Makanan Sehat Mencegah Kanker Payudara - Seratospersen

Breaking

Makanan Sehat Mencegah Kanker Payudara


SERATOSPERSEN - Makanan Sehat Mencegah Kanker Payudara, Jenis macam makanan sehat pencegah kanker payudara pada wanita memang perlu untuk diketahui. Mengingat bahwasannya jumlah penderita penyakit kanker payudara tidak sedikit jumlahnya.

Kanker merupakan kondisi ketika sel kehilangan kendali dan mekanisme normalnya, sehingga tumbuh secara tidak normal, cepat dan tak terkendali. Kanker payudara adalah jenis kanker yang bermula dari jaringan payudara. 

Bersama dengan Kanker Serviks, kanker payudara ini adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh kaum wanita.

Sebelum kita menginjak pada permasalahan kanker yang ada di kaum wanita perempuan ini, maka sedikit kita akan belajar bersama mengenai penyebab tanda gejala ciri kanker payudara.

Penyebab kanker secara umum dan secara medis belum diketahui secara pasti. Akan tetapi penyebab kanker kerapkali dihubungkan dengan faktor resiko faktor pencetus pemicu terjadinya penyakit kanker.

Banyak yang percaya bahwa membiasakan Hidup Sehat mampu membantu mengurangi resiko terkena kanker. Beberapa makanan seperti minyak ikan dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker. 

Faktor resiko penyebab kanker payudara bisa dikarenakan oleh hal-hal sebagai berikut :
  • Faktor Genetik (Keturunan).
  • Karsinogen.
  • Pola hidup pola makan.
  • Alkohol.

Tanda Gejala Kanker Payudara
Pada mula dan awalnya kanker payudara mungkin tidak menimbulkan tanda yang jelas, hanya sebuah tonjolan yang mungkin terlalu kecil untuk dirasakan atau tidak menyebabkan perubahan jelas yang bisa di amati.

Dalam beberapa kasus, tanda pertama dari kanker payudara adalah timbulnya benjolan baru di payudara atau di ketiak yang bisa di rasakan.

Ada beberapa tanda dan gejala-gejala penyakit kanker payudara yang bisa dikenali antara lain :
  • Timbul benjolan kecil di payudara atau ketiak, yang tetap ada bahkan setelah masa menstruasi.
  • Bengkak di daerah ketiak.
  • Nyeri di payudara.
  • Nyeri pada puting susu.
  • Perubahan pada penampilan puting, misalnya puting tertarik ke dalam.
  • Kemerahan atau penebalan puting susu atau kulit payudara.
  • Keluar cairan selain Air Susu Ibu.
  • Makanan Pencegah Kanker Payudara

Berikut ini beberapa jenis macam makanan sayuran yang baik dan sehat untuk mencegah timbulnya kanker payudara antara lain seperti dilansir dari laman Daily Mail :

Sayuran Cruciferous
Sayuran yang masuk dalam kelompok ini terkenal akan kandungan glucosinolate, yaitu kandungan kimia belerang yang menyebabkan timbulnya rasa pahit dan aroma kuat dari sayuran keluarga cruciferous. 

Kandungan kimia yang dihasilkan bisa membantu mencegah resiko kanker. Sayuran yang masuk dalam kelompok ini adalah bawang putih, bawang bombay, kubis. 

Sayuran Berdaun Hijau
Lutein dan Zeaxanthin yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kol membantu mencegah resiko kanker payudara.

Tomat
Tara Whyand, ahli onkologi dan diet menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah seperti tomat yang kaya akan lycopene bisa membantu mengurangi resiko kanker. 

Buah Dan Sayuran
Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C,E, dan folat. Cobalah untuk tetap mengkonsumsi buah dan sayuran minimal 400gram per hari.

Ikan
Hasil studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda dari ikan seperti salmon dan tuna beresiko lebih sedikit terkena kanker. 

Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan phytonutrients. Antioksidan terkenal mengurangi oksidasi dalam tubuh yang bisa menyebabkan radikal bebas pemicu kanker.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages