak adalah umum. Karena memang sayuran yang satu ini banyak terdapat di tanah air Indonesia tercinta ini.

Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. 

Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen.

Sayur ini merupakan tanaman yang mudah hidup dan pertumbuhannya tergolong cukup cepat. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah dari Ipomoea aquatica ini adalah tanaman bersuhu tropis yang bisa hidup di tanah yang lembab dan air.

Kandungan Gizi Vitamin Dalam Kangkung
Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lain, seperti pada manfaat daun singkong atau pun manfaat daun pepaya. Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. 

Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat kita lakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari di dalam keluarga kita.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh
Berikut beberapa jenis macam manfaat kegunaan sayur kangkung bagi kesehatan seperti yang dilansir dari stylecraze.com antara lain adalah sebagai berikut :

Menurunkan Kolesterol
Sayur kangkung adalah merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan dalam rangka menurunkan menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam darah. 

Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan pada tikus yang mana hal tersebut telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida salah satu jenis lemak yang bila banyak kadar di dalam tubuh manusia bisa menyebabkan berbagai jenis macam penyakit pembuluh darah dan jantung.

Mengobati Anemia
Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi. 

Zat besi dalam hal ini adalah merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin (HB) di dalam tubuh manusia.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan arteri tersumbat, Serangan Jantung atau stroke. 

Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Magnesium dalam hal ini adalah merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya.

Mencegah Kanker
Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Kangkung sangat kaya akan zat antioksidan bernama phyuto yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu, kangkung juga memiliki kandungan dalam jumlah besar berupa vitamin A, C, B kompleks, piridoksin, asam folat, riboflavin dan niasin.

Sayuran hijau dan termasuk dalam hal ini adalah sayuran kangkung adalah merupakan salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka kita dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan dalam tubuh.

Anti Diabetes
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Ibu Hamil 
Manfaat Sayur Kangkung Untuk Ibu Hamil adalah kangkung ini mampu mengobati atau mengatasi diabetes selama masa kehamilan. Selain itu kangkung juga sangat cocok bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam kangkung mampu memperlancar ASI (Air Susu Ibu). 

Selain itu sayur kangkung ini juga mampu mengobati atau mengatasi diabetes selama masa kehamilan.

Mencegah sembelit dan sebagai anti toksin, kandungan serat yang terdapat pada kangkung mampu mengatasi atau mencegah sembelit. Selain itu kangkung juga mempunyai anti toksin yang mampu meringankan bisul serta cocok untuk perawatan kulit.

Pages