Tips Agar Tak Terjebak Promo Ramadan Saat Belanja Online - Seratospersen

Breaking

Tips Agar Tak Terjebak Promo Ramadan Saat Belanja Online


SERATOSPERSEN - Ramadan memang baru berjalan beberapa hari, namun beberapa platform e-Commerce dan marketplace sudah banyak yang menawarkan berbagai program promo untuk menarik konsumen. 

Dari beragam promo yang ditawarkan, tentunya para online shopper harus bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut.

Dikutip dari keterangan resmi Shopback Indonesia, Minggu 20 Mei 2018, berikut ini adalah beberapa tips belanja di platform online selama Ramadan.

1. Pilih toko yang sudah terautorisasi
Takut akan produk yang palsu atau penipuan menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang masih enggan untuk berbelanja online. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu lebih teliti memilih toko-toko yang ada di platfrom marketplace, seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Biasanya platform marketplace memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi dan mana yang belum. Toko online yang telah mendapatkan tanda autorisasi itu sudah terjamin keaslian dan pelayanannya.

2. Selalu lihat rating dan kolom ulasan produk
Jika kamu masih tetap ragu akan keaslian produk walaupun sudah mengunjungi toko yang sudah terautorisasi. Sempatkan untuk melihat rating serta membaca setiap review atau ulasan produk dari pelanggan sebelumnya. Dari ulasan tersebut kamu bisa memperkirakan kualitas barang.

3. Aktifkan push notification aplikasi belanja online
Bagi kamu yang tidak suka menerima newsletter, karena akan membuat kotak masuk surel penuh, tidak ada salahnya aktifkan push notification aplikasi belanja online yang kamu miliki. Sistem dapat berfungsi sebagai pengingat, jadi kamu tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-Commerce favorit.

4. Cermati promo dengan bijak dan sesuai kebutuhan
Tidak dipungkri promo dan diskon selalu menjadi pemikat konsumen untuk bebelanja di platform e-Commerce. Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir tiga per empat pembeli digital di Indonesia mengaku harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Selama Ramadan ini, banyak platform belanja online yang memberikan beragam program diskon, bahkan ada yang sampai memberikan potongan harga hingga 90 persen. Namun, tentunya konsumen jangan terbuai dengan promo yang diberikan. 

Konsumen harus cermat dan teliti memilih platform mana yang mampu memberikan harga terbaik. Bandingkan setiap harga akhir setelah potongan diskon di setiap platform belanja online tersebut, dan mencari referensi dari Aggregator e-Commerce. 

Country Head of ShopBack Indonesia Indra Yonathan mengatakan, pihaknya bisa membuat masyarakat berhemat dan sekaligus menabung saat belanja online. Hal tersebut dilakukan tentunya dengan adanya cashback yang diberikan.

Yonathan menambahkan, ShopBack selalu mengarahkan dan memberi tahu pengguna mengenai promo dan deal terbaik setiap e-Commerce mitra yang ada di platform Shopback. 

“Aggregator e-Commerce seperti Shopback sangat membantu masyarakat dalam menemukan promo serta diskon menarik dari platform e-Commerce, yang sesuai dengan kebutuhan mereka.”

5. Manfaatkan jam “ngabuburit” dan sahur
Berdasarkan studi terbaru Shopback, masyarakat Indonesia lebih banyak mengunjungi platform e-Commerce pada pukul 16.00 -17.00 WIB, jam-jam di mana masyarakat menunggu waktu berbuka puasa. Waktu ini turut dimanfaatkan pelaku e-Commerce untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen. 

Salah satunya dengan memberikan promo menarik atau kuis spesial Ramadan yang memberikan voucher belanja hingga ratusan ribu rupiah. Begitu pun halnya dengan waktu sahur, ada beberapa e-Commerce yang menawarkan promo khusus saat sahur. 

6. Pilih metode pembayaran yang tepat
Saat ini platform e-Commerce memberikan beragam pilihan metode pembayaran untuk mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi. Platform e-Commerce bahkan bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia untuk memberikan potongan harga serta program cicilan dengan bunga rendah. 

Bahkan ada platform e-Commerce yang menyediakan program cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit dari bank rekanan. Kuncinya, perhatikan platform belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yag dimiliki. Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Kamu bisa memilih metode pembayaran di tempat atau Cash on Delivery (COD).

Dengan mengikuti keenam tips ini, pengguna tidak perlu khawatir akan over spending saat berbelanja online. Cermat dalam memilih serta bijak dalam membuat keputusan menjadi kunci untuk mendapatkan keuntungan saat berbelanja di bulan yang penuh berkah ini.

Pages