Seledri, Turunkan Hipertensi dan Bersihkan Ginjal - Seratospersen

Breaking

Seledri, Turunkan Hipertensi dan Bersihkan Ginjal


SERATOSPERSEN - Seledri berasal dari keluarga yang sama dengan peterseli dan adas, yaitu Umbelliferae. Tanaman seledri dapat tumbuh hingga ketinggian 16 inci. Seledri putih biasanya ditanam dengan menghindari sinar matahari langsung, sehingga memiliki lebih sedikit klorofil, dibandingkan dengan seledri yang hijau.

Batang seledri sangat renyah dan sering digunakan untuk membuat sup atau salad. Seledri memiliki rasa sedikit asin, sehingga sangat pas dibuat jus dan dicampurkan dengan buah yang lebih manis. Daun seledri mengandung vitamin A yang tinggi, sedangkan batangnya menjadi sumber vitamin B1, B2, B6, dan C yang sangat baik sebagai suplai kalium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, dan banyak asam amino esensial.

Kebanyakan sayuran akan kehilangan nutrisinya saat dimasak. Tetapi, sebagian besar senyawa dalam seledri tetap bertahan dengan baik meskipun sudah dimasak. 

Seledri selalu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Studi terbaru menunjukkan, seledri mungkin efektif dalam memerangi kanker.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari jus seledri.

Menjaga tingkat keasaman
Mineral penting dalam jus ajaib ini secara efektif menyeimbangkan pH darah dalam tubuh dan menetralkan keasaman.

Tekanan darah
Seledri mengandung sodium organik yang dapat menurunkan tekanan darah. Minum jus seledri setiap hari selama seminggu, secara signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kanker
Seledri diketahui mengandung delapan senyawa anti kanker. Di antaranya acetylenics yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolik yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan coumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari kerusakan sel. 

Kolesterol
Jus seledri terbukti secara efektif dan signifikan menurunkan kolesterol buruk total dan kolesterol jahat (LDL).

Fungsi ginjal
Seledri mampu meningkatkan fungsi ginjal dengan membantu eliminasi racun dari tubuh. Selain menghilangkan racun, seledri juga mencegah pembentukan batu ginjal.

Berat badan
Minum jus seledri secara rutin dapat membantu mengekang keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya gula.

Tips konsumsi
Pilih seledri hijau yang kaya akan klorofil. Pastikan pilih batang yang masih kuat dan tidak lemas. Jika disimpan di dalam kulkas, simpanlah dalam wadah tertutup atau bungkus dalam kantong plastik.

Jika Anda mengalami masalah kulit setelah mengonsumsi seledri, berati Anda memiliki kepekaan terhadap psoralens. Beberapa orang dengan tekanan darah rendah mengeluh bahwa seledri membuat tekanan darah mereka lebih rendah. Tapi, ada juga yang merasakan sebaliknya.

Pages