Manfaat Kopi Untuk Kesehatan - Seratospersen

Breaking

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


SERATOSPERSEN - Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, Meminum kopi adalah merupakan kebiasaan masyarakat di sunia dan juga Indonesia pula. Ternyata di balik kebiasaan meminum kopi ada ada banyak kegunaan dan manfaat minum kopi untuk kesehatan juga. Hanya saja asalkan tidak berlebihan dalam hal mengkonsumsi atau meminum kopi itu sendiri. Untuk itu kita simak lebih lanjut mengenai manfaat kopi ini.

Kenyataan memang banyak dalam masyarakat yang kita ini yang mempunyai hobi meminum kopi. Bahkan yang telah merasakan kecanduan meminum kopi kala sehari tidak meminum kopi tantunya yang dirasakan adalah ada sesuatu yang kurang dalam hari itu. Dahulu kita hanya mengenal akan khasiat kopi ini adalah untuk menghilangkan rasa kantuk saja. Akan tetapi ada banyak faedah yang bisa kita dapatkan dari meminum segelas kopi dalam satu harinya. Demikian pula manfaat kopi bagi wanita juga ada.

Manfaat kopi untuk kecantikan tubuh seorang wanita juga ada. Salah satunya adalah untuk revitalisasi kulit yang kering. Kulit kering bisa kita atasi dengan kegunaan kopi ini sebagai pengelupas sel kulit mati dan merevitalisasi kulit tanpa membuatnya menjadi lebih kering. Karena dalam kopi terdapat zat yang memiliki sifat anti penuaan yang dapat mencegah masalah-masalah kulit tersebut.

Kopi yang dikonsumsi sesuai takaran atau atau jika dikonsumsi dengan aturan yang benar (walaupun tidak ada ukuran atau pun standar internasional yang dibakukan), akan di dapat manfaat yang begitu besar terhadap kesehatan bagi tubuh anda. Dari penelitian berbagai ahli, antioksidan yang terkandung di dalam kopi sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah dari pengaruh buruk akibat ada banyaknya radikal bebas.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh seseorang yaitu diantaranya :

1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes.
Ada penelitian yang menyebutkan kegunaan minum kopi untuk untuk menurunkan faktor resiko penyakit diabates mellitus terutama dalam kategori diabetes tipe 2 salah satunya adalah penelititia dari Huazhong University of Scince and Technology yang menemukan sedikitnya tiga kandungan senyawa alami terkandung dalam kopi, yaitu kafein, asam kafeik dan asam klorogenik. Tiga senyawa tersebut yang mempunyai khasiat dalam menangkal perkembangan racun dari protein terkait hubungannta dengan risiko diabetes tipe 2 ini.

2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Stroke dan Jantung Koroner.
Pada kasus-kasus tertentu, kopi memang dapat memicu terjadinya serangan jantung dalam waktu satu jam setelah meminumnya. Ini adalah hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada majalah Epidemiologi (Sept, tahun 2006) yang menunjukkan bahwa resiko serangan jantung koroner akan meningkat empat kali pada peminum kopi ringan yaitu mereka yang mengonsumsi 1 cangkir kopi/hari. Sedangkan peminum kopi berat atau mereka yang meminum empat cangkir atau lebih per hari cenderung memiliki resiko serangan jantung jauh lebih rendah. 

Jantung koroner ini juga erat kaitannya dengan penyakit stroke karena memang merupakan penyakit pembuluh darah juga dalam tubuh manusia. Sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik ternyata lebih rendah resikonya terhadap serangan stroke dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu didukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia membenarkan hasil studi kasus tersebut. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui akan pencegahan stroke yang benar yang bisa kita lakukan bersama.

3. Menurunkan Resiko Terkena Demensia.
Para peneliti yang meneliti mengenai kegunaan manfaat minum kopi ini juga telah menunjukkan bahwa para peneliti telah percaya mengenai kandungan zat sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit kronis yang meningkatkan risiko demensia. Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Tetapi para ilmuwan belajar lebih banyak tentang faktor risiko demensia dan kebiasaan minum kopi hangat tampaknya dapat menurunkan risiko.

4. Mencegah Terjadinya Resiko Depresi.
Para peneliti dari Harvard School of Public Health telah membuat laporan yaitu bahwa orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami apa yang disebut dengan depresi. Sementara orang yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan mood meski dalam jangka pendek. Para peneliti Harvard juga melihat penurunan serupa pada orang depresi yang mengonsumsi minuman ringan berkafein.

Selain manfaat yang bisa didapatkan dari meminum kopi ini untuk kesehatan tubuh kita. yang harus diingtat adalah jangan berlebihan. Segala hal yang berlebihan akan bisa menimbulkan sesuatu yang tidak diharapkan. Termasuk dampak efek negatif minum kopi berlebihan bagi kesehatan juga. Kandungan kefein yang cukup tinggi pada kopi sangat tidak dianjurkan bagi ibu-ibu hamil dalam masa kehamilan untuk mengkonsumsi kopi hal ini dapat menyebabkan keguguran pada janin.

Sekian artikel dari kami. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages