Usia Masih Muda Kena Asam Urat? Ini Dia Solusinya - Seratospersen

Breaking

Usia Masih Muda Kena Asam Urat? Ini Dia Solusinya


SERATOSPERSEN - Bila selama ini yang kita dengar asam urat hanya menyerang orang-orang dewasa atau lanjut usia saja, maka itu sedikit bisa dibenarkan. Karena faktanya sekarang, ada orang yang masih di usia muda sudah mengidap penyakit asam urat juga.

Namun sebagian dokter mengasumsikan asam urat tersebut bukan asam urat yang akut. Bisa disebut sebagai hiperurisemia atau kelebihan kadar asam urat di dalam darah saja. Lantas bagaimana cara menurunkan kadar asam urat yang sudah  melebihi batas di usia muda?

Di usia muda kondisi masing-masing organ tubuh serta psikologis dianggap lebih bagus jika dibandingkan dengan orang yang sudah lanjut usia. Mengoptimalkan pengobatan yang diberikan pada kondisi tubuh yang masih mempunyai daya tahan tubuh yang bagus bisa mempercepat proses penurunan kadar asam urat. Berikut adalah cara menurunkan asam urat di usia muda.

Diet dengan menjauhi makanan yang kaya akan purin :
Diet merupakan kondisi setiap atau seseorang untuk mengurangi atau mengonsumsi makanan pantangan bagi pengidap asam urat. Anda perlu menghindari makanan yang rendah akan purin. Purin merupakan senyawa yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh yang juga ada di dalam beberapa makanan.

Banyak minum air putih :
Air bisa melancarkan metabolisme tubuh termasuk juga pada proses pembuangan racun atau detoksifikasi dengan menurunkan asam urat serta menurunkan pembentukan endapan disaluran kemih. Jadi biasakan anda mulai sekarang mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter per hari.

Konsumsi vitamin C :
Vitamin C juga bisa mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh Anda. Konsumsi vitamin C setiap hari sebanyak 500 mg. Sumber vitamin C terbaik bisa diperoleh dari buah jeruk dan nanas.

Olahraga :
Selain bisa menyehatkan sendi dan juga membuat badan menjadi segar bugar, olahraga juga bisa mengurangi berat badan untuk para penderita obesitas. Dengan begitu, Anda juga bisa mencegah bertambahnya kadar asam urat.

Tapi kondisikan tubuh Anda agar tetap dalam kondisi yang stabil dan tak terlalu lelah supaya tidak menambah kadar asam urat terlalu tinggi. Olahraga yang paling direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat adalah berenang, bersepeda, jogging dan lainnya.

Hindari minuman beralkohol :
Bila pada saat usia muda Anda sudah terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, maka hentikan secepat mungkin. Bila tidak, hal ini bisa picu kadar asam urat Anda semakin bertambah. Ganti pola minum Anda dengan konsumsi minuman yang sehat seperti air putih atau jus nanas yang kaya vitamin C.

Bisa mengatur stres :
Kondisi tubuh yang cukup rileks bisa memengaruhi kondisi dan sistem tubuh lainnya. Begitupula sebaliknya, bila stres melanda kondisi tubuh serta pola hidup kadang-kadang tidak rileks dan juga terganggu.

Stres adalah kekacauan mental atau emosional yang terjadi karena faktor External/luar. Meski stres tidak secara langsung berpengaruh pada penyakit asam urat tapi keduanya bisa saling memengaruhi. Seperti jenis penyakit lainnya, stres harus dihindari, tak hanya untuk pengidap asam urat saja.

Lantas bagaimana cara mengatur stres?
Langkah pertama, usahakan selalu punyai pikiran yang positif dalam segala hal atau masalah. Hal-hal yang sifatnya memberatkan pikiran perlu diubah menjadi pikiran positif.
Langkah kedua, jangan terlalu banyak pikiran. Atur satu per satu rencana atau kesibukan Anda secara teratur tanpa perlu dipikirkan dengan berat.

Istirahat cukup :
Selain mengatur stres, Anda perlu beristirahat yang cukup. Paling tidak, biarkan tubuh beristirahat selama 8 jam dalam sehari. Istirahat yang tercukupi bisa menstabilkan sistem metabolisme tubuh, sehingga kadar asam urat bisa dikendalikan.

Membatasi kalori sesuai kebutuhan :
Kalori adalah asupan makanan untuk energi tubuh. Tiap orang memiliki asupan kalori yang berbeda-beda, itu tergantung pada usia dan berat badan serta kondisi fisik. Asupan kalori yang seimbang bisa menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh juga.

Kekurangan kalori bisa sebabkan organ-organ tubuh tertentu bekerja kurang maksimal lantaran asupan kandungan yang diperlukan kurang. Pengidap asam urat akibat obesitas, perlu mengurangi berat badannya dengan memerhatikan kalorinya juga.

Makan makanan yang rendah lemak :
Lemak yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa saja tak diproses secara sempurna. Sehingga, picu munculnya kolesterol. Kolesterol ini bisa menghambat aliran darah sehingga bisa juga menghambat terdestruksinya purin oleh darah. Karena itu, Anda perlu mengurangi makanan yang tinggi akan lemak seperti daging merah atau jeroan. Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang rendah purin.

Pages