Pendidikan Anak Pada Usia Dini - Seratospersen

Breaking

Pendidikan Anak Pada Usia Dini


SERATOSPERSEN - Pendidikan anak usia dini memang telah digalakkan dan dikembangkan di Indonesia negara kita tercinta ini. Perkembangan pendidikan anak memang berkembang dengan pesat. Karena lewat anak-anak kita lah masa depan negara kita ada di tangan-tangan mereka kelak ketika telah beranjak dewasa nantinya. Untuk itulah pentingnya dan manfaat pendidikan usia dini ini memang harus bisa berjalan dengan lancar.

Yang dimaksud dengan pengertian Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah sebuah jenjang pendidikan anak-anak sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar yang sebenarnya. Yang dalam hal ini tujuan pendidikan usia dini adalah merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan baik itu yang diselenggarakan secara jalur formal, nonformal, atau pun secara informal.

Masyarakat kita telah begitu peduli akan nasib pendidikan anak-anak pra sekolah ini. Hal ini terbukti dengan berkembang pesatnya lembaga-lembaga pendidikan bagi anak-anak usia balita seperti kelompok bermain (play group),taman kanak-kanak dan sekolah dasar, baik yang dikelola yayasan maupun berbagai lembaga keagamaan. Pendidikan anak usia dini sendiri tidak ditekankan semata kepada pemberian stimulus pengayaan pengetahuan anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya kreatifitas anak, dan yang sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan kepribadian anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama.

Ada beberapa tujuan diadakannya pendidikan pra sekolah semacam pendidikan anak balita dalam usia yang dini. Tujuan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini ini yaitu :
  • Usaha dalam rangka membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal ketika telah memasuki pendidikan dasar serta dalam rangka mengarungi kehidupan pada masa dewasa nantinya.
  • Usaha untuk membantu dalam persiapan menghadapi kesiapan belajar yang sesungguhnya dalam pendidikan akademik di sekolahnya nanti.

Undang-undang yang mengatur mengenai pendidikan usia dini khususnya dlam rentang umur usianya ini adalah berdasarkan pada Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Menurut beberapa penelitian sebagian anak mendapatkan manfaat pendidikan usia dini. Pada dasarnya sekolah memberikan jaminan pada orang tua bahwa mereka akan menjaga sang anak aman di sekolah. Di antara tujuan utama dari pendidikan anak usia dini adalah onset awal dalam memperkenalkan proses belajar mereka. Keterampilan guru sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Kesabaran dan keanekaragaman diperlukan dalam menjaga anak-anak kecil tertarik untuk belajar dan mengetahui akan berbagai macam pengetahuan dasar bagi anak-anak. Dan juga melatih serta mengasah akan bakat anak juga.

Pemerintah dalam hal ini telah menetapkan pedoman spesifik dan standar pendidikan anak. Pendidikan di tahun-tahun anak usia dini cenderung untuk fokus pada keterampilan motorik dan "bermain" tanpa diharuskan untuk menguasai ketrampilan atau pun pengetahuan khusus lainnya. Anak-anak di tahun-tahun belajar sangat melalui 'bermain' itu sendiri. Karena memang dunia anak adalah dunia bermain.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages