Tips Berpuasa Sehat Bagi Penderita Maag - Seratospersen

Breaking

Tips Berpuasa Sehat Bagi Penderita Maag


SERATOSPERSEN - Seperti kita ketahui memasuki bulan puasa beberapa hal menjadi berubah termasuk pola makan. Di mana biasanya seseorang makan tiga kali sehari atau lebih, polanya berubah menjadi dua kali sehari. Sehingga selama kurang lebih 14 jam perut tidak terisi apapun sampai saatnya berbuka.

Dengan begitu, perubahan pola makan inilah yang berpengaruh terhadap tubuh termasuk berkurangnya berat badan dan peningkatan asam lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dipepsia. Gejalanya meliputi rasa sakit dibagian perut, mual, muntah dan perut kembung.

Maag dikategorikan menjadi dua macam yaitu fungsional dan organik. Adapun penderita maag akibat organik berpuasa dapat memperparah kondisi tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat anda praktekkan bagi penderita maaf, namun tetap ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Pilih jenis makanan yang lambat dicerna
Penderita maag dapat menambah asupan makanan yang mengandung karbohidrat atau makanan yang dicerna pelan-pelan oleh tubuh. Dimana proses pencernaan yang lambat membuat tubuh tidak akan merasa cepat lapar dan lemas sepanjang hari. Adapun jenis makanan yang lambat dicerna antara lain:

Kurma
Mungkin sudah tak asing bagi anda, buah yang sering dijadikan ta’jil ini. Ya, buah kurma adalah jenis makanan sumber karbohidrat, serat, potasium dan magnesium tinggi.

Almon
Pasalnya, almon ini banyak mengandung protein dan serat yang sangat direkomendasikan selama puasa. Bukan hanya itu, almon pun sangat baik bagi penderita maag.

Pisang
Pisang atau memiliki nama musa paradica merupakan salah satu buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Dimana buah satu ini aman dikonsumsi bagi penderita maag. Hal ini lantaran buah kaya akan nutrisi seperti potasium dan karbohidrat magnesium.

Minum yang banyak
Haus pada dasarnya suatu keluhan paling umum bagi orang yang berpuasa. Bahkan terkadang anda malah lebih bisa menahan rasa lapar daripada dengan rasa haus. Untuk itu, minum air putih, air buah yang tidak asam dan minuman yang mengandung banyak potasium membuat tubuh bisa beradaptasi dengan kondisi selama berpuasa.

Disamping itu pula, hindari minuman berkarbonasi atau bersoda serta minuman berkafein saat sahur atau berbuka.

Lantas apa yang harus dihindari penderita maag ketika berpuasa?
  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti cokelat, gorengan, buah yang asam misalnya jeruk, lemon dan juga tomat.
  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan gangguan lambung seperti cuka, lada dan makanan pedas
  • Perlu anda ketahui jangan langsung tidur setelah makan. Karena hal ini dapat meningkatkan resiko terkena stomach aci reflux atau kondisi dimana cairan lambung dimuntahkan kembali.
  • Hindari minuman beralkohol. Oleh karena itu alkohol bisa melemahkan katup antara lambung dengan esofagus sehingga beresiko terhadap peningkatan asam lambung.
  • Hindari stres, karena stres akan meningkatkan asam lambung tinggi.

Demikian itulah informasi mengenai 2 Tips Puasa Bagi Penderita Maag. Memang telah dinilai umum, tetap saja anda memerlukan pengobatan yang tepat. Karena jika terjadi sesuatu pada asam lambung anda bisa berdampak serius pada tubuh.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir. Kali ini anda masih bisa mendapatkan kesembuhan secara alami dengan Walatra Propolis Brazil. Bahkan jika anda memilih pengobatan dengan Walatra Propolis Brazil hanya dalam beberapa hari pemakaian akan langsung terlihat perubahan yang signifikan.

Pages