Penyebab Rambut Rontok Menurut Dokter - Seratospersen

Breaking

Penyebab Rambut Rontok Menurut Dokter


SERATOSPERSEN - Masalah Rambut Rontok seringkali menyebabkan ketidaknyamanan dan menjadi suatu masalah buat wanita maupun pria. Apakah Anda ingin mengatasi masalah ini dan menjadikan rambut cantik dan kuat? Jika demikian, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkonsultasi pada dokter spesialis perawatan kesehatan dan kecantikan Anda untuk menjalani serangkaian tes kesehatan dan mencari penyebab dari masalah rambut rontok.

Apa itu Rontok Rambut?

Rambut rontok dapat di rasakan, ketika seseorang mulai kehilangan lebih banyak rambut dari sebelumnya, misalnya saat kita menyisir rambut banyak sekali rambut yang rapuh dan rontok. Ini adalah ciri yang bisa anda lihat, yang dapat terjadi dalam kesehatan Anda.

Suatu hal terpenting bahwa orang pada umumnya tidak memperhatikan siklus pertumbuhan pada rambut normal. Ketika anda melihat rambut rontok setelah Anda mencucinya dan jika itu terjadi, luangkan waktu Anda untuk mengetahui penyebab dan masalah rambut rontok tersebut.

Menurut statistik kesehatan, rambut rontok yang normal memiliki tingkat kerontokan rambut sekitar 50-100 helai per hari. Jika anda menyisir atau keramas dan jumlah kerontokan rambut meningkat hingga 250-300 helai, maka itu merupakan masalah rambut rontok yang tidak normal.

Penyebab Kerontokan Rambut

Pada umumnya masalah rambut rontok bisa dipicu oleh tiga faktor yaitu faktor genetik, medis dan gaya hidup. Masing-masing dari kelompok ini mencakup berbagai kondisi, gejala dan metode pengobatan. Untuk menyetahui penyebab rambut rontok mari kita kenali gejalanya di bawah ini.

1. Faktor Genetik
Salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi penyebab Rambut rontok adalah untuk mengetahui, apakah keluarga anda dari mulai orang tua, kakek atau saudara dekat lainnya menderita kondisi tersebut menderita masalah rambut rontok maka mungkin penyebabnya dipicu oleh faktor genetik pada keturunan. Dalam kasus ini, penyakit yang Anda alami disebut "androgenetic alopecia".  Penyakit tersebut merupakan gangguan kesehatan turun-temurun, yang dapat mempengaruhi sekitar 20-25% wanita. Wanita, yang mengalami masalah tersebut memiliki folikel rambut tebal dan tipis, akibatnya rambut menjadi tipis dan kemudian jatuh dan rontok lebih cepat dari pada umumnya. Androgenetic alopecia terutama di alami oleh wanita berusia di atas 50 atau 60 tahun, namun gadis remaja juga bisa mengalami kondisi tersebut.

2. Faktor Medis
Faktor medis merupakan penyebab masalah rambut rontok yang paling banyak terjadi. Ketika Anda mengunjungi dokter dan memberi tahu tentang gejala rambut rontok, awalnya dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan tes darah dan mengukur kadar hormon. Semua itu dilakukan untuk memastikan Anda tidak memiliki penyakit kelenjar autoimun atau tiroid. Kondisi ini biasanya memiliki gejala pada penderita rambut rontok. Penyebab rambut rontok secara medis bisa di sebabkan sebagai berikut:
  • Anemia
  • Polycystic Ovary Syndrome
  • Masalah kulit seperti dermatitis seboroik atau psoriasis
  • Gangguan jalur gastrointestinal
  • Kehamilan dan menyusui
  • Infeksi Kulit Kepala
  • Mati haid

Banyak dari mereka yang terkait dengan masalah hormonal atau perubahan pada masalah ini. Itu sebab itu wajib bagi anda untuk segera konsultasi dan datang pada dokter kesehatan anda.

3. Faktor Gaya Hidup
Fktor kerontokan pada rambut mencakup spektrum masalah dan situasi kehidupan yang luas yang mungkin berdampak negatif pada kondisi rambut anda. Apapun perubahan yang terjadi dalam hidup Anda, semua itu bisa berpengaruh pada kesehatan Anda. Beberapa masalah gaya hidup yang bisa memicu rambut rontok :
  • Penurunan berat badan
  • Kekurangan vitamin
  • Tekanan
  • Kurang tidur
  • Cedera fisik
  • Sering berkunjung ke salon kecantikan dan "eksperimen rambut"

Setiap perubahan gaya hidup dan kebiasaan dapat memicu kerontokan rambut oleh karena iyu Anda harus menjaga kesehatan fisik dan psikologis untuk menghindari suatu masalah tersebut. Cobalah lakukan upaya terbaik untuk menjalani cara hidup yang sehat, cukup tidur, kurangi tingkat stres, minum vitamin penting untuk rambut dan makan makanan sehat. Kompleks tindakan ini pasti akan membawa hasil yang diharapkan.

Itulah beberapa faktor penyebab rambut rontok yang harus anda perhatikan, selalu jaga kesehatan dan berhati-hati untuk merawatnya.

Pages