Serba-Serbi Cacar Air Yang Belum Anda Ketahui - Seratospersen

Breaking

Serba-Serbi Cacar Air Yang Belum Anda Ketahui


SERATOSPERSEN - Cacar air merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Itulah sebabnya penyakit ini juga dikenal dengan istilah varisela. 

Dilansir Web MD, seperti penyakit lain yang juga disebabkan oleh virus, cacar air atau varisela dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease).

Cacar air umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun, pada beberapa kasus, penyakit ini juga dapat diderita orang dewasa. 

Bahkan pada orang dewasa, gejalanya cenderung lebih berat dibandingkan penderita anak-anak. Biasanya, seorang hanya akan menderita cacar air satu kali seumur hidupnya. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Anda dapat terkena lebih dari satu kali. Namun sebenarnya saat hal itu terjadi, yang menyerang bukan lagi cacar air tetapi shingles atau cacar api.

Infeksi yang menyebabkan cacar air bisa sembuh dalam waktu antara 8 hingga 10 hari. Pertama biasanya cacar air tidak akan langsung muncul dalam bentuk benjolan. Pada dua hari pertama virus masuk ke tubuh maka akan menyebabkan demam dan kulit berubah menjadi kemerahan. Beberapa orang juga bisa merasa demam, sakit kepala, mual dan tidak nafsu makan.

Cacar air tidak memiliki langkah penanganan khusus. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala. 

Gejala tidak biasa yang sebaiknya Anda waspadai meliputi infeksi yang terjadi pada bintil-bintil di kulit, atau jika anak mengalami muntah,  leher kaku, kejang, serta menjadi sulit berjalan, bicara, dan menjaga keseimbangan tubuhnya.

Pages