Resep Saus Telur Asin, Enak Dan Anti Gagal - Seratospersen

Breaking

Resep Saus Telur Asin, Enak Dan Anti Gagal


SERATOSPERSEN - Pernah menikmati lezat dan gurihnya saus telur asin? Saus telur asin memang bukan hal baru, tapi rasanya yang menggugah selera membuat orang menyukainya. Tak heran, jika banyak restoran yang menjadikannya sebagai menu utama.

Saus telur asin biasa disajikan bersama aneka hidangan lezat, dari mulai ayam krispi, udang goreng, cumi goreng, ikan goreng, dan masih banyak lainnya. Dibandingkan saus lainnya, saus telur asin tentu jauh lebih istimewa dari segi apapun.

Karena cenderung kering sehingga tidak merusak tekstur asli makanan. Artinya, ketika disiramkan pada makanan renyah, maka kerenyahan makanan akan tetap terjaga alias tidak lembek. Selain itu, saus telur asin membuat rasa makanan jadi makin istimewa, oleh karena itu sangat cocok dijadikan stock saus di rumah. Tips dan Cara Menggoreng Ayam Tanpa Ungkep yang Gurih dan Matang Sempurna

Ingin membuat sendiri saus telur asin yang seenak restoran? Simak tips dan cara membuatnya berikut ini :

Resep Cara Membuat Rica-Rica Menthok/Itik yang Pedasnya Mantap

Pastikan buat dengan telur asin bagian kuningnya saja
Saus telur asin yang enak dibuat dari telur asin asli bagian kuningnya saja. Jika ingin membeli telur asin mentah, Anda bisa memisahkan bagian kuningnya saja kemudian kukus hingga matang.Tips dan Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Matang Sempurna

Haluskan telur asin dengan sempurna
Langkah kedua yang dilakukan adalah menghaluskan kuning telur asin dengan sempurna atau sampai tidka ada yang kasar/bergerindil. Haluskan menggunakan sendok garpu hingga halus merata.

Tumis dengan mentega
Untuk menumis bumbu, disarankan menggunakan mentega. Selain membuat warnanya jadi lebih menggoda, juga aromanya makin wangi.

Masak dalam api kecil
Agar saus telur asin bisa matang sempurna tanpa gosong, pastikan masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga harum dan kering.

Masak sampai berbusa
Untuk memastikan saus telur asin kering dan matang smepurna adalah dari busa yang muncul saat digoreng. Jadi, Anda bisa memanaskan minyak goreng/mentega, kemudian masukkan telur asin halus dan aduk-aduk hingga berbusa. Baru kemudian siramkan pada makanan yang akan dibalut.

Agar makin sedap, tambahkan daun kari
Jika ingin rasa saus telur asin buatan Anda lebih wangi menggoda, Anda bisa tambahkan daun kari/salam koja. Jika tidka ada, Anda bisa menggantinya dengan daun bawang iris.

Jangan lupa cicipi
Sebelum menambahkan garam, pastikan cicipi lebih dulu karena telur asin memiliki tingkat keasinan yang berbeda. Maka itu, pastikan cicipi lebih dulu sebelum memutuskan menambahkan garam.

Simpan dalam wadah tertutup di kulkas
Setelah matang, Anda bisa menyimpan saus telur asin kedalam wadah tertutup dalam freezer. Jadi ketika ingin digunakan, Anda tinggal memanaskan kembali dan aduk-aduk hingga berbusa.
Resep Saus Telur Asin Enak dan Anti Gagal

Bahan saus telor asin :
  • 4 butir Telur asin bebek, ambil kuningnya saja
  • ½ sdt bubuk bawang putih
  • 2-3 sdm margarin
  • 3 siung bawang putih
  • 10 lembar daun kari
  • 2 buah cabai merah besar, iris miring
  • 350 ml susu cair
  • 1 sdt merica
  • ½ sdt garam

Cara Membuat Saus Telur Asin :
  • Pisahkan kuning telur dari telur asin. 
  • Campur kuning telur asin dengan air kaldu ayam dan bubuk bawang putih, aduk rata.
  • Lelehkan margarin, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan cabai merah besar, daun kari dan campuran telur asin tadi. Aduk rata.
  • Tambahkan susu cair dan lada, aduk hingga merata dan masak terus hingga berbusa

Ternyata untuk membuat saus telur asin yang seenak restoran tidaklah sulit ya! Semoga informasi yang berjudul Anti Gagal, Ini Resep Cara Membuat Saus Telur Asin Seenak Restoran diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Pages