5 Penyebab Mioma Uteri Pada Wanita - Seratospersen

Breaking

5 Penyebab Mioma Uteri Pada Wanita


SERATOSPERSEN - Mioma uteri ialah jenis penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya sel-sel tumor di dinding rahim. Pertumbuhan sel tumor tersebut berasal dari sel otot rahim yang tumbuh secara abnormal. Mioma uteri ini biasanya menyerang wanita pada masa produktif dan biasa terjadi pada usia di atas 35 tahun.

Penyakit ini tidak memunculkan gejala yang spesifik, bahkan sebagian wanita tidak merasakan gejala apapun. Kalaupun ada, biasanya gejala yang muncul seperti rasa sakit berlebih saat menstruasi, nyeri pada perut atau punggung bagian bawah, sering berkemih, konstipasi, kemandulan dan masalah pada kehamilan.

Ukuran miom bervariasi pada setiap penderitanya, ada yang sangat kecil ada juga yang beratnya mencapai 5kg. Selain gejala, supaya kondisi ini dapat dihindari tidak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan munculnya mioma uteri pada wanita. Berikut sejumlah faktor yang bisa sebabkan mioma uteri.

Hormon
Ketidak seimbangan hormon menjadi salah satu dari faktor yang menyebabkan munculnya mioma uteri. Umumnya mioma uteri ini sering dihubungkan dengan hormon estrogen. Pada usia sekitar 16-50 tahun kadar hormon estrogen ini sedang tinggi-tingginya. Selain hal itu, meningkatnya hormon estrogen juga dapat dipengaruhi oleh berat badan yang berlebih (obesitas).

Genetik
Jika seorang wanita memiliki ibu atau saudara perempuan dengan mioma uteri, maka besar kemungkinan wanita tersebut juga akan mengalami penyakit serupa. Bahkan kondisi ini membuat wanita mempunyai resiko 2,5 kali lebih tinggi terkena mioma uteri dari pada mereka yang tidak mempunyai riwayat keluarga yang mengidap penyakit tersebut.

Pola hidup yang tidak sehat
Sering kali mengonsumsi daging yang belum matang membuat seseorang memiliki resiko tinggi terkena mioma uteri. Tidak hanya itu, konsumsi makanan dengan bahan pengawet juga turut berkontribusi. Penderitanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau untuk menekan dan mencegah kondisi yang semakin parah.

Infeksi jamur
Infeksi jamur ini biasanya menyerang wanita hamil yang pernah mengidap mioma uteri. Infeksi jumur juga dapat membuat miom tumbuh kembali walaupun sudah dilakukan pengangkatan.

Menstruasi dini
Bagi wanita yang mengalami menstruasi dini sebaiknya berhati-hati, karena wanita dengan kondisi ini biasanya terdeteksi memiliki mioma uteri. Hal ini dikarenakan hormon endrogen dan progesteron yang aktif dapat memunculkan miom pada rahim.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya mioma uteri pada wanita. Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh dan asupan makanan sangat penting supaya terhindar dari kondisi tersebut. Namun jika Anda sudah terlanjur terdiagnosis mioma uteri, pencegahan saja tidaklah cukup.

Pages