Beberapa Tempat Di Yogyakarta Yang Menjual Batik Murah - Seratospersen

Breaking

Beberapa Tempat Di Yogyakarta Yang Menjual Batik Murah


SERATOSPERSEN - Beberapa Tempat Di Yogyakarta Yang Menjual Batik Murah, Yogyakarta memang provinsi yang tiada duanya. Katanya, kalau Jogja itu terbuat dari rasa rindu, sepertiya memang benar. Banyak orang yang setelah berkunjung ke Jogja, terus pulang, saat itu akan merasakan rasa kangen ingin kembali ke Jogja.

Entah kenapa bisa kaya gitu, saya pun kurang memahaminya. Namun, menurut saya, Iklim di Jogja begitu mendukung kanyamanan. Mungkin dari adat istiadat, budaya, wisata, serta orang-orang asli Jogjanya yang ramah.

Itulah Jogja, provinsi yang kaya, mencari apapun di Jogja selalu ada. Langsung saja di mana tempat di Yogyakarta yang menjual Batik Murah?

Kebanyakan basa-basi saja, langsung aja dimana tempat di Yogyakarta yang menjual Batik Murah?

Sabar ya sabar. hehe..
Tapi ya seperti itulah Jogja, Propinsi yang kaya, dimana mencari apapun di Jogja selalu ada. Mau wisata, Jogja gudangnya, tidak pernah yang namanya kehabisan ide untuk meciptakan wisata baru. Orang-orangnya kreatif, penuh dengan ide-ide, sehingga setiap wisata punya ciri khas masing-masing.

Bukan hanya wisata, mau nyari yang namanya kerajinan di Yogyakarta juga merupakan pusatnya, dan yang sedang dicanangkan pemerintah adalah Batik. Hmm, ngomongin Batik di Jogja jelas banyak banget modelnya, wong orangnya kreatif-kreatif kok. 

Mulai dari kemeja batik, kaos batik, tas batik, sepatu batik, hingga ke souvenir yang bercorak batik juga ada. Nah, berikut ini merupakan tempat di Yogyakarta yang menjual Batik dengan harga yang murah. Sebenarnya masih ada banyak jika mau menelusuri semua penjual batik di Yogyakarta. 

1. Tempat yang menjual Batik Murah di Yogyakarta pertama adalah Pasar Beringharjo 
Pasar Beringharjo merupakan salah satu Pasar yang menjadi ikon kota Yogyakarta, apalagi letaknya yang ada di Pusat kota dan berlokasi dengan Malioboro, otomastis pasar ini akan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang strategis diantara pusat wisata seperti malioboro, benteng, keraton serta taman pintar menjadikan Pasar Bringharjo dijadikan para wisatawan unutk mencari oleh-oleh. Terutama pakaian batik ataupun souvenir.

Di Pasar Bringharjo sendiri, ada banyak jenis Batik yang akan membuat mata kamu terkesima. Model dan coraknya juga macem-macem, dari yang cetak sampai yang tulis, dari yang murah sampai yang mahal itu tersedia. Semua tinggal pinter-pinternya kamu memilih. Dan ingat ya, jika mau ke Pasar Bringharjo musti berani cerewet, maksudnya kamu musti berani menawar, untuk awalnya, tawarlah 50% dari harga awal.

Kalaupun naik lagi, jangan melebihi 75%, kecuali kalau kamu orang kaya serta membawa segepok rupiah yang jika habis tidak akan membuatmu kepikiran besok mau makan apa? hehehe...

2. Tempat murah yang menjual batik di Yogyakarta selanjutnya adalah di Sepanjang Jalan Malioboro
Siapa yang tidak mengenal Jalan Malioboro? ini merupakan ikon kota Jogja. Setiap wisatawan biasanya musti akan mampir disini untuk mencari oleh-oleh khas Yogyakarta. Meskipun ada Pasar Bringharjo yang cukup murah-murah harganya. Namun, di pinggir sepanjang jalan Malioboro juga menyuguhkan banyak toko yang menjual Batik maupun souvenir.

Khasnya disana, jalan di trotoar depan toko tidak bisa jejer berduaan, musti satu-satu. Soalnya penuh sesak, apalagi kalau simpangan sama orang yang gemuk dan berhenti lagi nanya-nanya baju, jalannya langsung ketutup. Hehehee..

Kalau kamu di Malioboro ada dua pilihan, mau membeli Batik dipedagang-pedagang sepanjang emperan Malioboro atau di toko toko sepanjang jalan Malioboro. Namun perlu diingat, jika belanja di pedagang emperan, kaya belanja di Bringharjo, harus nawar.

Kalau yang di toko, ada batik-batik dari brand ternaman, seperti Batik Danarhadi, Batik Keris, Batik Kencana Ungu dan masih banyak brand Batik ternama lainnya tinggal kamu susuri jalan Malioboro saja.Cari yang sesuai dengan isi dompetmu, jangan sampai dompetmu kehabisan cuma untuk belanja. Hehehe...

3. Tempat di Yogyakarta yang menjual batik murah ketiga adalah Mirota Batik
Nama Mirota sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga ya? kalau kamu ada di Sleman, pasti tidak asing dengan nama Mirota, identiknya sih supermarket dan mini market. Salah satu yang tersohor dan menjadi andalan para mahasiswa UGM maupun UNY adalah Mirota Kampus.

Namun bukan disitu yang akan dibahas, melainkan Mirota Batik, yang lokasinya berada di ujung selatan jalan Malioboro. Setiap ke Malioboro, orang musti bakal mengunjungi Mirota Batik. Karena masuk satu toko itu, kita sudah bisa mendapatkan apa yang menjadi ke khasannya Yogyakarta. Dari Batik, Souvenir, sampai jajanan ada disini. Komplit deh, tidak perlu bingung nyari toko.

Namun sekarang namanya sudah bukan mirota batik, melainkan Hamzah Batik. Kenapa sampai diganti namanya, itu bukan ranah saya untuk menceritakannya. Hehe

Di Mirota ( Hamzah Batik ) ada tiga lantai, lantai dasar itu ada berbagai macam pakaian Batik dan Kain Batik serta ditengah ada jamu khas Jogja. Seperti Wedang uwuh dan sejenisnya.

Kemudian naik ke lantai 2, disana berbagai macam kerajinan dan souvenir tersedia. Dari yang bahannya tradisional sampai yang berbahan perak. Dari yang kecil sampai yang besar, dari yang kuno sampai yang modern, ada semua. Biasanya pengunjung ke lantai 2 untuk membeli gantungan kunci yang bertuliskan Jogja. Atau gambar tugu jogja.

Untuk lantai 3nya saya belum pernah menaikinya, karena pengunjung kebanyakan cuma berada di lantai pertama dan kedua saja. Karena di kedua lantai tersebut saja, semua sudah ada. 
Oh ya, jika kamu beruntung, kamu akan menjumpai Ibu-Ibu yang sudah lansia sedang membatik tulis di Hamzah Batik ini, dan itu bisa jadi momen yang epic bagi kamu yang menyukai dunia Fotografi.

4. Tempat di Yogyakarta yang menjual batik murah keempat yaitu Kampung Batik Ngasem
Perlu kamu ketahui, bahwa beberapa sentra batik yang ada di Yogyakarta, itu berada di Ngasem. Lokasinya juga tidak jauh dari Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Kalau kamu mau mencoba kesana untuk melihat mereka memproduksi, kamu bisa memakai abang tukang becak yang ada disekitaran jalan Malioboro untuk mengantar, sekalian bernostalgia menaiki becak.

Abang tukang becak juga tidak hanya mengantar ke tempat Batik Ngasem, beliau akan menawarkan ke pusat oleh-oleh yang lain seperti Bakpia atau Kaos Dagadu. Kamu bisa sekalian tuh belanja. Sambil memberikan jatah ekonomi pada mereka. Boleh nawar ongkos becaknya kok, tapi kalau kamu berkecukupan, mending tidak usah nawar. Itung-itung berbagi. :-D

5. Tempat di Yogyakarta yang menjual batik murah yang terakhir adalah Desa Krebet
Kalau yang ini kemungkinan masih asing, yakni Desa Krebet. Merupakan salah satu dari desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa Krebet terletak di Kabupaten Bantul, sehingga cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Tapi jika mengunjungi Desa ini bisa tuh sekalian mampir ke Parangtritis atau Pantai Depok atau main selancar pasir di Pantai Parang Kusumo.

Di Desa Krebet ini kamu bisa mendapatkan produk-produk batik tapi yang bukan kain, seperti topeng batik, gelang batik atau sandal batik. Citra desa ini bertema sebagai sentra kerajinan kayu batik. Keren kan, butuh ornamen batik di Kayu, coba mampir aja kesini. Tidak cuma bisa beli langsung, tapi juga bisa melihat dan mengabadikan proses pembuatannya. Jadi wisata experience deh pokoknya.

Nah, itulah 5 tempat di Yogyakarta yang menjual Batik murah. Namun, semua juga tinggal kamu pandai menawar atau tidak? serta budgetmu sendiri bagaimana, hehe.

Karena murah bagi orang lain belum juga murah bagi kita, terutama bagi saya, yang kantongnya kantong mahasiswa era 2000'an awal.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages