Gejala Dan Tanda Kanker Payudara - Seratospersen

Breaking

Gejala Dan Tanda Kanker Payudara


SERATOSPERSEN - Gejala Dan Tanda Kanker Payudara, Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyebutkan bahwa kanker payudara dan kanker serviks (kanker leher rahim) adalah merupakan kanker yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Dua penyakit ini menduduki peringkat tertingi kasusnya di seluruh Rumah Sakit (RS). Dari catatan yang diperoleh dari Sistem Informasi RS (SIRS), jumlah pasien rawat jalan maupun rawat inap pada kanker payudara terbanyak yaitu 12.014 orang (28,7%) dan kanker serviks 5.349 orang (12,8%).

Jumlah tersebut kemudian disusul dengan kanker lainnya yaitu leukimia sebanyak 4.342 orang (10,4%, lymphoma 3.486 orang (8,3%) dan kanker paru 3.244 orang (7,8%). Sementara berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi kanker di Indonesia sendiri sudah mencapai 1,4 per 1000 penduduk, dan merupakan penyebab kematian nomor tujuh.

Permasalahan kanker di Indonesia tidak jauh berbeda dengan negara berkembang lainnya, yaitu sumber dan prioritas penanganannya yang masih sangat terbatas. Penanganan penyakit kanker di Indonesia menghadapi berbagai kendala yang menyebabkan hampir 70% penderita ditemukan dalam keadaan sudah stadium lanjut.
Melihat data diatas, mengenali gejala dan faktor resiko terjadinya kanker payudara sangat penting untuk dilakukan, karena kebanyakan kanker payudara disadari oleh penderitanya setelah mencapai stadium lanjut.

Keterlambatan penanganan kanker payudara akan menyebabkan penanganannya lebih sulit untuk dilakukan karena kanker telah menyebar ke area sekitar payudara. Mengetahui gejala-gejala yang mendahului terjadinya serangan kanker payudara akan membantu seseorang untuk mendapatkan penanganan lebih cepat sebelum kanker yang sangat mematikan ini menyebar ke area disekitarnya. Berikut ini beberapa gejala dan tanda-tanda kanker payudara yang penting untuk Anda ketahui:
  • Benjolan yang terjadi di payudara atau ketiak
  • Keluarnya cairan dari puting (bening atau berdarah) diluar masa menyusui
  • Kemerahan atau ruam di payudara
  • Nyeri pada payudara dan / atau puting
  • Puting memanjang atau terbalik
  • Kulit bersisik pada puting susu
  • Pembengkakan aneh pada bagian payudara
  • Dimpling atau penebalan kulit di bagian payudara
  • Peningkatan ukuran payudara yang terjadi secara mendadak.
  • Kulit gatal pada payudara yang tidak berkurang dengan pengobatan krim atau obat lainnya
  • Perubahan warna payudara
  • Payudara terasa hangat jika disentuh atau lebih keras dari biasanya

Gejala-gejala ini dapat terjadi hanya satu jenis gejala saja atau diikuti dengan gejala lainnya. Jika terdapat gejala seperti telah disebutkan diatas kemungkinan seseorang telah terindikasi awal terkena  kanker payudara. Samgat penting untuk segera dilakukan diagnose jika seseorang telah mengalami gejala-gejala tersebut. Ingat, deteksi dini adalah cara terbaik untuk mengobati dan menyembuhkan kanker payudara.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages