Ciri-Ciri Penyakit TBC Paru-paru Yang Perlu Diwaspadai - Seratospersen

Breaking

Ciri-Ciri Penyakit TBC Paru-paru Yang Perlu Diwaspadai


SERATOSPERSEN - Ciri-Ciri Penyakit TBC Paru-paru Yang Perlu Diwaspadai, Hingga saat ini, TBC masih tetap menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menelan korban jiwa. TBC bersifat menular, sehingga penyebarannya pun dapat berkembang dengan sangat cepat dan sulit untuk dikendalikan. Di Indonesia, TBC sudah banyak menelan korban jiwa, serta masuk ke dalam peringkat 5 kasus TBC se-Asia Tenggara.

TBC juga setidaknya telah merenggut jutaan orang dengan angka hampir sepertiga di dunia setiap tahunnya. Selain itu, warga di Indonesia pun terkadang sulit dan kurang kesadaran untuk berobat. Sehingga, proses penyembuhannya bisa dikatakan sangat sulit.

Gejala TBC didominasi oleh batuk biasa, sehingga kebanyakan masyarakat menganggap batuk tersebut dapat sembuh dengan sendiri tanpa perlu melakukan pengobatan. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri TBC yang patut untuk Anda waspadai.

Selain itu, warga di Indonesia pun terkadang sulit dan kurangnya kesadaran untuk berobat. Sehingga proses penyembuhannya pun bisa dikatakan sangat sulit. Gejala TBC pun didominasi oleh batuk biasa, sehingga kebanyakan masyarakat menganggap batuk tersebut dapat sembuh dengan sendiri tanpa perlu melakukan pengobatan.

Ciri-ciri TBC Paru-paru
Adapun beberapa ciri-ciri TBC paru-paru yang paling umum terjadi pada orang dewasa, serta mudah dikenali sebagai berikut :

Batuk disertai dahak
Pada penderita TBC, batuk berdahak dapat terjadi dalam kurun waktu lama untuk dapat sembuh kembali. Ketika pengidap TBC batuk serta mengeluarkan dahak, kemungkinan lingkungan disekitarnya dapat tertular melalui dahak atau udara yang tercemar oleh virus TBC.

Batuk Berdarah
Ini merupakan gejala yang paling umum dari TBC paru-paru. Serta batuk disertai darah pun sudah dikenal orang awam sebagai gejala dari penyakit TBC. Hal ini dapat terjadi setelah bakteri TNC telah menyebar ke paru-paru. Serta menyebabkan infeksi hingga mengeluarkan darah yang keluar saat pengidap batuk.

Dada terasa nyeri saat bernapas
Hal ini dapat terjadi ketika paru-paru telah terinfeksi oleh kuman TBC (Mycobacterium ruberculosis) yang menjadi lemah serta tidak normal melalui proses pernapasan. Sehingga membuat penderitanya merasa tersiksa karena rasa nyeri dalam setiap kali bernafas.

Selain beberapa ciri umum di atas, TBC paru-paru pun memiliki gejala seperti di bawah.
  • Demam disertai mengigil
  • Mengalami penurunan nafsu makan
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Adanya infeksi pada bagian tulang
  • Urine keruh ataupun berwarna merah
  • Mudah lemah dan lelah
  • Kejang-kejang
  • Keringan berlebih saat malam hari
  • Munculnya benjolan yang kian hari semakin membesar.

Gejala ataupun ciri-ciri dari penyakit TBC memang mudah dan umum diketahui. Oleh sebab itu, setelah mengetahui gejalanya Anda pun kami sarankan untuk segera lakukan pengobatan. Sebelum keadaan penyakit TBC dalam tubuh Anda terus memburuk hingga membahayakan diri Anda sendiri.

Karena TBC termasuk ke dalam jenis penyakit berbahaya serta membahayakan, sehingga pengobatan yang harus dilakukannya pun harus yang serius. Yang memang mampu mengobati TBC Anda secara nyata. Bukan hanya pengonsumsian obat yang tidak bisa didapatkan hasilnya.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages