Tips Sehat Selama Menjalani Puasa Ramadhan - Seratospersen

Breaking

Tips Sehat Selama Menjalani Puasa Ramadhan


SERATOSPERSEN - Tips cara kiat sehat menjalankan puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan adalah merupakan salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam rangka menjalankan kewajiban berpuasa ramadhan.

Karena memang persiapan fisik dalam hal kesehatan penting dalam menjalani puasa ramadan selama 1 bulan penuh, selain memang mengetahui dan memahami akan syarat rukun wajib sunnah dan hal-hal yang membatalkan puasa agar bisa mencapai keberkahan dan keutamaan serta kemuliaan berpuasa di bulan suci ramadhan.

Kewajiban berpuasa Ramadhan adalah tercantum di dalam Al Quran Surat Al-Baqarah 183 yang artinya :"Wahai orang-orang yang beriman ! Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu, supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa."

Makanan sehat di dalam Islam sangatlah penting untuk menjadi perhatian kita selaku Umat Muslim. Dalam hal ini meliputi bukan hanya pada persoalan hukum halal atau haram makanan, tetapi kualitas (kandungan gizi) dan efek kesehatan makanan terhadap tubuh itu sendiri.

Banyak godaan yang akan terjadi saat kita melaksanakan puasa, mulai nafsu makan sampai nafsu yang memacu birahi, tetapi kita harus tetap menahannya agar puasa yang kita jalankan tidak sia-sia. 

Saat puasa di bulan ramadhan bukan berarti kita harus mengurangi aktifitas kita sehari-hari. Kita masih bisa beraktivitas seperti biasa, asalkan dapat mengatur pola makan kita di saat sahur dan berbuka.

Berikut beberapa cara agar tubuh tetap sehat saat berpuasa antara lain adalah sebagai berikut :

Meluruskan Niat Berpuasa
Ketika kita akan menjalani puasa baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan, maka satu hal yang penting dan harus diprioritaskan adalah menjaga niat kita berpuasa. 

Tujuan berpuasa adalah mendapatkan dan meraih derajat ketakwaan serta juga mendapatkan keridhoan Allah Ta'ala. Janganlah berpuasa ramadhan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Karena di dalam Islam banyak keutamaan hikmah puasa Ramadhan itu sendiri.

Gembira Menyambut Dan Menjalankan Puasa Ramadhan
Karena kegembiraan dalam rangka menyambut Ramadhan ini adalah modal utama bagi jiwa dan psikologi kita. Dengan kita merasakan perasaan gembira maka epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh dalam hal ini akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa ramadhan itu sendiri.

Makan Sahur
Agama Islam ini adalah agama yang mulia. Dibalik disunahkan bersahur banyak hikmah serta manfaatnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dan diriwayatkan oleh Anas, ia berkata: "Rasulullah SAW pernah bersabda : "Bersahurlah kamu, karena sesunhguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan." (HR.Bukhari).

Sahur merupakan saat di mana kita dapat memasok energi untuk beraktivitas dari pagi hingga petang nanti. Walau begitu, jangan makan berlebihan. Fokuslah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, buah atau sayuran, dan minum banyak air. Karena memang ini adalah maksud tujuan manfaat makan sahur ketika kita akan berpuasa.

Berbuka Dan Makan Bertahap
Jika waktu berbuka telah tiba, berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma, susu, ataupun jus buah. Hindari langsung mengkonsumsi banyak makanan. Sebab, ini hanya akan membuat perut terasa penuh karena selama berpuasa lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. 

Setelah salat magrib, baru lanjutkan dengan makan secukupnya.

Berbuka dengan yang manis dan disunnahkan dengan kurma. Rasulullah shallallahu ;alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud ).

Menghindari Makanan Fast Food
Tips sehat menjalankan puasa selanjutnya adalah menghindari makanan fast food. Selain sebagai salah satu makanan penyebab penyakit jantung, makanan fast food atau makanan cepat saji ini sangat tidak baik sekali jika disajikan sebagai menu makan sahur atau berbuka karena dapat menyebabkan gangguan dalam pencernaan, nyeri di ulu hati dan masalah berat badan.

Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup
Untuk mengembalikan cairan yang mungkin terkuras setelah seharian berpuasa tentu tubuh akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu ketika berbuka puasa dan sahur minumlah air yang banyak, selain menghindari dehidrasi ketika siang hari pada saat berpuasa, juga bisa memulihkan energi dalam tubuh.

Tips-Tips Puasa Sehat Ala Rasulullah
Ada beberapa cara berpuasa sehat seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW seperti yang terdapat pada sebuah buku Sehat Holistik karya Briliantoro agar kita tetap bisa sehat dan tetap beraktivitas seperti biasa antara lain :

Luruskan niat puasa hanya mengharap ridha Allah SWT semata. Lalu yang kedua adalah makan sahur dekat pada waktu imsak dan segerakan buka puasa pada waktu adzan Magrib.

Atur pola makan dengan baik, idealnya 50 persen pada sahur, 10 persen pada waktu buka puasa dan 40 persen setelah shalat tarawih merupakan poin ketiganya. Yang keempat adalah selalu usahakan makan makanan yang seimbang kadar kalori, nutrisi dan karbohidrat.

Pages