Negara Peserta Asian Games Mulai Pertanyakan Keamanan RI - Seratospersen

Breaking

Negara Peserta Asian Games Mulai Pertanyakan Keamanan RI


SERATOSPERSEN - Beragam aksi pengeboman di Tanah Air, semenjak aksi pengeboman bunuh diri di tiga gereja Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018 hingga hari ini amat sangat mengganggu situasi keamanan dalam negeri.

Banyak hajatan besar dan berlevel internasional yang akan digelar di Indonesia, dalam waktu dekat ini. Seperti pertemuan IMF di Bali maupun Asian Games pada Agustus 2018 nanti.

Menyangkut Asian Games, Menpora Imam Nahrawi telah mengakui, kondisi keamanan Tanah Air saat ini membuat negara-negara peserta Asian Games bertanya-tanya. Bahkan Imam mengatakan, pihaknya maupun Inasgoc, sudah menjelaskan ke negara-negara peserta.

"Ya tentu pertanyaan pasti. Pasti sangat wajar pertanyaan itu muncul. Tapi kami jawab bahwa Asian Games masih tiga bulan," kata Imam, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 16 Mei 2018.

Faktor keamanan dijamin akan baik, juga karena mulai besok sudah memasuki bulan Ramadan. Imam yakin, semua akan menghormati itu dan situasi dalam negeri bisa kembali aman.

"Orang yang beragama pasti menghormati semua apalagi ini jadi hajat Asia. Dan kita menghormati setiap tamu yang datang dari negara manapun, Arab Saudi, Yaman, Afghanistan, Pakistan, akan kita terima dengan baik. dan kita harus menyiapkan itu dengan baik," ujarnya.

Siapa saja negara peserta yang menanyakan kondisi keamanan Indonesia, Imam tidak menyebutkannya. "Ada beberapa, tapi semua sudah dijelaskan. Baik oleh kementerian maupun oleh Inasgoc," katanya.

Dengan situasi keamanan saat ini, Imam memastikan pelaksanaan Asian Games tetap dilaksanakan. Tidak akan mundur, hanya karena aksi tersebut.

"Harus tetap berjalan dalam kondisi apapun. Tidak boleh mundur sejengkal pun," katanya.

Pages