Terlihat Tua Di Usia Muda Hindari Kebiasaan Ini - Seratospersen

Breaking

Terlihat Tua Di Usia Muda Hindari Kebiasaan Ini


SERATOSPERSEN - Istilah "penuaan dini" tentunya sudah tidak asing untuk didengar. Penuaan dini ini juga erat kaitannya dengan kondisi kulit. Penuaan dini ditandai dengan kemunculan kerutan pada kulit wajah. Menurut pengertian penuaan dini merupakan proses penuaan kulit yang terjadi lebih cepat dari semestinya.

Bahkan penuaan dini ini dapat terjadi di usia 20-an. Tentu saja hal ini menjadi ketakutan tersendiri terutama bagi para wanita. Terlebih lagi, timbulnya kerutan pada kulit wajah menyebabkan hilangnya rasa percaya diri seseorang.

Meski begitu, kondisi ini tidak serta merta terjadi begitu saja, ada sejumlah faktor dan kebiasaan yang menyebabkan penuan dini ini terjadi. Tanpa disadari ternyata ada sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan dan memicu penuaan dini.

Tanpa disadari ternyata ada sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan dan memicu penuaan dini. Supaya terhindar dari kondisi tersebut, ada baiknya untuk menjauhi 7 kebiasaan tersebut, diantaranya:

Kebiasaan merokok
Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok mengandung zat-zat berbahaya yang merugikan tubuh. Tak hanya menyebabkan penyakit berbahaya, rokok juga bisa memicu terjadinya penuaan dini. Pasalnya, nikotin yang terdapat dalam rokok akan membuat kulit kehilangan elastisitasnya.

Selain itu, merokok yang dilakukan dalam jangka panjang dapat membuat aliran darah dalam kapiler maupun arteri terganggu dan menyebabkan kematian sel. Tidak berhenti disitu saja, kebiasaan merokok juga akan menghambat proses penyembuhan luka pada kulit.

Terpapar Sinar UV
Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas dan kegiatan di luar ruangan, resiko untuk terkena penuaan dini cukup tinggi. Terutama jika melakukan kegiatan tanpa menggunakan tabir surya, membuat kulit akan mudah kusam dan rusak. Tak hanya itu, sinar UV juga bisa merusak pigmen kulit dan berakhir pada kanker kulit.

Kurang tidur
Banyak hal-hal yang merugikan tubuh dari kurangnya kualitas tidur, salah satunya penuaan dini. Pada saat tidur, tubuh akan mengeluarkan racun dan meregenerasi sel-sel yang mengalami kerusakan. Namun hal ini tidak akan terjadi pada seseorang yang mempunyai jam tidur yang kurang. Proses tersebut akan tertunda dam membuat proses penuaan terjadi lebih cepat.

Menggunakan AC
AC merupakan komponen yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Cuaca di Indonesia yang panas, memaksa sebagian orang untuk menggunakan alat pendingin ini. Disamping memberi kesejukan, berada dalam ruang yang berAC, lama-lama akan menurunkan keelastisan kulit. Sehingga kulit menjadi mudah kering dan keriput dan menyebabkan seseorang tampak lebih tua.

Sering mengonsumsi gorengan
Gorengan merupakan makanan yang sangat mudah dijumpai karena memiliki penikmat dan penjual yang banyak. Mungkin hampir setiap orang bisa memakan gorengan setiap hari. Sayangnya, mengonsumsi gorengan dapat memberikan kontribusi yang kurang baik terutama untuk kulit. Kandungannya yang mengandung banyak minyak bisa menimbulkan kulit berjerawat dan mudah kotor. Hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya penuaan dini.

Stres yang berlebihan
Tak selamanya stres berhubungan dengan gangguan jiwa, kesehatan kulitpun juga dapat terpengaruh ketika seseorang mengalami stres. Jika tidak diatasi, stres akan membuat seseorang terlihat lebih tua daripada usianya. Untuk itu, penanganan yang tepat dibutuhkan supaya tidak terjadi stres berkepanjangan.

Kurangnya asupan buah dan sayur
Kebanyakan, buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan serat yang tinggi. Jika kebutuhan tersebut terpenuhi, kesehatan kulit akan terjaga dan terhindar dari penuaan dini. Tak hanya itu, konsumsi buah dan sayur yang cukup akan membuat tubuh terhindari dari sejumlah penyakit. 

Nah, itulah 7 Kebiasaan Pemicu Penuaan Dini. Selain hal-hal diatas masih banyak lagi kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Oleh sebab itu, menjaga kondisi tubuh dan memenuhi asupan makanan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit sepenuhnya.

Tahukah Anda bahwa seseorang yang mengalami kerutan akibat penuaan dini kadar kolagen dalam kulitnya akan berkurang? Kolagen sendiri yang berperan sebagai perekat sangat berguna dalam menjaga elastisitas kulit. Berkurangnya kadar kolagen dalam kulit akan mengakibatkan kulit mengelupas, keriput, pigmentasi dan penyembuhan luka kulit akan memakan waktu yang lama.

Pages