Penyebab Penyakit Tremor Esensial - Seratospersen

Breaking

Penyebab Penyakit Tremor Esensial


SERATOSPERSEN - Pernahkah Anda merasa gemetar ketika akan memulai menulis atau ketika memegang gelas saat akan minum? Jika ya, kemungkinan Anda menderita tremor esensial.

Menurut dr Puspasari, SpS, tremor esensial merupakan getaran pada tubuh yang tidak diketahui penyebabnya. Dalam pemeriksaan MRI pun tidak akan didapatkan kelainan apapun.

"Tremor esensial itu juga leher bergerak-gerak, suara berubah, lidah juga gemetaran," ujar Puspa saat ditemui di Hotel Fairmont Jakarta belum lama ini.


Karena tidak diketahui pasti apa penyebabnya, maka sangat sulit untuk melakukan langkah pencegahan terhadap penyakit ini. Namun, dikatakan bahwa ada keterkaitan genetik dalam munculnya penyakit ini.

Puspa mengatakan, bila dalam riwayat keluarga ada yang mengalami tremor esensial, maka kemungkinan munculnya akan lebih cepat.

"Tidak ada pemeriksaan penunjang untuk tremor esensial. Salah satu caranya adalah kita harus menyingkirkan penyebab lain, misalnya hipertiroid atau gondok yang juga bisa menyebabkan tremor," imbuh Puspa.

Meski memiliki kemiripan dengan tremor pada parkinson, namun yang paling khas pada tremor esensial adalah ia muncul saat beraktivitas. Sedangkan pada parkinson tremor muncul saat beristirahat atau resting tremor.

Penderita tremor esensial memang masih terlihat normal ketika ia tidak melakukan aktivitas apa-apa. Tapi ketika ia mulai bergerak, memegang gelas atau menulis, gerakannya akan menjadi tidak teratur.

Tremor esensial juga umumnya menyerang usia muda 40-50 tahun, sedangkan parkinson menyerang usia tua. Salah satu penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi tremor esensial ini adalah dengan meminum obat. Namun pengobatan ini sifatnya hanya menekan gejala dan harus diminum seumur hidup.

Pages