Unik Cokelat Rasa Rendang Hingga Soto - Seratospersen

Breaking

Unik Cokelat Rasa Rendang Hingga Soto


SERATOSPERSEN - Pernahkah Anda membayangkan cokelat dengan cita rasa makanan khas Indonesia seperti rendang, soto, nasi uduk, dan berbagai macam sambal Indonesia? Mungkin semua rasa itu terdengar aneh bila dicampur ke dalam cokelat, tapi Dapur Cokelat berhasil mewujudkan rasa itu ke dalam cokelat terbaru mereka.

Cokelat yang diberi nama Praline Nusantara ini termasuk dalam koleksi Cokelat Cinta Nusantara. Di dalamnya, ada 9 rasa kuliner Indonesia yang terdiri atas rendang, soto, nasi uduk, sambal pecel, sambal kecombrang, sambal goreng, rempeyek, kunyit asam, dan beras kencur.

Pendiri Dapur Cokelat Ermey Trisniaty mengatakan, sembilan rasa dalam Praline Nusantara dipilih karena kuliner sambal dan rempah merupakan identitas asli makanaan khas Indonesia.

"Biji cokelat dan bahan dasar lainnya yang digunakan pada Praline Nusantara ini juga semuanya berasal dari cokelat Indonesia," ujar Ermey saat jumpa pers peluncuran Praline Nusantara di Plataran Menteng, Jakarta, Senin 28 Mei 2018.

Menggabungkan makanan utama khas Indonesia ke dalam cokelat memang merupakan hal baru dalam dunia kuliner. Chef Vindex Tengker sebagai Advisor Asosiasi Culinary Profesional Indonesia menjelaskan, sebelumnya memang sudah ada penggabungan satu bahan rempah seperti cabai ke dalam cokelat, tapi masih satu bahan saja.

"Kemudian ada penambahan rasa asin manis seperti rasa salt caramel. Dengan begitu cokelat jadi tidak terlalu enek, malamya dibuat kombinasi biar tidak terlalu manis," ujar Vindex.

Vindex menambahkan, ide menggabungkan main course dengan dessert yang dilakukan Dapur Cokelat merupakan suatu sensasional. Meski begitu, cokelat di sini dibuat dengan memfokuskan pada bahan utama yang ada dalam main course khas Indonesia itu, bukan dengan mencampur cokelat dengan nasi uduk.

Kehadiran sembilan rasa kukiner Indonesia ke dalam koleksi terbaru Dapur Cokelat ini juga sekaligus sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-17 Dapur Cokelat. Bila penasaran, Anda bisa mendapatkan Praline Nusantara mulai 1 Juni mendatang dengan harga Rp100.000 per kotaknya.

Pages