Penyebab Asam Urat Tinggi Yang Sering Tidak Disadari - Seratospersen

Breaking

Penyebab Asam Urat Tinggi Yang Sering Tidak Disadari


SERATOSPERSEN - Bila Anda atau keluarga Anda mengidap atau mengalami penyakit asam urat, kemungkingan besar Anda sudah terbiasa mengalami ngilu, nyeri dan bengkak dipersendian terutama jempol kaki.

Mungkin sebagian dari Anda selama ini tidak terlalu mengerti kenapa gejala seperti itu bisa terjadi. Karna itulah, artikel ini akan memaparkan apa saja penyebabnya dan agar Anda dapat mencegah penyakit asam urat kambuh lagi atau kambuh kambali.

Asam urat adalah penyakit yang muncul akibat adanya gangguan metabolisme asam urat. Asam urat yang sangat tinggi dapat memunculkan serangan encok dibeberapa bagian persendian tubuh Anda. Jika sudah terjadi, maka sendi-sendi terutama dibagian pangkal jempol kaki akan mengalami nyeri dan kemerahan. Lantas apa yang menyebabkan asam urat melonjak tinggi?

Faktor Resiko Penyebab Asam Urat Tinggi
Anda lebih mungkin mengalami atau terserang asam urat jika kadar asam urat dalam darah tinggi. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat sendiri di antaranya:

1. Pola makan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar asam urat dan memperbesar resiko serangan asam urat, seperti daging, makanan laut atau seafood, minuman yang diberikan pemanis buatan fruktosa.

2. Kondisi medis atau masalah kesehatan
Penyakit atau masalah kesehatan tertentu dapat membuat Anda lebih mungkin untuk terserang encok. Masalah kesehatan tersebut termasuk tekanan darah tinggi yang tak diatasi dan penyakit kronis lainnya seperti sindrom metabolik, diabetes, penyakit jantung dan ginjal.

3. Jenis obat-obatan tertentu
Kadar asam urat tinggi juga bisa disebabkan karena penggunaan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat diuretik dan aspirin.

4. Riwayat asam urat keluarga
Jika ada anggota keluarga lain yang mengidap penyakit asam urat, boleh jadi Anda beresiko menderita penyakit ini juga.

5. Usia dan jenis kelamin
Penyakit asam urat cenderung menyerang pria daripada wanita. Tapi setelah wanita mengalami masa menopause, kadar asam urat wanita akan mendekati kadar asam urat pria. Pria lebih beresiko terkena encok di usia 30-50 tahun. Sementara wanita setelah masa menopause.

5. Kegemukan atau obesitas
Kelebihan berat badan juga bisa membuat tubuh mengahasilkan kadar asam urat dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga fungsi ginjal akan semakin kesulitan menyingkirkan kelebihan kadar asam urat tersebut.

6. Pembedahan atau luka berat
Baru melakukan operasi pembedahan atau luka berat saat ini telah dikaitkan dengan peningkatan resiko asam urat tinggi.

Itulah kenapa penyebab asam urat melonjak tinggi yang harus Anda ketahui. Mungkin saat ini Anda berpikir adakah cara yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh? Jawabannya banyak sekali caranya dan tak sulit dilakukan. Yang paling penting, Anda perlu berusaha menjauhi faktor-faktor resiko yang sudah dijelaskan di atas.

Pages