Penjelasan Bukaan 1 sampai 10 Saat Melahirkan - Seratospersen

Breaking

Penjelasan Bukaan 1 sampai 10 Saat Melahirkan


SERATOSPERSEN - Dalam persalinan tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar suatu proses pembukaan saat melahirkan. Pembukaan saat melahirkan di alami oleh seorang pasien menjelang persalinan, pembukaan menandakan bayi akan segera lahir dari dalam kandungan. Dari mulai pembukaan 1 hingga pembukaan berikutnya memiliki durasi yang berbeda bagi setiap ibu yang akan melahirkan.

Pembukaan merupakan terbentuknya suatu jalan bayi untuk keluar dari dalam perut, pada setiap ibu yang mau melahirkan mempunyai durasi pembukaan yang berbeda tergantung dari kondisi seorang ibu tersebut. Dari sekian banyak kasus ada yang memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menjalani proses pembukaan ini. Berikut proses pembukaan 1 sampai 10 :

Pembukaan Saat Melahirkan Mulai Dari 1 Sampai 10

1. Pembukaan 1 cm  bersiap ke rumah sakit
Ketika memasuki pembukaan saat akan melahirkan biasanya ditandai dengan pecahnya ketuban. Pada saat itulah akan mngalami bukaan 1, dan disarankan untuk menyiapkan semua keperluan bayi dan ibu untuk pergi ke rumah sakit. Namun saat bukaan 1 terjadi itu bertanda tubuh Anda sudah siap untuk melahirkan, tetapi bukan berarti persalinan akan terjadi dalam waktu dekat melainkan harus menunggu pembukaan berikutnya.

Pembukaan saat melahirkan bisa terjadi lebih lama jika sedang mengandung anak pertama. Karena tubuh ibu perlu beradaptasi dengan tahapan awal persalinan.

2. Pembukaan 5 cm diiringi kontraksi
Pembukaan selanjutnya akan diiringi dengan kontraksi seorang ibu untuk membantu mendorong bayi keluar. Saat mencapai bukaan 5 dan Bunda akan mulai merasakan kontraksi, hal ini merupakan tahap awal dari suatu persalinan, ini pertanda rahim sudah siap untuk melahirkan. Namun, pada umumnya, bukaan 5 juga belum tentu bayi akan segera lahir dan menunggu hingga bukaan selanjutnya.

Bukaan 5 menandakan leher rahim sedang memanjang dan melembut, untuk dapat memudahkan jalannya bayi untuk keluar.

3. Pembukaan 6 cm
Pembukaan saat melahirkan, bila sudah mencapai 10 cm, artinya bayi sudah siap dan bisa keluar, tetapi perlu dibantu dengan dorongan ibu melalui mengejan.
Apabila pembukaan sudah mencapai 5-6 dan seterusnya, maka dokter akan mulai mendampingi dan akan memberikan intruksi. Karena pada saat pembukaan inilah persalinan mulai aktif, dan bukaan selanjutnya akan mengalami pertambahan bukaan yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

4. Pembukaan 10 cm
Bukaan 10 merupakan bukaan yang terakhir dan sempurna, sehingga jalan lahirnya bayi sudah lengkap terbuka lebar, dan ibu harus bersiap untuk mendorong bayi keluar dengan mengejan. Pada bukaan 10 leher rahim sudah memanjang dan uterus sudah berkontraksi secara penuh, untuk dapat mendorong bayi keluar dari perut.

Dokter akan mulai memberikan intruksi dan arahan untuk mendorong dan mengejan, namun bila bukaan sudah lengkap 1 sampai 10 tetapi bayi tak kunjung keluar dalam waktu yang ditentukan, maka akan dilakukan tindakan intervensi medis untuk membuat bayi lahir lebih cepat. Seperti penggunaan forceps, vakum, episiotomi ataupun caesar.

Itulah proses bukaan 1 sampai 10 saat menjelang kelahiran. Namun tidak semua proses persalinan ibu sama dengan penjelasan di atas dan seringkali berbeda-beda tergantung kondisi tubuh seorang ibu.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Pages