Air Terjun Tepi Laut Di Pantai Banyu Tibo Pacitan - Seratospersen

Breaking

Air Terjun Tepi Laut Di Pantai Banyu Tibo Pacitan


SERATOSPERSEN - Air Terjun Tepi Laut Di Pantai Banyu Tibo Pacitan, Air terjun dan pantai merupakan dua destinasi yang menjadi tujuan kunjungan wisata masyarakat. Keindahannya memang selalu menjadi magnet, yang mampu memikat siapa saja untuk menyambanginya. Namun, ternyata tidak perlu pergi ke dua tempat yang terpisah untuk bisa menikmati air terjun dan pantai.

Terdapat sebuah air terjun yang berada di tepi laut, yang mana airnya mengalir langsung ke pantai pasir putih. Perpaduan keindahan air terjun dan pantai tersebut dapat dinikmati di Pantai Banyu Tibo yang terletak di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. 

Bicara mengenai pantai, Pacitan yang di sebelah selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tentunya memiliki banyak pantai menawan. Pantai Klayar, mungkin menjadi pantai di Pacitan yang paling terkenal sekarang. Tapi, ternyata di pojok barat daya-nya terdapat sebuah pantai yang kini sedang naik daun, yakni Banyu Tibo.

Menuju Pantai Banyu Tibo
Perjalanan saya menuju Pantai Banyu Tibo terlaksana saat libur hari buruh pada tanggal 1 Mei 2018. Alih-alih berdemo, saya memilih untuk kembali melakukan penjelajahan yang memang hanya memungkinkan dilakukan di hari libur. Cukup siang saya memulai perjalanan karena saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB.

Beruntung kini tersedia teknologi bernama Google Maps yang bisa memandu saya menuju Pantai Banyu Tibo. Sebenarnya rutenya hampir sama dengan menuju PANTAI NAMPU yaitu lewat Wonogiri-Pracimantoro-Perempatan Giribelah, kemudian ke selatan menuju Kecamatan Paranggupito dan terus mengikuti jalan menuju Pantai Nampu.

Nantinya sebelum mencapai Pantai Nampu, terdapat percabangan jalan ke arah kiri dengan plang penunjuk jalan sederhana menuju Pantai Banyu Tibo. Belok ke arah kiri dan ikuti jalan yang lebih sempit. Bahkan nanti kondisi jalan berupa jalan cor khas desa sehingga bisa saja memunculkan keraguan apakah itu jalan yang benar. Namun tenang, karena jalan tersebut sudah benar.

Tarif masuk kawasan Pantai Banyu Tibo adalah sebesar Rp10.000,00 per orang. Usai membayar, jalan yang dilalui masih sempit dan merupakan jalan cor sehingga cukup menyusahkan untuk bersimpangan terutama mobil dengan mobil. Tidak lama kemudian perjalanan saya sampai di tujuan yaitu Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo
Ternyata begitu sampai di Pantai Banyu Tibo, sudah banyak kendaraan yang diparkir di sana, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga elf. Banyaknya kendaraan tentunya juga dibarengi dengan banyaknya pengunjung yang mengisi hari liburnya di Pantai Banyu Tibo ini. Saya memarkirkan motor di area parkir yang disediakan di ujung tebing.

Hari itu cuaca sangat cerah, tidak ada awan satu pun. Kawasan utama Pantai Banyu Tibo yang mana terdapat air terjun langsung mengalir ke pantai adalah di sebelah timur area parkir. Sebuah tulisan besar bertulisakan “Banyu Tibo” menjadi landmark pantai ini yang berlatar belakang kawasan pantai dengan air terjun.

Pantainya sendiri bagus karena berpasir putih. Meski demikian, pantai pasirnya hanya sempit sehingga tempat bermain ombak untuk pengunjung hanya sedikit. Selain itu aliran air terjun yang besar hanya ada satu saja sehingga pengunjung harus rela mengantre untuk bisa mandi di bawah air terjunnya.

Pesona kawasan Pantai Banyu Tibo tidak hanya ada di kawasan pantai pasir dengan air terjunnya saja. Kawasan tebing sebelah timur pantai pasir merupakan spot favorit untuk berfoto dengan latar belakang lautan yang luas. Pengunjung juga bisa menjepret panorama berupa air terjun yang mengalir langsung ke pantai dari sini, atau naik ke atas bukit untuk menikmati panorama.

Selain di sisi timur, terdapat pula spot panorama di tebing tepi laut sebelah barat parkiran Pantai Banyu Tibo. Pengunjung bisa menikmati panorama laut dengan ombaknya. Pemandangan ke sisi barat pun tidak kalah menarik dengan garis pantai yang memanjang. Bahkan Pantai Nampu pun akan turut terlihat di ujung barat.

Fasilitas penunjang wisata di Pantai Banyu Tibo sendiri sudah cukup lengkap. Tersedia kamar mandi dan toilet untuk mandi bagi mereka usai berbasah-basahan di pantai. Ada pula warung makan dan minuman jika haus dan lapar menyerang. Usai puas menikmati suasana di Pantai Banyu Tibo, saya melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Sekian artikel dari kami. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages