Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah - Seratospersen

Breaking

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah


SERATOSPERSEN - Ketimun atau Mentimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam jenis tanaman seperti labu,pilus dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air pada mentimun sama seperti yang ada pada manfaat semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Di Indonesia sendiri, menimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan (di makan mentah), seperti rujak atau lalapan. Banyak mengkonsumsi ketimun, dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Inilah beberapa manfaat ketimun yang baik untuk tubuh kita.

Kandungan Gizi Dalam Ketimun
Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :
  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)
  • Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti 11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Berikut Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

1. Mengontrol tekanan darah tinggi
Bagi Sobat yang mengalami tekanan darah tinggi dapat mencoba mengkonsumsi jus mentimun atau mengkonsumsi mentimun langsung. Kandungan kalium, magnesium dan serat alami yang terdapat pada mentimun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Memperlancar pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada mentimun terbukti dapat memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas atau konstipasi (kondisi susah buang air besar).

3. Kesehatan ginjal
Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).

4. Menurunkan kadar gula dalam darah
Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol
Bagi Sobat yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi mentimun. Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh & mencegah dehidrasi
Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit baik karena perubahan cuaca atau lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

7. Mencegah kanker
Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya? Simak Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.

8. Menjaga kesehatan mata
Mungkin Sobat hanya mengetahui kalau wortel lah makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ternyata mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

10. Baik untuk kesehatan kulit
Pengaplikasian masker mentimun pada kulit wajah sudah dipercaya sejak lama memberikan efek baik pada kulit. Bukan hanya dagingnya, bahkan biji mentimun mengandung vitamin E dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, diantaranya:

Revitalisasi kulit. Menggunakan masker mentimun secara rutin dapat membuat kulit wajah lebih kencang.
Mengurangi bintik hitam atau noda pada wajah.
Mengurangi garis halus dan keriput pada wajah.

Cara Membuat Masker Mentimun Untuk Wajah

1. Siapkan timun, jeruk nipis, dan telur
Siapkan terlebih dahulu 1 atau 2 buah mentimun yang sudah matang. Kemudian siapkan air jeruk nipis dari ½ buah jeruk nipis dan juga 1 buah putih telur dari satu buah telur.

2. Kupas kulitnya dan haluskan dengan blender
cara membuat masker mentimun
Kupas kulitnya dan haluskan dengan blander

3. Kemudian cuci bersih mentimun dan langsung kupas kulitnya. Setelah itu haluskan mentimun dengan blender dan setelah benar – benar halus baru campurkan ke dalamnya air jeruk nipis bersama dengan 1 buah putih telur.

4. Cuci wajah menggunakan facial foam terlebih dahulu
Sebelum menggunakan masker, baiknya cuci wajah sampai benar – benar bersih dengan facial foam. Aplikasikan masker secara merata di wajah.

5. Selanjutnya biarkan masker sampai meresap ke dalam pori – pori dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jangan terlalu lama. Kemudian langsung bilas dengan menggunakan air bersih.

Efek Samping Mentimun

  • Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan cara memasaknya sebelum dikonsumsi/tidak dimakan dalam bentuk mentah .
  • Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, hal ini terutama karena disebabkan kandungan senyawa cucurbitacin pada mentimun.
  • Ketimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena mengandung bahan kimia tertentu. Hal ini biasanya akan terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun dalam jumlah berlebihan. Untuk menghindari hal ini, hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput – atau yang memiliki rasa agak pahit.

Demikianlah tentang manfaat mentimun yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Pages