Diet Rendah Karbohidrat Untuk Menurunkan Berat Badan - Seratospersen

Breaking

Diet Rendah Karbohidrat Untuk Menurunkan Berat Badan


SERATOSPERSEN - Diet Rendah Karbohidrat Untuk Menurunkan Berat Badan, Diet rendah karbohidrat adalah diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari tabel indeks glikemik. Secara umum, diet rendah karbohidrat adalah menurunkan konsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Dalam system metabolism tubuh akhirnya karbohidrat akan diubah menjadi pati, gula sederhana dan glukosa, zat-zat tersebut akan diubah menjadi kalori di dalam tubuh. Bagi orang-orang yang mengalami obesitas, atau mereka yang menderita berbagai masalah kardiovaskular, disarankan untuk melakukan diet rendah karbohidrat.

Ada banyak jenis diet yang membatasi jumlah asupan karbohidrat sederhana namun ada juga diet karbohidrat rendah yang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk apapun. Pendekatan yang paling populer dalam diet rendah karbohidrat adalah ‘tidak mengkonsumsi makanan berwarna putih’. Hal ini berarti bahwa seseorang harus menghindari semua bentuk karbohidrat dari makanan yang berwarna putih. Ini mencakup semua jenis makanan yang mengandung gula sederhana seperti kentang, ubi jalar, tepung halus putih, dan nasi putih.

Kebanyakan dokter dan ahli diet, merekomendasikan agar diet rendah karbohidrat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, dan dilakukan secara bertahap. Aturan terbaik dalam diet rendah kalori adalah dengan memulai mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat seperti roti cokelat dan beberapa jenis makanan lainnya dan bukan menghindari karbohidrat sepenuhnya.

Karbohidrat merupakan bagian utama dari menu makan hampir seluruh manusia di seluruh dunia, dan tidak boleh ditinggalkan sepenuhnya karena merupakan sumber energy bagi tubuh. Menurut piramida makanan USDA, karbohidrat penting bagi tubuh karena karbohidrat merupakan sumber dari sebagian besar produksi energi dalam tubuh. Idealnya, diet rendah karbohidrat adalah mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sekitar 40% dari total energi yang berasal dari karbohidrat.

Rencana diet rendah karbohidrat harus mencakup berbagai bahan makanan dengan kandungan karbohidrat rendah sehingga tubuh tidak kekurangan karbohidrat. Juga, jika Anda berencana untuk menurunkan jumlah asupan karbohidrat dalam menu makan Anda, yang terbaik adalah dengan  melakukannya secara perlahan-lahan dan bertahap, sedikit demi sedikit setiap hari. Sebetulnya sangat mudah untuk mengubah kebiasaan pola makan Anda menjadi diet rendah karbohidrat yaitu dengan membiasakan meninggalkan pola makan lama Anda. Misalnya, mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi setiap harinya. Hal ini akan menjadi awal yang baik untuk memulai diet rendah karbohidrat. Mengganti nasi putih dengan beras merah dan tepung halus dengan tepung gandum. Dengan cara ini, Anda masih tetap mendapatkan asupan karbohidrat, tetapi bukan karbohidrat yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Alternatif lain untuk menghilangkan karbohidrat dari pola makan Anda adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan protein tinggi. Kuantitas karbohidrat di sini diganti dengan protein tinggi, yang juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Sebagian besar diet rendah karbohidrat adalah membuat pengganti karbohidrat dengan protein. Hal ini tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, akan tetapi juga sangat baik bagi mereka yang ingin membentuk tubuh dan menambahkan massa otot.

Namun, menambahkan protein bukanlah hal yang mudah bagi Anda yang vegetarian rendah karbohidrat. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi, sekaligus meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran dalam pola makan Anda.

Pengaruh Diet Rendah Karbohidrat Terhadap Kesehatan
Diet rendah karbohidrat bagi penderita diabetes juga perlahan-lahan mendapatkan popularitas. Kebanyakan dokter menyarankan kepada pasien diabetes untuk mengikuti diet rendah karbohidrat  sehingga glukosa darah bisa tetap di bawah kontrol. Namun, diet rendah karbohidrat bukan berarti bahwa Anda harus benar-benar menghilangkan jejak karbohidrat dari pola makan Anda. Diet rendah karbohidrat berarti bahwa Anda mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi sehari-hari, atau menukar karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks dan serat.

Diet rendah karbohidrat, yang mencegah untuk mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran, tidak dianggap sebagai alternatif diet rendah karbohidrat yang baik. Bahkan, informasi diet rendah karbohidrat yang mengabaikan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran harus segera ditinggalkan. Sayuran non tepung tidak hanya rendah karbohidrat, tetapi juga merupakan sumber yang sangat baik dari berbagai nutrisi dan mikronutrien.

Sebagian besar konsultan diet menyarankan mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks sehingga Anda masih akan terus mendapatkan asupan serat dalam diet Anda. Karena serat tetap tercerna, maka akan dapat membantu mengurangi dampak dari gula dan glukosa pada darah. Diet rendah karbohidrat yang banyak mengandung lemak hewani dan protein juga dianggap baik untuk kesehatan selama dilakukan dengan benar.

Ada juga sebuah kepercayaan populer bahwa diet rendah karbohidrat dapat merusak ginjal; namun hal ini belum terbukti dan masih diragukan kebenarannya. Yang benar adalah orang-orang yang memiliki masalah dengan ginjal dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah protein karena protein dapat merusak ginjal. Hal ini penting bagi orang dengan gangguan ginjal untuk mengkonsumsi bahan makanan  yang tidak terlalu tinggi kandungan proteinnya atau  rendah karbohidrat. Orang-orang dengan kondisi  seperti dapat mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan sayuran.

Diet rendah karbohidrat tidak selalu tinggi protein dan karena itu semua gangguan yang berhubungan dengan diet protein tinggi, tidak otomatis terkait dengan diet rendah karbohidrat juga. Bagi mereka yang rentan terhadap gangguan ginjal dan osteoporosis atau gangguan tulang degeneratif lainnya, sangat disarankan agar mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan protein sedang.

Apakah Pengaruh Diet Rendah Karbohidrat Dan Tinggi Protein Bagi Tubuh?
Karbohidrat adalah sumber utama energi dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi bahan makanan dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat sederhana akan menyebabkan situasi di mana tubuh harus membakar lemak untuk energi. Ini bagus ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. Namun, jika secara tiba-tiba merubah ke diet protein tinggi ke karbohidrat rendah akan membawa masalah kesehatan sendiri. Tubuh mungkin akan mengalami sejumlah masalah kesehatan karena mengalami  kelebihan beban. Masalah ginjal adalah merupakan masalah yang umum bagi orang yang mengkonsumsi protein dalam jumlah yang tinggi tanpa menyeimbangkan diet dengan cara yang sehat dan efektif. 

Apa pengaruh diet rendah karbohidrat terhadap berat badan?
Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh manusia. Diet rendah karbohidrat akan menyebabkan situasi di mana tubuh tidak memiliki cukup bahan bakar untuk menghasilkan energi. Dalam situasi seperti itu, tubuh harus membakar lemak untuk menghasilkan energi. Hal ini merupakan  proses dimana diet rendah karbohidrat dapat secara efektif akan menurunkan berat badan. Namun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti misalnya berkurangnya asupan gula ke dalam tubuh yang akan menyebabkan tubuh mengalami kekurangan zat gula. Untuk menurunkan berat badan akan  jauh lebih sehat jika mengikuti diet seimbang dengan olahraga.

Diet Vegan dan darimana pelaku diet vegan memperoleh kalori?
Diet vegan adalah jenis diet vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, telur, produk susu dan semua produk hewani yang diturunkan. Serta banyak juga orang diet vegan yang tidak mengonsumsi makanan yang diproses menggunakan produk hewani.

Para “penganut” diet Vegan cenderung tidak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung karbohidrat sehingga asupan kalori berkurang yang juga secara otomatis akan berat badan berkurang juga sehingga indeks massa tubuh menjadi rendah dengan deposit lemak dalam tubuh juga rendah.

Para pelaku diet vegan memperoleh kalori dari buah, sayuran dan biji-bijian yang mereka konsumsi sehingga tetap masih memperoleh kaluri untuk menjalankan aktifitas fisik sehar-hari mereka.

Pola makan yang dilakukan oleh kaum vegan adalah dengan mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan serta jumlah yang tidak terbatas dalam menggabungkan semua produk makanan tersebut. Meskipun mereka adalah vegetarian namun saat ini telah banyak produk untuk mereka yang menyerupai hot dogs, es krim, keju atau mayonnaise dengan bahan baku tumbuh-tumbuhan yang memang diperuntukkan bagi kaum vegan.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages