Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Harus Diketahui - Seratospersen

Breaking

Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Harus Diketahui


SERATOSPERSEN - Kehamilan adalah sebuah momen yang paling di tunggu oleh pasangan suami istri, terutama bagi mereka yang menanti sebuah kehamilan anak pertamanya.

Kehamilan pada umumnya bisa diketahui positif dengan bantuan tespack ataupun dengan memeriksanya ke dokter. Dari sekian banyak kasus, pada umumnya pasangan suami istri yang baru saja menikah dan menanti datangnya buah hati, mereka tidak memahami seperti apa tanda-tanda hamil muda.

Disini saya akan memberikan tanda-tanda hamil muda yang harus anda ketahui terutama bagi pasangan yang baru saja menikah tentu ini menjadi hal yang harus anda perhatikan.

Tanda-Tanda Hamil Muda

1. Payudara terasa kaku dan sensitif
Salah satu tanda-tanda kehamilan minggu pertama yaitu anda akan merasa adanya suatu perubahan pada payudara, seperti terasa lebih sensitif dan terasa lebih kaku. Pada umumnya ketika rasa sensitif yang berlebihan muncul maka anda akan mudah mengalami rasa nyeri pada payudara. Hal inii terjadi karena adanya faktor hormon yang berpengaruh terhadap payudara anda. Rasa nyeri tersebut dapat berlangsung selama awal trimester kehamilan dan akan hilang secara bertahap.

2. Flek atau bercak darah
Munculnya flek atau bercak darah yang menyerupai haid. Hal ini terjadi akibat proses implantasi atau penanaman embrio janin pada dinding uterus atau dinding rahim. Tetapi flek atau bercak darah ini berbeda dengan haid atau menstruasi dan bercak ini berlangsung tidak lama. Namun, kadang juga kehamilan tidak ditandai dengan hal tersebut.

3. Letih
Akibat terjadinya perubahan hormonal saat hamil, maka tubuh dapat mudah merasakan letih. Selain letih, anda juga akan merasa pegal-pegal pada bagian tubuh. Sehingga biasanya akan selalu meminta di pijat. Namun perlu diingat, Ibu tidak boleh memijat di bagian perut dan telapak kaki, karena itu dapat berpengaruh pada kesehatan kandungan dan bisa memicu kontraksi.

4. Mual 
Tanda-tanda hamil muda yang mungkin semua orang tahu yaitu mual dan muntah. Pada awal kehamilan, pada usia 2 minggu akan terjadi kenaikan hormon hCG. Dampak dari kenaikan hormon tersebut dapat menyebabkan terjadinya morning sickness seperti gejala mual muntah.

5. Sensitif terhadap bau
Pada awal kehamilan 1 minggu anda akan merasakan seperti penciuman yang sensitif terhadap bau-bauan, entah itu bau parfum maupun bau yang mencolok.

6. Sering merasa pusing
Pusing juga bisa menjadi suatu tanda-tanda orang hamil. Pusing pada umumnya dapat dirasakan lebih awal sebelum anda mengalami perubahan pola haid. Keluhan ini juga sering dibarengi dengan rasa mual yang juga merupakan pertanda awal dari morning sickness atau kehamilan.

7. Mood berubah-ubah
Akibat perubahan kondisi kesehatan anda akan menjadi lebih mudah mengalami emosi terhadap orang di sekitar. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon reproduksi di dalam tubuh.

8. Kram perut
Pada awal kehamilan anda akan merasakan seperti perut terasa kram atau nyeri perut bagian bawah. Keluhan ini kadang tidak teratur dan bisa di rasakan kapanpun oleh orang hamil muda.

9. Perut kembung
Gejala awal kehamilan anda akan merasakan keluhan seperti gangguan saluran pencernaan. Salah satu gejalanya yaitu perut kembung dan rasa ingin selalu buang angin. Keluhan ini bisa anda rasakan sebelum anda mengalami terlambat haid. 

10. Sering buang air kecil
Ketika terjadinya kram pada perut biasanya anda akan merasakan ingin selalu buang air kecil. Keluhan rasa ingin selalu buang air kecil ini dapat hilang timbul, bahkan ketika Ibu sudah memiliki usia kehamilan tua atau saat perut sudah membesar.

11. Suhu tubuh meningkat
Saat proses implantasi, anda juga dapat mengalami perubahan suhu tubuh. Anfa akan merasakan suhu tubuh yang meningkat atau lebih hangat. Peningkatan suhu tubuh ini kemungkinan juga dipengaruhi oleh perubahan hormonal di dalam tubuh.

12. Susah BAB
Seperti yang dituliskan diatas, anda akan mengalami masalah atau gangguan saluran pencernaan. Selain merasakan perut kembung, anda juga akan merasakan susah untuk buang air besar, sehingga anda hanya merasa lebih sering buang angin.

13. Test pack positif
Pada usia kehamilan 2 minggu akan terjadi kenaikan kadar hormon kehamilan atau hormon hCG. Oleh karena itu anda dapat mengetahui suatu kehamilan dengan mengetes urin menggunakan stik uji kehamilan untuk mengetahui hasil yang positif.

14. USG
USG merupakan cara yang paling tepat untuk menguji atau mengetahui keadaan kehamilan. Bahkan pada umumnya USG juga bisa mengetahui jenis kelamin janin yang masih di dalam perut yang mempunyai usia kehamilan sudah berumur tua.

Itulah tanda-tanda hamil yang harus anda ketahui, terutama bagi pasangan pasutri yang belum pernah merasakan kehamilan. Terimakasih.

Pages