Pengaruh Pola Makan Untuk Mencegah Sakit Punggung - Seratospersen

Breaking

Pengaruh Pola Makan Untuk Mencegah Sakit Punggung


SERATOSPERSEN - Pengaruh Pola Makan Untuk Mencegah Sakit Punggung, Pola makan mungkin tidak memiliki kaitan langsung  terhadap sakit punggung, namun pola makan yang baik memiliki pengaruh langsung pada kesehatan tubuh secara umum. Bahan makanan dengan kandungan gizi buruk dan rendah nutrisi penting akan mempengaruhi kesehatan tulang dan jaringan tubuh lainnya, yang dapat menyebabkan risiko lebih tinggi terhadap  sakit tulang belakang, gangguan sendi, serta masalah tulang belakang dan sakit punggung lainnya.

Sangat disarankan agar siapapun yang menderita sakit punggung agar menjaga pola makan seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran segar, salad mentah, sayuran kukus, jus segar, dan susu. Semua jenis makanan tersebut akan membantu tubuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pola makan  sehat rendah kalori, tinggi lemak dan gula akan  membantu mengurangi berat badan dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Protein, vitamin C, dan makanan yang mengandung banyak vitamin D dan kalsium juga akan  membantu memperkuat tulang dan otot. Hindari semua makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan pedas, makanan instan serta jangan terlalu banyak minum teh, kopi dan alkohol serta berhenti merokok. Perubahan pola makan yang Anda lakukan juga harus dikombinasikan dengan olahraga teratur.

Saran untuk Sakit punggung
Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai langkah  pencegahan,  yang juga akan membantu untuk meminimalkan risiko sakit punggung dan dapat membantu pemulihan jika Anda menderita sakit punggung:
  • Angkatlah benda dengan hati-hati dengan menekuk lutut dan bukan dengan menggunakan kekuatan  pinggang, hal ini akan mengurangi tekanan pada punggung dan mencegah cedera.
  • Hindari duduk atau berdiri pada satu posisi untuk jangka waktu yang lama. 
  • Istirahat secara teratur untuk memberikan ruang gerak pada persendian dan peregangan. 
  • Jika Anda bekerja dengan computer, pastikan komputer dan kursi diletakkan dan dirancang secara  ergonomis agar punggung dan leher Anda berada pada posisi yang benar. 
  • Luangkan waktu untuk melakukan relaksasi ditengah-tengah kesibukan Anda.
  • Luangkan waktu untuk mengikuti latihan kebugaran non berat seperti yoga atau aerobik yang akan bermanfaat untuk membantu memperkuat punggung tidak kaku dan tetap fleksibel.

Langkah-langkah diatas akan dapat berfungsi bagi Anda untuk mencegah terjadinya sakit punggung. Kenali penyebab sakit punggung Anda, agar Anda dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengambil tindakan medis. Ingat!!, sakit punggung dapat disebabkan oleh penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan ginjal khususnya jika sakit punggung muncul tidak disebabkan karena mengangkat benda berat atau gerakan yang salah dalam rutinitas Anda.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages