Eropa Dan Kanada Kutuk Kebijakan Bea Cukai AS - Seratospersen

Breaking

Eropa Dan Kanada Kutuk Kebijakan Bea Cukai AS


SERATOSPERSEN - Berbagai negara yang selama ini merupakan sekutu AS, mengutuk kebijakan tarif bea masuk mulai yang mulai diberlakukan pemerintahan Trump hari Jumat (1/6).

Kecaman terhadap pajak impor atas baja dan aluminium dari Uni Eropa, Kanada, dan Meksiko juga dilontarkan para anggota Kongres partai Republik sendiri.

Para pemimpin negara-negara yang terkena bereaksi marah, menegaskan untuk melakukan langkah pembalasan memberlakukan cukai terhadap barang dari AS, mulai dari baja hingga kantong tidur dan pulpen.

Presiden Prancis mengatakan kepada Trump melalui telepon bahwa langkah AS itu "ilegal".

Emmanuel Macron menegaskan kepada Presiden Donald Trump bahwa Uni Eropa akan menanggapi langkah AS dengan cara yang "tegas dan proporsional", kata Istana Elysee.

Presiden Prancis biasanya memiliki hubungan baik dengan mitranya, presiden Amerika Serikat.

Trump berdalih bahwa produsen baja dan aluminium AS sangat penting untuk keamanan nasional mereka, dan terancam oleh melimpahnya pasokan global.

Dalih itu ditepiskan para sekutunya. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebut ucapan Trump itu tidak pantas. "Bahwa Kanada dianggap ancaman keamanan nasional terhadap Amerika Serikat, sungguh tidak dapat dibayangkan," katanya.

Penentangan luas
Menteri Perdagangan Internasional Inggris Liam Fox mengatakan, pungutan 25% yang diberlakukan atas baja "benar-benar tidak masuk akal". Dia mengecam langkah pemerintahan Trump yang disebutnya "jelas merupakan proteksionisme." Ia mengatakan, "akan sangat disayangkan jika kita akhirnya terlibat dalam sengketa perdagangan dengan sekutu terdekat kita."

Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray mengatakan negaranya juga akan mengenakan bea masuk: "Posisi Meksiko dalam perdagangan atau imigrasi, atau keamanan, atau di bidang kerjasama apa pun dengan Amerika Serikat, tidak akan berubah oleh retorika ofensif atau tindakan sepihak yang tidak dapat dibenarkan seperti (kebijakan) ini. Kami akan terus membela kepentingan Meksiko, seperti yang telah kami lakukan selama ini. "

Penentangan terhadap pengenaan bea masuk juga muncul dengan lantang dari para anggota Kongres, bahkan dari kalangan partai Republik sendiri.

"Saya tidak setuju dengan keputusan ini," kata ketua DPR Paul Ryan, tokoh partai Republik yang paling berpengaruh di Kongres, dalam sebuah pernyataan.

"Tindakan yang dilakukan hari ini tertujiu kepada sekutu Amerika, padahal seharusnya kita harus bekerja dengan mereka untuk mengatasi praktik perdagangan yang tidak adil dari negara-negara seperti Cina," katanya.

Sementara ketua Kevin Brady mengatakan: "Bea masuk ini menyasar target yang salah." Eropa, Meksiko dan Kanada, menurutnya, "bukan masalah - Cina adalah masalah", tambahnya.

Apa arti bea masuk ini?
Donald Trump pertama kali mengumumkan rencana pemberlakuan tarif pada bulan Maret lalu, tetapi memberikan beberapa pengecualian sambil dilakukannya negosiasi dengan negara tertentu.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan pada hari Kamis bahwa pembicaraan dengan Uni Eropa, Kanada dan Meksiko belum mencapai kemajuan yang berarti bagi dilakukannya penundaan tarif bea masukitu.

Tarif yang mulai berlaku hari Jumat itu adalah 25% untuk baja dan 10% untuk aluminium.

Bea masuk berlaku untuk berbagai barang seperti pelat baja, lembaran, gulungan, gulungan aluminium, dan tabung - bahan mentah yang digunakan secara luas di seluruh manufaktur AS, konstruksi, dan industri minyak.

Ross mengatakan presiden memiliki wewenang untuk menaikkan tarif atau mengubahnya setiap saat, dan ada ruang untuk "fleksibilitas".

"Kami tetap sangat bersedia dan memang ingin berdiskusi dengan semua pihak," kata Ross.

Tindakan apa yang dilakukan Kanada, Meksiko, dan Eropa?
Kanada mengatakan mulai 1 Juli akan memberlakukan tarif bea masuk hingga 25% pada sekitar produk AS senilai $13 miliar. Antara lain untuk berbagai jenis baja Amerika, serta barang-barang konsumen seperti yoghurt, wiski dan kopi.

Kementerian ekonomi Meksiko merencanakan pajak baru untuk baja, berbagai produk babi, apel, anggur, blueberry dan keju.

Sementara tarif baru Eropa yang akan merupakan langkah balasan, mencakup 10 halaman, berkisar dari besi cor hingga kacang merah dan tembakau.

Mereka juga mengumumkan akan mempermasalahkan AS di Organisasi Perdagangan Dunia.

Apa dampak ekonomi semua itu?
Kanada, Meksiko, dan UE mengekspor baja dan aluminium dengan nilai total $23 miliar (Rp320 triliun) ke AS pada tahun 2017 - hampir setengah dari total impor baja dan aluminium AS sebesar $48miliar (Rp660 triliun)tahun lalu.

John Anton, analis dari IHS Markit memperkirakan dampak kebicajakan ini akan terdistribusi secara luas, membuat dampaknya pada kenaikan harga di luar AS bisa dikendalikan.

Itu membuat Amerikalah yang akan menanggung beban dari dampak ekonominya, yang menurut para ekonom akan muncul dalam bentuk kenaikan harga dan hilangnya lapangan kerja - dan sebuah perkiraan menyebut AS akan kehilangan 470.000 lapangan kerja.

Harga baja di AS sejauh ini sudah melonjak akibat ketidakpastian situasi.

IHS Markit memprediksi harga baja AS akan naik sekitar 10% lebih dalam beberapa bulan mendatang.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross menepiskan kekhawatiran tentang kenaikan harga dan berkilah bahwa dampaknya akan minimal.

Tetapi para analis mencemaskan bahwa industri tertentu, seperti manufaktur, bisa terkena dampak yang parah.

Levy menambahkan bahwa kendati dampak ekonomi secara keseluruhan mungkin bisa relatif sederhana, namun keputusan untuk memperluas pemberlakukan tarif kepada sekutu AS memicu kekhawatiran tentang ancaman lain yang bisa muncul dari pemerintah Trump.

"Lagkah itu sendiri mungkin tidak signifikan secara kuantitatif," katanya. "Tetapi ini merupakan preseden yang mengerikan."

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages