Pola Makan Bagi Penderita Sakit Gigi - Seratospersen

Breaking

Pola Makan Bagi Penderita Sakit Gigi


SERATOSPERSEN - Pola Makan Bagi Penderita Sakit Gigi, Pola makan seimbang yang sehat memainkan peran penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini termasuk juga dalam menjaga kesehatan gigi Anda. Salah satu cara untuk mencegah karies dan kerusakan gigi adalah dengan mengurangi atau menghindari mengkonsumsi permen, makanan manis, junk food dan makanan olahan, dan beralih ke buah-buahan segar dan sayuran yang akan menyuplai  tubuh Anda dengan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. 

Sayuran mentah dan biji-bijian sangat bermanfaat untuk menjaga agar tetap gigi kuat dan sehat. Makanan tinggi serat dapat berfungsi sebagai pembersih mulut alami dan dapat membantu membatasi penumpukan plak pada gusi. Kalsium penting untuk memperkuat gigi dan gusi. Anda juga bisa mengkonsumsi kalsium dengan dosis yang direkomendasikan dengan meningkatkan asupan produk susu dan produk segar atau Anda dapat menggunakan  suplemen kalsium sebagai gantinya. 

Mencegah sakit dan masalah gigi lainnya adalah dengan cara menjaga pola makan, mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi. Terlalu sering ngemil juga dapat menciptakan lingkungan bagi bakteri dalam mulut untuk berkembang. Hal ini dapat berkontribusi besar terhadap kerusakan gigi dan mulut dan akhirnya menyebabkan sakit gigi atau lebih buruk dari itu.

Saran untuk penderita sakit gigi
  • Menjaga kebersihan mulut adalah merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya sakit gigi. Dokter selalu merekomendasikan agar menyikat gigi dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang tepat dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Flossing setiap habis makan akan membantu mencegah plak dan menjaga gusi tetap kuat. Selain menyikat gigi dan flossing, gunakan obat kumur untuk mencegah terbentuknya plak di antara gigi Anda.
  • Untuk mencegah masalah gigi jadwalkan untuk memeriksakan dokter gigi Anda setidaknya dua kali dalam setahun. Ketika Anda merasakan tanda-tanda yang tidak beres pada gigi Anda atau gejala seperti bengkak atau gusi berdarah, gigi lepas, bau mulut atau sensitivitas saat terjadi kontak dengan panas atau dingin segeralah kunjungi dokter gigi.
  • Jika gigi Anda rentan terhadap masalah gigi seperti karies atau gigi berlubang, biasanya dokter gigi akan  merekomendasikan perawatan fluoride atau penggunaan sealant untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Jika Anda sedang hamil dan menderita sakit gigi, sebagian besar antibiotik dan obat-obatan terlarang untuk Anda. Pengobatan rumah dan pengobatan alami adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit.  Perawatan gigi tertentu juga dapat ditangguhkan sampai setelah bayi lahir. Ingatlah akan hal ini dan dapatkan pemeriksaan gigi lengkap sebelum Anda merencanakan kehamilan jika memungkinkan.
  • Bagi anak-anak yang mengalami sakit gigi, pengobatan rumah dapat memberikan beberapa bantuan sebelum anak Anda mendapatkan pertolongan dari dokter. Mulailah menanamkan kebiasaan baik kepada anak untuk selalu mengikuti kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan melakukan cek up gigi  secara rutin

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Pages