Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya - Seratospersen

Breaking

Penyebab Keputihan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya


SERATOSPERSEN - Keputihan kerap kali menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi kita sebagian besar wanita. Selain membuat kita sebagai wanita merasa tidak nyaman, keputihan juga menjadi masalah bagi kita yang sudah bersuami.

Terkadang ada sebagian wanita yang belum mengetahui secara jelas mengenai apa sih keputihan itu  dan apa saja yang sering menjadi penyebab munculnya keputihan itu sendiri.

Berikut Penyebab Keputihan Tidak Normal Secara Umum.

Kuman
Hal pertama yang menjadi penyebab keputihan adalah kuman. Kuman ini bisa berasal dari tangan yang kotor kemudian menyentuh vagina dan juga air yang kotor.

Kelembaban
Banyak wanita yang langsung menggunakan celana dalamnya sehabis buang air kecil maupun buang air besar tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Celana yang lembab bisa menyebabkan keputihan dikarenakan saat lembab kuman dan jamur bisa menyebabkan vagina gatal kemudian menyebabkan keputihan.

Jamur
Pertumbuhan jamur yang tidak bisa dikendalikan di dalam vagina juga menjadi penyebab keputihan yang harus diwapadai. Jamur itu biasanya akan mudah berkembangbiak di tempat yang lembab.

Oleh sebab itu keringkanlah celana dalam anda ketika sehabis buang air besar maupun kecil.

Bakteri Bernama Vaginosis
Peyebab keputihan lainnya adalah bakteri jenis vaginosis. Sayangnya sampai saat ini penyebab munculnya bakteri ini tidak diketahui oleh medis. Bakteri ini sebagai pengganggu keseimbangan cairan sehingga pada orang yang mengalami keputihan bisa menyebabkan cairan yang keluar sangat banyak dan tidak terkendali.

Selama bakteri ini ada, peningkatan jumlah cairan akan terjadi terus menerus bahkan wanita pun sampai kebingungan dalam menyikapi keputihannya. Celana akan mudah lembab dikarenakan keputihan ini dan wanita harus sering mengganti celana dalamnya.

Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah jenis infeksi yang menyebabkan keputihan tidak nomal pada sebagian wanita. Penyebab dari infeksi ini adalah mikroorganisme bernama protozoa.

Kebersihan Vagina Yang Kurang Baik
Penyebab keputihan khususnya yang tidak normal bisa disebabkan kebersihan vagina yang kurang dijaga dengan baik. Sebenarnya vagina dilengkapi dengan bakteri baik yang bisa menjaga keseimbangan kadar asam di dalam vagina.

Namun vagina yang kebersihannya kurang terjaga dengan baik bakteri yang sifatnya jahat bisa mengganggu bakteri baik tersebut sehingga jumlah bakteri jahat lebih banyak. Saat itulah keputihan akan muncul dan mengganggu wanita.

Stress
Stress juga bisa menyebabkan keputihan patologis pada wanita. Stress bisa berpengaruh terhadap syaraf pusat manusia. Ketika otak stress maka dia bisa membuat keseimbangan hormon menjadi terganggu atau tidak stabil. Saat itulah keputihan akan muncul.

KB
KB yang bisa berpengaruh terhadap hormon seperti suntik KB dan juga penggunaan pil KB dipercaya bisa membuat wanita mengalami keputihan.

Alasannya adalah saat menggunakan alat KB tersebut keseimbangan hormon di dalam tubuh wanita menjadi terganggu. Ketidakseimbangan hormon inilah yang nantinya akan menyebabkan wanita mengalami keputihan.


Spiral
Penggunaan spiral juga bisa menyebabkan wanita mengalami keputihan. Wanita yang menggunakan spiral juga mengeluh cairan keputihannya bertambah banyak.

Hal itu bisa terjadi karena spiral yang dimasukkan ke dalam rahim membuat kondisi rahim menjadi berubah. Rahim menganggap spiral sebagai benda asing sehingga rahim memberikan respons berupa flek coklat dan juga cairan keputihan yang banyak.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami
Melakukan berbagai perawatan keputihan sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan secara alami.

1. Kurangi Kafein
Kafein yang berlebih dapat menyebabkan kondisi perubahan hormon terutama estrogen. Penurunan dan peningkatan berlebih pada hormon estrogen dapat menyebabkan keputihan secara parah.

2. Kurangi Makanan Berminyak
Cara mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan dengan mengatur asupan makanan yang kita makan. 
Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan sehingga kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat.

3. Perhatikan Cara Berpakaian
Hindari penggunaan celana yang sempit, karena hal tersebut dapet beresiko memperbesar gejala keputihan. Bahan celana disarankan menggunakan bahan katun agar mencegah Mrs V tidak kering dan lembab. Perhatikan kebersihan celana dan pakaian dalam yang dipakai.

4. Biji Fenugreek
Menggunakan biji fenugreek merupakan salah satu cara mengatasi keputihan secara alami. Biji fenugreek niscaya bermafaat meningkatkan jumlah pH dalam vagina sehingga memperkecil resiko untuk mengalami keputihan yang lebih parah.

5. Mengkonsumsi Buah-Buahan
Buah kaya akan manfaat bagi sistim tubuh kita entah dikonsumsi langsung dan dibuat jus mempunyai manfaat yang kurang lebih sama, disarankan untuk mengonsumsi pisang dan buah delima, karena buah tersebut memiliki nutrisi untuk menjaga keseimbangan hormon terutama hormon estrogen.

6. Menggunakan Buah Majakani
Buah majakani dikenal mengandung vitamin A dan C, antioksidan, tannin, asid tannik, serat yang berkhasiat membersihkan bakteri dan jamur pada area organ kewanitaan yang menjadi penyebab terjadinya keputihan serta membantu mengatasi cairan berlebih pada miss v. 

Banyak yang menganggap buah majakani merupakan salah satu buah yang paling baik digunakan untuk mengatasi masalah-masalah pada organ kewanitaan, salah satunya yaitu masalah keputihan.

Mengatasi Keputihan Secara Tradisional dengan Daun Sirih
Khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah dikenal sejak dulu, khususnya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan. 

Daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang bermanfaat untuk membunuh kuman, antioksidan, dan juga sebagai anti jamur. 

Cara mengatasi keputihan pada wanita secara alami dengan daun sirih adalah cara yang sederhana namun sangat efektif. 

Cara menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan adalah dengan menyiapkan 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci kemudian siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci dan merebusnya. 
Setelah direbus, tunggu air rebusan daun sirih tadi dingin, dan kemudan basuh ke seluruh bagian organ kewanitaan anda. Lakukan cara alami ini secara rutin, maka kebersihan organ intim anda akan terjaga dan dapat mengatasi keputihan yang anda alami.

Nah itulah seputar tentang penyebab dan cara mengatasi keputihan.

Pages