Susah Kentut - Obati Dengan Minum Air Hangat Tiap Pagi - Seratospersen

Breaking

Susah Kentut - Obati Dengan Minum Air Hangat Tiap Pagi


SERATOSPERSEN - Susah buang angin atau kentut adalah kondisi yang umum dialami. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. DR. dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FAC mengungkapkan bahwa beberapa makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi, ubi dan minuman bersoda bisa mengakibatkan angin terperangkap di usus dan Anda pun menjadi kembung.

Namun, hal tersebut hanya berlaku pada mereka yang punya masalah pencernaan.

"Kalau tidak ada masalah pencernaan, mengonsumsi kol justru akan merangsang buang air besar (BAB) dan kentut. Kalau ada masalah pencernaan terus makan kol, angin terperangkap malah jadi kembung," ujarnya dalam program Ayo Hidup Sehat yang tayang di ANTV, Rabu, 9 Mei 2018.

Ari pun memberikan tips jitu untuk menghindari kembung dan susah kentut. Tipsnya terbilang mudah yakni membiasakan diri untuk minum air hangat setiap pagi.

"Tapi jangan terlalu panas. Minum air hangat di pagi hari akan merangsang BAB. Prinsipnya BAB kan berbarengan dengan kentut. Setelah minum air hangat, gas timbul jadi bisa mulas dan langsung ke WC," ucapnya.

Selain air hangat, susu juga ternyata bisa meredakan kembung dan mengatasi sulit kentut, lho. Namun, dianjurkan Anda memilih susu low fat karena susu full cream justru akan menimbulkan gas berlebih.

"Kalau angin susah keluar, dikasih lemak yang bisa merangsang usus (seperti susu) bisa membawa kentut keluar. Tapi ini berlaku khusus bagi mereka yang pencernannya tidak terganggu," kata Ari.

"Kalau ada penyakit, dikasih susu pun tidak mempan. Misal penyakit gangguan penyerapan karbohidrat. Jadi harus ke dokter," ujar dia. (ren)

Pages