Cara Mengobati Dan Membasmi Kutu Kepala - Seratospersen

Breaking

Cara Mengobati Dan Membasmi Kutu Kepala


SERATOSPERSEN - Kutu kepala atau Pediculus humanus capitis, pada dasarnya merupakan parasit yang hidup pada  kulit kepala. Kutu kecil ini makan, hidup dan berkembang biak pada kulit kepala manusia. Karena kutu ini bukan termasuk kutu bersayap, maka cara penularannya adalah dengan cara kontak head-to-head secara langsung  saat bermain bersama, tidur bersama, berpelukan bekerja bersama-sama atau aktifitas lainnya yang berhubungan dengan kontak kepala. Infekasi kutu juga dikenal sebagai pedikulosis.  Penularan kutu umumnya terjadi pada anak-anak.

Pengobatan Kutu
Untuk penghapusan kutu kepala secara efektif, pengobatan dengan segera dianjurkan bagi sesorang yang didiagnosis dengan kutu aktif. tindakan segera diperlukan karena kutu dapat ditularkan dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya. Siapa pun yang menjalin kontak dekat dengan seseorang yang  memiliki kutu akan berisiko untuk tertular. Kontaminasi barang-barang pribadi seperti sisir, handuk dan pakaian dapat menyebarkan kutu dari satu orang ke orang lainnya. Berbaring di tempat tidur yang sama atau sofa atau menggunakan bantal yang dimiliki orang yang terkena kutu dapat menyebabkan seseorang tertular oleh kutu rambut.

Gejala Kutu kepala
Kutu mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain dengan cepat. Ada beberapa hal yang mungkin menandakan bahwa seseorang telah dihinggapi kutu rambut:
  • Rasa geli yang disebabkan oleh sesuatu yang bergerak pada kepala
  • Gatal di garis rambut dan di tengkuk
  • Pada anak-anak akan menyebabkan ekspresi marah karena mereka tidak bisa mengungkapkan ketidaknyamanan yang terjadi di kepalanya.
  • Terdapat telur kutu pada kepala yang menandakan terdapat kutu di kepala
  • Koreng pada kulit kepala
  • Infeksi karena luka di kulit kepala
  • Kulit kepala gatal, tetapi tidak semua kulit kepala merasakan kepala gatal.

Kutu dapat dilihat dengan cara melihatnya secara dekat  pada rambut dan kulit kepala. Mungkin sulit untuk menemukan kutu yang tinggal di kepala karena mereka akan lari dan bersembunyi di balik rambut. Namun, telur kutu akan lebih mudah ditemukan dekat dengan kulit kepala disekitar pangkal rambut. Gatal dan iritasi yang terjadi pada kulit kepala disebabkan oleh reaksi kulit terhadap air liur kutu, menggaruk kulit kepala yang gatal karena kutu dapat memperburuk keadaan karena dapat menyebabkan kulit kepala rusak dan luka. Hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi karena ada kemungkinan terjadi infeksi sekunder pada lokasi memar dan luka, yang selanjutnya dapat menyebabkan infeksi.

Penyebab Kutu kepala
Seperti disebutkan sebelumnya, kutu parasit Pediculus humanus capitis menyebabkan apa yang biasa kita sebut sebagai masalah kutu rambut. Seseorang memiliki resiko untuk tertular kutu kepala apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:
  • Kontak kepala kontak dengan orang yang memiliki kutu.
  • Berbagi pakaian atau barang yang digunakan oleh orang yang memiliki kutu.
  • Menggunakan tempat tidur yang sama, sofa atau bantal dari orang yang memiliki kutu.
  • Menggunakan sisir, pengikat rambut, kerudung, topi atau apapun yang dikenakan di kepala orang yang memiliki kutu.

Kutu juga umum terjadi pada orang yang tidak menjaga kebersihan pribadi, khususnya kebersihan bagian kepala..

Obat untuk kutu kepala
Kutu kepala banyak terjadi pada kalangan anak-anak usia sekolah, jika seseorang terserang oleh kutu kepala sebaiknya segera diatasi untuk menghindari terjadinya komplikasi dan penyebaran kutu pada orang lain. Ada dua cara untuk mengatasi kutu kepala, yaitu pengobatan yang dapat diberikan melalui penggunaan produk komersial seperti shampoo khusus untuk membasmi kutu dan cara alami untuk mebasmi kutu.

Pengobatan kutu kepala dengan bahan kimia
Pengobatan kimia melibatkan penggunaan obat over-the-counter (OTC) atau obat resep. Perawatan kimia untuk membasmi kutu dapat membunuh kutu beserta telurnya. Namun mungkin diperlukan waktu selama beberapa hari sebelum gatal berhenti. Obat oral juga dapat membantu untuk membunuh kutu resisten. Obat OTC yang direkomendasikan untuk pengobatan kutu biasanya berisi salah satu dari bahan aktif berikut ini:
  • Pyrethrins yang dikombinasikan dengan piperonil butoksida
  • Permetrin lotion 1%

Bahan-bahan ini juga dapat digunakan untuk membasmi kutu, meskipun hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.
  • Malathion lotion 0,5%
  • Benzly alkohol Lotion 5%
  • Lindane shampoo 1%

Cara terbaik adalah  berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum membeli obat apapun untuk pengobatan kutu kepala, terutama jika digunakan pada anak-anak dan remaja. Beberapa bahan kimia yang digunakan untuk membasmi kutu mungkin keras dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan rambut.

Terlepas dari penggunaan bahan-bahan tersebut, apa lagi yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa kutu tidak kembali ke kepala Anda?
  • Semua pakaian dan barang-barang pribadi yang digunakan oleh orang yang terkena kutu harus dicuci dengan air panas dan disinfektan.
  • Tempat tidur, linen, karpet, dan furniture harus disedot.
  • Petunjuk tentang produk pembasmi kutu seperti shampoo harus diikuti dengan hati-hati, karena kadang produk yang digunakan mengandung insektisida yang dapat mebhayakan tubuh.
  • Jangan pernah menggunakan obat pembasmi kutu melebihi dari jumlah yang ditetapkan.
  • Hindari menggunakan obat kutu kepala yang berbeda pada saat yang sama, kecuali telah direkomendasikan oleh dokter untuk melakukannya.

Cara alami membasmi kutu kepala
Solusi alami akan jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia untuk membasmi kutu, apa lagi jika digunakan pada anak-anak yang kadang kulitnya masih belum kuat untuk paparan bahan kimia berbahaya. Beberapa cara alami yang populer ini dapat dilakukan untuk mebasmi kutu kepala yang mengganggu:
  • Gunakanlah sisir dengan gigi rapat untuk mengambil kutu yang menempel pada rambut, akan lebih baik jika Anda menggunakannya setelah keramas.
  • Gunakanlah obat herbal seperti minyak pohon teh, yang dikenal untuk antibakteri dan antijamur

Tidak ada pengobatan alami yang dapat membunuh telur kutu (nits) sepenuhnya, namun Anda dapat mengambilnya secara manual dengan menggunakan tangan. Menggunakan sampo kutu dan mengambilnya dengan menggunakan sisir kutu akan lebih efektif untuk menyingkirkan kutu dari kepala  Anda.  

Saran untuk Pengobatan Kutu Kepala
Tidak ada pediculicide yang disetujui dan benar-benar ovisidal, Anda harus menjalani pengobatan ulang setelah semua telur menetas, tapi sebelum telur baru diproduksi oleh kutu-kutu dewasa. Sesuai pernyataan yang dikeluarkan oleh The American Academy of Pediatrics, pengobatan kutu kepala dapat dilakukan hanya jika ada diagnosis yang jelas bahwa kutu kepala benar-benar ada dikepala seseorang, karena semua perawatan untuk masalah ini memiliki beberapa potensi efek samping. Jadi,  berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan atau dokter kulit sangat diperlukan jika tidak yakin tentang keberadaan kutu kepala.

Membasmi  kutu kepala mungkin tidak cocok untuk wanita hamil, perempuan menyusui, dan bayi berusia kurang dari 12 bulan. Orang yang memiliki alergi, luka terbuka di kulit kepala, dan orang yang menderita asma harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani pengobatan kutu kepala. Menjaga kebersihan pribadi adalah cara terbaik untuk mencegah kutu kepala tumbuh subur di kepala.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages